Lebih Sehat Mana Telur Ayam, Bebek atau Puyuh? Ini Kata Dokter

Ilustrasi telur mentah.
Ilustrasi telur mentah.
Sumber :
  • pixabay/skeeze

VIVA – Telur merupakan sumber protein hewani, asam lemak tak jenuh, vitamin dan mineral. Untuk itu, telur sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Tapi pertanyaannya, di antara beberapa jenis telur, seperti telur ayam, telur bebek atau telur puyuh, manakah di antara ketiganya yang lebih sehat? Spesialis gizi klinik, dr. Ida Gunawan, SpGK, beri penjelasannya. Pertama, dimulai dari kandungan kalori.

"Kalau telur puyuh karena ukurannya kecil cuma 10 gram, kalorinya juga kecil cuma 14 kalori per butir. Sedangkan telur ayam kampung, beratnya kira-kira 30-40 gram, kalorinya sekitar 50 kalori," ujarnya dalam tayangan Hidup Sehat tvOne, Kamis 27 Januari 2022. 

Telur puyuh.

Telur puyuh.

Photo :
  • U-Report

Kemudian yang paling umum adalah telur ras. Dokter Ida menjelaskan, dalam satu butir telur ayam ras mengandung sekitar 70 kalori. Lalu, bagaimana dengan kandungan protein dan lemaknya? 

"Proteinnya satu butir kira-kira 7 gram protein, artinya antara si putih dan si kuning. Sedangkan kandungan lemaknya kira-kira, 5 gram lemak," ujarnya. 

Begitu pun dengan telur bebek. Karena ukurannya umumnya lebih besar dibanding jenis telur lainnya, dalam satu butir telur bebek memiliki berat sekitar 70 gram.