6 Manfaat Kesehatan yang Mengejutkan dari Donor Darah

Ilustrasi donor darah.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Setiap delapan detik, ada satu orang yang membutuhkan transfusi darah di Indonesia. Seperti pasien dengan penyakit sel sabit atau kanker membutuhkan transfusi darah selama perawatan mereka, dan satu korban kecelakaan mobil dapat membutuhkan hingga 100 liter darah.

Blak-blakan, Aldi Taher Ungkap Rahasia Sembuh dari Kanker

Karena darah tidak dapat dibuat atau diproduksi, pasien-pasien ini bergantung pada donor darah seumur hidup mereka. Hal ini mungkin sesuatu yang sudah Anda ketahui. 

Anda mungkin pernah melihat poster dan bank darah keliling yang besar—donor darah masyarakat sering kali menjadi sorotan publik. Kita sering mendengar tentang pentingnya mendonorkan darah bagi penerimanya. Satu donor darah dapat membantu hingga tiga pasien.

Dituding Nikita Mirzani Lakukan Kekerasan, Rizky Irmansyah Batasi Komentar Instagram

Tapi apa manfaat mendonorkan darah bagi pendonor? Kami tidak sering mendengar tentang sisi pengaturan itu. Meskipun dampaknya sedikit kurang jelas, ada beberapa keuntungan kesehatan yang didapat dari mendonor darah.

Mungkin Anda sedang mempertimbangkan untuk mendonorkan darah tetapi tidak yakin akan efeknya pada tubuh Anda. Atau mungkin Anda pernah melakukannya dan ingin tahu bagaimana dampaknya jika Anda berdonasi secara teratur. 

Fix Putus, Nikita Mirzani Ngaku Alami Kekerasan Mental dan Fisik dari Rizky Irmansyah

Bagaimanapun, Anda mungkin akan terkejut dengan beberapa keuntungannya. Kami berkonsultasi dengan profesional kesehatan untuk mengidentifikasi beberapa manfaat terbesar dari mendonorkan darah. Berikut ini manfaat mendonor darah dikutip dari laman rasmussen.edu.

1. Donor darah dapat mengungkap masalah kesehatan

Meskipun tidak sama dengan pergi ke dokter, mendonorkan darah bisa menjadi cara lain untuk menjaga kesehatan kardiovaskular Anda. Anda akan menerima mini-fisik sebelum pengambilan darah, di mana seseorang akan memeriksa denyut nadi, tekanan darah, suhu tubuh, hemoglobin dan banyak lagi. Ini terkadang dapat menjelaskan masalah yang bahkan tidak Anda ketahui.

“Jika darah Anda terlalu rendah zat besi, klinik akan memberi tahu Anda dan tidak akan mengambil darah Anda”, kata Jan Patenaude, ahli gizi dan terapis LEAP bersertifikat. 

Mereka juga akan memberi tahu Anda tentang masalah darah lain yang mereka perhatikan atau jika ada sesuatu yang tampak tidak biasa. Pemeriksaan kualitas darah sesekali dapat menjadi kunci untuk menemukan masalah kesehatan sebelum menjadi mengancam jiwa.

2. Mengurangi simpanan zat besi yang berbahaya

Satu dari setiap dua ratus orang di AS dipengaruhi oleh kondisi yang disebut hemochromatosis dan sebagian besar bahkan tidak mengetahuinya, menurut Patenaude. Hemokromatosis adalah penyakit yang menyebabkan kelebihan zat besi dan diberi label sebagai penyakit genetik paling umum di kalangan bule oleh Mayo Clinic.

Sebagai donor darah yang berkomitmen, Patenaude merekomendasikan donasi sebagai cara untuk mengurangi simpanan zat besi ekstra tubuh. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit mengatakan pembuangan sel darah merah dengan proses mengeluarkan darah (atau mendonorkan darah) adalah pengobatan pilihan untuk pasien dengan kelebihan zat besi dalam darah mereka.

3. Menurunkan risiko menderita serangan jantung

Serangan jantung

Photo :
  • U-Report

Mendonorkan darah setidaknya setahun sekali dapat mengurangi risiko serangan jantung hingga 88 persen, menurut penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Epidemiology. "Ini berkaitan dengan masalah zat besi lagi," kata Dr. David Dragoo, pakar kesehatan di Money Crashers.

Dr. Dragoo menjelaskan bahwa kadar zat besi yang tinggi dalam darah menyempitkan pembuluh darah Anda dan menciptakan lebih banyak risiko serangan jantung. Menghabiskan simpanan zat besi ekstra itu dengan mendonorkan darah memberi lebih banyak ruang bagi pembuluh darah Anda untuk beroperasi.

4. Mengurangi risiko terkena kanker

Rata-rata, orang yang benar-benar sehat, hubungan antara mendonorkan darah dan penurunan risiko kanker sangat tipis. Namun penelitian memang mendukung penurunan risiko kanker bagi pendonor darah dengan berbagai penyakit, salah satunya hemokromatosis.

Phlebotomy (proses pengambilan darah) ditemukan sebagai metode pengurangan zat besi yang dikaitkan dengan risiko dan kematian kanker yang lebih rendah, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of National Cancer Institute. 

Studi ini berfokus pada pasien yang terkena penyakit arteri perifer (PAD), yang digambarkan oleh Mayo Clinic sebagai masalah peredaran darah yang umum. Pasien PAD yang rutin mendonorkan darah memiliki risiko lebih rendah terkena kanker dibandingkan mereka yang tidak.

5. Membantu kesehatan hati

Bahaya lain dari kelebihan zat besi adalah kesehatan hati Anda. ”Dalam beberapa tahun terakhir, penyakit hati berlemak nonalkohol (NAFLD), ekspresi hati dari sindrom metabolik, telah mencapai proporsi epidemik,” lapor National Center for Biotechnology Information.

Penelitian telah mengaitkan terlalu banyak zat besi dengan NAFLD, Hepatitis C, dan penyakit serta infeksi hati lainnya. Meskipun ada banyak faktor lain yang terlibat dalam masalah ini, mendonorkan darah dapat membantu meringankan beberapa simpanan zat besi tersebut dan menghindari masalah tambahan di hati Anda.

6. Membantu kondisi mental 

Ilustrasi kesehatan mental

Photo :
  • Pinkvilla

Meskipun ada beberapa manfaat fisik untuk mendonorkan darah, manfaat kesehatan yang paling kuat bisa dibilang di bidang psikologis. Menyumbangkan darah berarti seseorang (atau banyak orang) di suatu tempat akan mendapatkan mereka sangat membutuhkan.

Mendonorkan darah, terutama secara rutin, bisa disamakan dengan kerja sukarela. Anda memberikan waktu Anda (dan darah literal Anda) untuk membantu orang asing yang membutuhkan. Jika Anda pergi ke lokasi donor darah tertentu setiap kali, Anda akan mengenal beberapa staf yang juga mendedikasikan diri untuk tujuan menyelamatkan nyawa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya