6 Tips Menjaga Kesehatan Serviks dari Keputihan Agar Cepat Hamil

ilustrasi organ intim/vagina.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Tips menjaga kesehatan serviks wajib diketahui oleh semua perempuan supaya cepat hamil. Karena, memiliki anak atau keturunan merupakan keinginan setiap pasangan. Namun, tidak jarang pasangan yang sudah lama menikah tapi belum dikaruniai keturunan. Kamu harus berhati-hati bila hal ini terjadi, karena bisa saja ada masalah kesehatan dalam serviks. Serviks sendiri adalah bagian mulut rahim yang menghubungkan antara vagina dengan rahim. Ini juga berhubungan dengan tempat di mana keluarnya darah menstruasi, melahirkan bayi, dan jalur bertemunya sperma dengan sel telur.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Tahukah kamu, bahwa sebuah hal yang bisa memengaruhi kesehatan serviks adalah keputihan. Umumnya, wanita tidak memberikan perhatian khusus dalam masalah ini. Karena mereka berpikir bahwa keputihan merupakan hal normal dan kerap terjadi dalam kondisi tersebut, seperti sebelum dan sesudah menstruasi dan masa subur seorang wanita. Tapi, keputihan juga bisa menjadi tidak normal dan menjadi salah satu gejala dan penyebab kanker serviks. Karena itu, setiap wanita wajib memerhatikan kesehatan serviks. Nah, berikut adalah ulasan mengenai tips menjaga kesehatan serviks yang disadur dari berbagai sumber.

Lantas, Apa Saja Tips Menjaga Kesehatan Serviks?

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

1. Konsumsi Makanan Sehat

Makanan terbaik untuk kesehatan jantung

Photo :
  • U-Report
5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Memakan makanan yang sehat merupakan salah satu tips menjaga kesehatan serviks yang tidak hanya berpengaruh pada berat badan, tapi juga kesehatan rahim. Kamu bisa mengonsumsi sayuran seperti brokoli dan wortel yang menjadi pilihan baik supaya kamu cepat hamil. Pasalnya, kandungan asam folat dan juga beta karoten sangat dibutuhkan guna menjaga kesehatan rahim. Selain itu, kamu juga dianjurkan untuk selalu mengonsumsi makanan kaya vitamin C dan E. Sumber vitamin ini bisa diperoleh dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran.

2. Olahraga

Inovasi daur ulang botol plastik menjadi pakaian olahraga

Photo :
  • ist

Olahraga bukan hanya membantu menjaga berat badan kamu menjadi lebih ideal, tapi juga menjaga kesuburan rahim. Kamu dapat melakukan yoga atau berenang. Dengan berolahraga, maka bisa meningkatkan kesuburan seorang wanita. Selain itu, berolahraga juga akan melatih fleksibilitas tubuh yang bermanfaat untuk melancarkan proses persalinan.

3. Jangan Gonta-ganti Pasangan

ilustrasi pacaran

Photo :
  • U-Report

Salah satu hal yang sangat penting adalah tidak bergonta-ganti pasangan untuk mencegah adanya infeksi pada rahim. Karena, terdapat berbagai virus yang dengan mudah menyebar hanya dengan melakukan hubungan seseorang yang tidak terjaga kesehatannya.

Gonta-ganti pasangan juga berpotensi memicu adanya risiko penularan virus Human Papiloma Virus (HPV), yang menjadi penyebab kanker serviks. Maka dari itu, tetaplah berhubungan dengan satu pasangan saja untuk meminimalisir risiko tersebut.

4. Atur Pola Makan

Diet Pola Makan

Photo :
  • U-Report

Mulai saat ini, lakukan pola makan dengan teratur, mulai dari sarapan, makan siang, sampai makan malam. Guna mencegah kenaikan berat badan karena makan malam, kamu bisa mengonsumsi makanan yang rendah kalori seperti sayuran.

Selain itu, kamu juga harus menghindari makanan cepat saji. Makanan sehat merupakan makanan yang dibuat sendiri dari rumah. Oleh karena itu, kamu dituntut untuk memasak sendiri dari rumah supaya asupan gizi dapat terkontrol.

5. Jaga Berat Badan

Berat badan

Photo :
  • Times of India

Berat badan yang ideal merupakan dambaan setiap wanita. Berat badan yang berlebih juga akan berdampak pada kesehatan rahim. Karena, serviks berhubungan dengan hormonal. Dengan selalu menjaga berat badan, kadar estrogen akan menjadi stabil dan berdampak baik pada kesuburan seorang perempuan. Salah satu penyebab dari kanker rahim adalah hormon yang tidak seimbang.

6. Jangan Menahan Buang Air Kecil

Bahaya Nahan Kencing

Photo :
  • U-Report

Penyebab dari adanya lendir atau keputihan yang tidak sehat adalah karena infeksi. Semakin sering kamu menahan buang air kecil, maka akan memantik pertumbuhan bakteri di dalam vagina. Karena, saluran buang air kecil dan vagina berdekatan sehingga infeksi juga akan menular pada vagina. Jadi, usahakan supaya jangan menahan kencing.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya