Yang Perlu Diketahui dari Faktor Keturunan pada Diabetes

Ilustrasi diabetes.
Ilustrasi diabetes.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Diabetes adalah penyakit kronis atau yang berlangsung jangka panjang yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah (glukosa) hingga di atas nilai normal. Diabetes disebabkan karena adanya gangguan dalam tubuh, sehingga tubuh tidak mampu menggunakan glukosa darah ke dalam sel, sehingga glukosa menumpuk dalam darah.

Diabetes sendiri diketahui terjadi karena beberapa faktor, salah satunya adalah faktor keturunan. Oleh karena itu, orang yang memiliki riwayat keluarga dengan jenis diabetes ini berisiko tinggi terkena penyakit ini.

"Fakta memang keturunan, cuman salah satu yang harus dibahas keturunannya bukan bapak ke anak perempuan, ibu ke anak laki, tidak seperti itu. Jadi kalau orang tua kita punya diabetes siapapun bisa menurun ke anaknya," kata Spesialis Penyakit Dalam DR. dr. Wismandari Wisnu, Sp.PD-KEMD dalam program Hidup Sehat tvOne, Kamis 21 Oktober 2021.

Meski keturunan, Wismandari menjelaskan bahwa penyakit diabetes sendiri bisa dicegah. Terutama dengan menjaga pola hidup.

"Berapa persentase keturunan bisa mempengaruhi diabetes tidak bisa kita pastikan, karena ada faktor lain bukan hanya tentang keturunan bapak ibu, nenek kita diabetes kita pasti diabetes enggak gitu. Tetapi  yang berperan adalah pola hidup kalau ada keturunan tapi pola hidup baik, pola badan kita dijaga semoga tidak kena, karena pola hidup memiliki peranan lebih besar untuk mendapatkan diabetes dibanding keturunan," kata dia.

Ilustrasi Diabetes
Photo :
  • U-Report

Ilustrasi Diabetes

Di sisi lain,  Diabetes sendiri diketahui ada empat tipe mulai dari tipe 1, tipe 2, tipe 3, dan tipe diabetes gestasional.

Lebih lanjut dijelaskan oleh Wismandari untuk diabetes tipe satu sendiri merupakan penyakit autoimun kronis yang terjadi ketika tubuh kurang atau sama sekali tidak dapat menghasilkan hormon insulin.