Studi: 18 Kondisi Kesehatan Ini Rentan Terhadap COVID-19

hipertensi
Sumber :
  • Times of India

VIVA –Sejak awal infeksi virus corona, para ahli dan profesional kesehatan telah memperjelas bahwa orang dengan komorbid atau penyakit penyerta lebih berisiko terkena infeksi COVID-19 yang parah daripada mereka yang sehat dan tidak memiliki penyakit penyerta yang sudah ada sebelumnya. 

Cerita Tantowi Yahya dan Ikke Nurjanah yang Menjenguk Hamdan ATT

Inilah alasan utama mengapa orang tua, immunocompromised dan mereka yang memiliki kondisi medis sebelumnya diprioritaskan untuk pemberian vaksin.

Tetapi bahkan setelah menerima vaksin COVID-19, penelitian menunjukkan bahwa orang masih dapat tertular virus dan mereka yang memiliki kondisi kesehatan yang sudah ada sebelumnya dapat memiliki risiko rawat inap dan kematian yang lebih besar.

Kuota Haji Kabupaten Tangerang Bertambah, 20 Persen Lansia

Kewaspadaan dan vaksinasi adalah dua senjata utama melawan virus SARs-COV-2 yang mematikan, demikian dikutip dari Times of India. Uji klinis telah menyoroti tingkat kemanjuran vaksin yang tinggi dan mengklaim bahwa semua vaksin COVID-19 yang tersedia memberikan tingkat perlindungan tertentu terhadap virus. Namun, juga telah ditemukan bahwa infeksi terobosan mungkin terjadi.

Infeksi terobosan terjadi ketika seseorang tertular virus bahkan setelah divaksinasi sepenuhnya. Individu yang divaksinasi tetap asimtomatik atau mengalami gejala ringan hingga sedang. Dalam kasus tertentu, individu yang divaksinasi lengkap dapat meninggal karena virus.

Komnas KIPI, Sebut Penyakit TTS akan Muncul 4 Sampai 42 Hari Setelah Vaksin AstraZeneca Disuntikkan

Kekebalan menurun

Kekebalan alami atau yang didapat dari vaksin, para ahli percaya bahwa keduanya berkurang selama periode waktu tertentu. Terutama dengan varian baru yang muncul, termasuk varian Delta yang paling menular dan dominan, semakin banyak kasus infeksi terobosan yang dilaporkan.

Sesuai Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), Vaksin COVID-19 bekerja sangat baik untuk mencegah penyakit parah, rawat inap, dan kematian, bahkan terhadap varian Delta yang beredar luas. Namun, dengan varian Delta, pakar kesehatan masyarakat mulai melihat berkurangnya perlindungan terhadap penyakit ringan dan sedang."

Tekanan darah/hipertensi

Photo :
  • Times of India

Mengingat peristiwa semacam itu, pembicaraan dan diskusi seputar booster vaksin telah mendapatkan banyak momentum. Bahkan sebelum timbulnya COVID-19, orang-orang dengan kondisi medis yang sudah ada sebelumnya tetap berisiko besar terkena berbagai penyakit.

Sekarang dengan munculnya virus corona, para ahli percaya bahwa mereka yang memiliki kondisi kesehatan sebelumnya berisiko besar tertular virus dan mengembangkan penyakit parah, bahkan setelah mereka menerima vaksinasi. 

Penelitian telah menunjukkan bagaimana memiliki komorbiditas yang sudah ada sebelumnya seperti kondisi kardiovaskular, diabetes, tekanan darah tinggi, dll., membuat seseorang lebih rentan terhadap rawat inap dan kematian COVID. Meskipun vaksin COVID-19 sangat penting, tidak ada jaminan bahwa vaksin itu dapat melindungi Anda dari tertular virus.

Sebuah studi British Medical Journal (BMJ) mengamati orang dewasa berusia 19-100 tahun dengan satu atau dua dosis vaksinasi COVID-19 dan menemukan bahwa beberapa dari mereka masih memiliki peningkatan risiko kematian meskipun telah divaksinasi.

Gula darah

Photo :
  • Indian Express

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor risiko keparahan dan kematian COVID.-19 Studi ini menggunakan algoritme prediksi risiko untuk mengevaluasi risiko kematian COVID-19 dan rawat inap di rumah sakit di antara orang dewasa Inggris setelah satu atau dua dosis vaksin COVID-19.

Menurut studi BMJ, berikut adalah 89 kondisi kesehatan  yang menempatkan seseorang pada peningkatan risiko rawat inap dan kematian COVID-19, pasca vaksinasi.

- Penyakit paru obstruktif kronis

- Penyakit jantung koroner

- Stroke

- Fibrilasi atrium

- Gagal jantung

- Tromboemboli

- Demensia

- Down Sindrom 

- Penyakit Parkinson

- Kanker darah

- Diabetes tipe 2.

- Penyakit sel sabit

- HIV/AIDS

- Sirosis hati

- Kondisi neurologis

- Penyakit ginjal kronis

- Epilepsi

- Penyakit pembuluh darah perifer

Vaksinasi 

Ilustrasi vaksin COVID-19

Photo :
  • Times of India

Meskipun individu yang sudah divaksinasi dan tidak divaksinasi harus waspada, penting bagi setiap orang untuk mendapatkan vaksinasi terhadap COVID-19. Manfaat vaksin COVID-19 jauh lebih besar daripada risiko infeksi virus corona.

Dengan meningkatnya kasus varian Delta, tidak ada yang tahu seberapa berbahaya virus telah bermutasi, itulah sebabnya mengapa mendapatkan vaksin COVID-19 Anda sangat penting.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, "Vaksin COVID-19 efektif dan merupakan alat penting untuk mengendalikan pandemi. Namun, tidak ada vaksin yang 100% efektif untuk mencegah penyakit. Beberapa orang yang divaksinasi lengkap akan jatuh sakit, dan beberapa bahkan akan dirawat di rumah sakit atau meninggal karena COVID-19."

"Namun, ada bukti bahwa vaksinasi dapat membuat penyakit menjadi lebih ringan bagi mereka yang divaksinasi dan masih sakit. Risiko infeksi, rawat inap, dan kematian semuanya jauh lebih rendah pada orang yang divaksinasi dibandingkan dengan orang yang tidak divaksinasi," tambah badan kesehatan tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya