10 Tips Hamil Bayi Kembar yang Sudah Terbukti Ampuh dan Efektif

Ilustrasi ibu hamil
Ilustrasi ibu hamil
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Tips hamil bayi kembar adalah dambaan setiap pasangan yang sudah melangsungkan pernikahan. Kehamilan, melahirkan, dan mempunyai anak merupakan pengalaman bahagia yang tidak bisa diganti dengan apa pun. Bukan saja lucu dipandang, memiliki anak kembar juga merupakan hal unik dan beda dari yang lain. Berdasarkan data umum medis, dari 33 kehamilan, hanya 1 wanita yang dapat hamil dan melahirkan anak kembar. Hal ini memperlihatkan bahwa dalam 2 dekade terakhir terdapat peningkatan 70 persen kelahiran anak kembar.

Adapun anak kembar ini terbagi menjadi dua, yaitu kembar identik dan kembar tidak identik. Anak kembar identik sangat jarang terjadi dan lebih sulit diprogramkan karena terdapat berbagai faktor pendukung yang harus ada saat ingin mempunyai anak kembar. Bayi kembar identik kemungkinan berbagi plasenta dalam satu kantung ketuban. Secara genetik, kedua bayi tersebut identik. Sementara itu, bayi kembar tidak identik terjadi saat dua sel telur berbeda dibuahi oleh dua sperma berbeda. Nah, berikut adalah ulasan tips hamil bayi kembar yang disadur dari berbagai sumber.

Lantas, Bagaimana Tips Hamil Bayi Kembar?

1. Usia

Ilustrasi hamil/ibu hamil.

Ilustrasi hamil/ibu hamil.

Photo :
  • Freepik/lookstudio

Tips hamil bayi kembar yang pertama adalah usia calon ibu. Perempuan yang hamil di atas 30 tahun mempunyai peluang lebih untuk dapat hamil anak kembar. Hal ini karena hormon perangsang folikel (FSH) meningkat karena bertambahnya usia. FSH Mempunyai tanggung jawab untuk perkembangan sel telur di dalam ovarium sebelum dilepaskan. Perempuan usinya lebih tua memerlukan kadar FSH yang lebih tinggi. Pasalnya, sel telur perlu lebih banyak stimulasi ketimbang perempuan yang lebih muda.

2. Sejarah keluarga