9 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Ilustrasi berat badan.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Anda mungkin pernah mendengar bahwa cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah dengan makan lebih sedikit dan berolahraga lebih banyak. 

Review Negatif Makanan, Seorang Wanita Terancam Denda Puluhan Miliar!

Kedengarannya bagus secara teori, tetapi itu tidak terjadi dengan mudah untuk semua orang. Bagi sebagian orang, lebih banyak aktivitas fisik bukanlah pilihan ketika mencoba menurunkan berat badan.

Mungkin ada beberapa alasan mengapa harus mencoba menurunkan berat badan tanpa berolahraga, dikutip dari health.usnews:

Sejarah Ketupat yang Menjadi Menu Paling Populer Saat Hari Raya Idul Fitri

- Mengalami cedera yang membatasi atau melarang olahraga.
- Sedang bersiap-siap untuk jenis operasi tertentu, seperti operasi lutut, dan dokter ingin Anda menurunkan berat badan. Namun, Anda tidak dapat berolahraga banyak atau sama sekali karena rasa sakit di lutut Anda.
- Menderita radang sendi atau fibromyalgia yang menyakitkan.
- Menderita diabetes dan gula darah rendah, juga disebut hipoglikemia. Saat berolahraga, gula darah Anda bisa mencapai tingkat yang sangat rendah.

Jika tidak bisa berolahraga, Anda mungkin perlu waktu lebih lama untuk menurunkan berat badan. Ini bukanlah hal yang buruk, karena menurunkan berat badan secara perlahan dapat membantu mempertahankannya lebih dari penurunan berat badan yang cepat, kata ahli diet terdaftar Jill Weisenberger, penulis "Prediabetes: A Complete Guide and Diabetes Weight Loss - Week by Week".

10 Makanan yang Menjadi Favorit Nabi Muhammad SAW

berat badan

Photo :
  • U-Report

Berikut ini sembilan tips menunrunkan berat badan tanpa olahraga:

1. Bersabarlah dengan prosesnya, saran ahli diet terdaftar Heidi Katte, koordinator program untuk program gelar associate teknisi nutrisi dan teknisi diet Milwaukee Area di Milwaukee. 

Bahkan ketika Anda bisa berolahraga, menurunkan berat badan dalam jangka waktu terbatas bisa menjadi tantangan. Karena Anda tidak dapat bergerak terlalu banyak, sadarilah bahwa mungkin diperlukan waktu lebih lama dan Anda mungkin mengalami beberapa kemunduran.

2. Bermain-main dengan piring

Salah satu strategi umum yang digunakan untuk menurunkan berat badan adalah bermain-main dengan ukuran piring dan porsi di piring.  Saat makan malam, satu ide adalah menggunakan piring salad Anda yang lebih kecil untuk biji-bijian dan protein dan piring makan Anda yang lebih besar untuk sayuran non-tepung.

Ini membantu Anda untuk mengisi lebih banyak sayuran rendah kalori. Ide piring lain: Jika Anda sedang berlibur atau acara khusus dengan beberapa makanan penutup favorit Anda, jangan menghalangi diri Anda sendiri, saran Katte. Sebagai gantinya, sajikan porsi untuk diri sendiri menggunakan piring kecil, bukan piring besar.

3. Perhatikan porsi Anda

Di Amerika Serikat, terutama di restoran, mereka terbiasa mendapatkan makanan berukuran super, kata Weisenberger. Berencana untuk makan hanya setengah dari apa yang Anda disajikan. Jangan takut untuk membawa pulang sekantong sisa makanan.

4. Makan tanpa gangguan

Pikirkan tentang beberapa makanan terakhir yang Anda makan. Apakah Anda membaca atau menonton sesuatu di layar? Mungkin mengemudi dan makan? Sangat mudah untuk makan terlalu banyak jika Anda tidak fokus pada apa yang Anda makan. 

Singkirkan telepon (atau matikan TV atau apa pun yang mengalihkan perhatian Anda) untuk menikmati setiap gigitan. Makan dengan penuh kesadaran dengan mengunyah perlahan adalah cara lain untuk fokus pada apa yang Anda makan, jadi Anda benar-benar sadar kapan Anda kenyang, kata Katte.

5. Dapatkan lebih banyak serat

Serat adalah zat dalam makanan yang membantu membuat Anda kenyang sehingga Anda tetap kenyang lebih lama. Porsi serat yang direkomendasikan adalah 25 gram sehari untuk wanita dan hingga 38 gram sehari untuk pria, tetapi kebanyakan orang Amerika berjuang untuk mendapatkan bahkan 10 gram setiap hari, kata Katte.

6. Minum lebih banyak air

Minum air

Photo :
  • Times of India

Makan lebih banyak makanan kaya serat sambil minum lebih banyak air adalah kombinasi penurunan berat badan yang unggul, kata Weisenberger. Air membantu mengisi Anda lebih banyak, seperti halnya serat. 

Hal ini  juga dapat menggantikan minuman manis seperti soda yang dapat dengan mudah menambahkan 250 hingga 500 kalori per hari untuk diet Anda, tergantung pada apa yang Anda minum, kata Katte.

7. Tambahkan protein

Weisenberger mengatakan, meskipun kita semua membutuhkan campuran yang sehat dari karbohidrat kompleks, lemak sehat dan protein (Anda dapat bekerja dengan ahli diet terdaftar untuk mengetahui jumlah yang tepat untuk Anda), makanan kaya protein khususnya dapat membantu Anda mengisi dan mengisi bahan bakar tubuh Anda.

Dia merekomendasikan sekitar 25 sampai 30 gram protein per makanan daripada makan sejumlah besar protein sekaligus. Ini membuat tubuh Anda tetap bertenaga sepanjang hari.

Tunjangan harian yang direkomendasikan saat ini untuk protein adalah 10% hingga 35% dari keseluruhan kalori Anda, tetapi banyak ahli kesehatan mendukung peningkatan itu dalam keadaan tertentu, termasuk penurunan berat badan.

8. Tidur lebih banyak

Tidur dengan nyenyak

Photo :
  • U-Report

Biarkan tujuan penurunan berat badan menjadi alasan untuk mendorong Anda mendapatkan lebih banyak. Itu karena tidur yang cukup membantu mengatur hormon yang berhubungan dengan rasa lapar. 

Saat Anda kurang tidur, tubuh Anda akan sering memberi sinyal bahwa Anda lebih lapar. Ini juga meningkatkan tingkat kortisol Anda, hormon yang berhubungan dengan stres yang memicu tubuh Anda untuk menyimpan lemak. 

Plus, ketika Anda kurang tidur, itu dapat mengalihkan perhatian Anda dari tujuan penurunan berat badan yang terfokus. Kebanyakan orang dewasa membutuhkan tujuh hingga delapan jam tidur setiap malam.

9. Jauhkan makanan di sekitar Anda

Anda siap untuk camilan dan membuka dapur. Anda melihat keripik, kue, dan opsi lain yang kurang bergizi. Wajar jika Anda ingin menjangkau dan membuat pilihan yang tidak sehat itu. 

Untuk membantu menghindari jebakan ini, sediakan dapur Anda dengan pilihan makanan ringan yang lebih sehat, isi lemari es dengan sayuran cincang, dan semangkuk buah terlihat jelas.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya