Teh Hijau Cegah Diabetes hingga Turunkan Kolesterol, Ini 3 Tipsnya

Ilustrasi teh.
Ilustrasi teh.
Sumber :
  • Kaboompics

VIVA – Sudah umum diketahui bahwa teh hijau memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain dapat membantu menurunkan berat badan, teh hijau juga dipercaya dapat menurunkan risiko diabetes. Benarkah? Ini mitos atau fakta? 

"Fakta. Hal ini karena berbagai kandungan zat aktif yang terdapat di dalam teh hijau mampu membuat glukosa masuk ke dalam sel, sehingga berakibat dapat menurunkan kadar gula di dalam tubuh kita," ujar Spesialis Farmakologi, dr. Wawaimuli Arozal, M. Biomed, Pharm.D., dalam tayangan Hidup Sehat tvOne, Rabu, 26 Januari 2022. 

Selain dapat menurunkan risiko diabetes, dokter Wawaimuli mengungkap, teh hijau juga ternyata dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. 

"Konsumsi teh hijau dapat membantu menjaga kadar gula darah dan mampu menurunkan kolesterol. Keduanya ini berhubungan dengan risiko kardiovaskular, sehingga bila pasien menderita gula darah yang tinggi maupun ketidakseimbangan lemak darah, dapat dibantu dengan konsumsi teh hijau secara teratur," terang dia. 

Teh hijau

Teh hijau

Photo :
  • Times of India

Namun, Wawaimuli mengingatkan, jika pasien masih mendapat obat dari dokter, maka harus tetap dikonsumsi secara rutin. Nah, kabar baiknya, ternyata teh hijau juga dapat membantu menurunkan kolesterol lho. 

"Banyak sekali bukti yang menunjukkan baik studi pada hewan maupun studi pada manusia yang menyatakan bahwa konsumsi teh hijau secara teratur dapat membantu menurunkan kolesterol. Dalam hal ini kolesterol jahat atau LDL," ungkapnya.