Berkaca dari Dorce Gamalama, Diabetes Tak Terkontrol Picu Hipoglikemi

Dorce Gamalama
Dorce Gamalama
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nuvola Gloria

VIVA – Kondisi presenter Dorce Gamalama saat ini sudah menunjukkan kemajuan dengan mulai menuturkan beberapa kata. Dorce sendiri saat ini masih dirawat di rumah sakit lantaran tak sadarkan diri.

Diketahui, Dorce Gamalama telah mengidap diabetes sejak 15 hingga 20 tahun yang lalu. Saat dibawa ke rumah sakit pada Kamis malam kemarin, tekanan gula darah Dorce juga sempat drop hingga menyentuh angka 38.

"Ada pasang rekam jantung, infus untuk meninggikan kadar gula karena drop-nya gula 38 tensi 21 tidak naik-naik kok ini drop tapi dokter luar biasa langsung naik, namun karena beliau itu juga gelisah, saya tanya kok gelisah langsung di-CT Scan setelah masuk ICU sampai sekarang belum ada hasil CT Scan," kata rekan dan sahabat Dorce Gamalama, Hetty Sunjaya, kepada awak media.

Bicara mengenai kondisi Dorce Gamalama, banyak dari masyarakat yang belum memahami bahwa rasa lemas, pusing, bahkan susah konsentrasi merupakan ciri-ciri dari seseorang mengalami hipoglikemia. Namun, apa itu hipoglikemia dan bagaimana cara deteksi beserta pengobatannya? 

Kadar Glukosa Normal

Menurut Dokter Spesialis Saraf Primaya Hospital Bekasi Barat, dr. Fakhrunnisa, Sp.S, hipoglikemia adalah istilah medis yang mengacu pada kondisi ketika kadar gula atau glukosa dalam darah terlalu rendah. Glukosa adalah sumber energi utama untuk otak dan tubuh. 

Ada pun kisaran normal kadar glukosa darah 70-140 miligram per desiliter (mg/dL). Kadar pada setiap orang berbeda berdasarkan makanan terakhir dan hal-hal lain, termasuk obat-obatan yang diminum.