Manfaat Daun Belalai Gajah dari Cegah Kanker Hingga Obati Diabetes

Tanaman daun belalai gajah
Sumber :
  • steemit.com

VIVA – Tanaman daun belalai gajah sangat mudah tumbuh di sekitar lingkungan tempat tinggal kita. Dalam kehidupan sehari-hari, daun tanaman ini telah lama digunakan dalam dunia pengobatan tradisional. 

Jangan Malas, Olahraga Bisa Jaga Kesehatan Jantung Hingga Turunkan Risiko Kanker Lho!

Kandungan dalam daun ini sangat ampuh untuk mencegah efek radikal bebas. Daun belalai gajah (Clinacanthus nutans) adalah tumbuhan semak yang termasuk keluarga Acanthaceae. Bentuk daunnya bulat panjang dan lonjong dengan panjang 2,5-13 cm dan lebar 0,5-1,5 cm. Warna daun ini cenderung hijau tua dengan tekstur agak kasar.

Selain memiliki sifat antioksidan yang tinggi, daun belalai gajah juga mampu mengatasi keluhan penyakit lainnya. Daun ini sudah dikategorikan sebagai daun herbal yang menyehatkan badan. 

Istri Kenang Sosok Dorman Borisman, Bikin Haru Ungkap Hal Ini

Hal ini tidak terlepas dari melimpahnya senyawa alam di dalamnya yang cocok digunakan untuk melawan jenis penyakit. Anda bisa mencoba khasiat daun belalai gajah terlebih dahulu sebelum mencoba berbagai obat kimia yang beredar di apotek.

Manfaat dan khasiat daun belalai gajah secara umum adalah menyehatkan gigi, menguatkan tulang, baik untuk kulit, membantu menghentikan peredaran darah, dan menjaga daya tahan tubuh.

Sambil Menangis, Istri Cerita Temani Dorman Borisman di Saat-saat Terakhir

Agar tidak salah dalam memahami manfaat dan khasiat daun belalai gajah, berikut kami berikan penjelasan rinci tentang beberapa manfaat daun belalai gajah untuk kesehatan Anda. Berikut penjelasan kegunaannya dikutip dari steemit.com.

Mencegah kanker

Penyakit kanker.

Photo :
  • Freepik

Manfaat pertama adalah untuk mencegah kanker. Hal ini terkait dengan sifat anti oksidan yang akan menyehatkan sel-sel tubuh Anda. Sel-sel tubuh yang sehat tentu tidak akan mudah terkena kanker.

Melancarkan aliran darah

Khasiat daun belalai gajah sangat ampuh untuk melancarkan aliran darah. Daun ini memiliki senyawa yang baik dalam aliran darah Anda. Penyakit aliran darah tersumbat bisa dicegah sejak dini.

Mengeluarkan racun dalam tubuh

Khasiat daun belalai gajah untuk tubuh juga baik untuk detoksifikasi. Detoksifikasi adalah fungsi dari daun ini yang akan membuang berbagai jenis racun yang ada di dalam tubuh Anda sebelum berkembang menjadi suatu penyakit.

Mencegah radang prostat

Ilustrasi penderita infeksi prostat.

Photo :
  • U-Report

Untuk pria, menggunakan belalai gajah juga bisa dicoba. Pasalnya, daun ini bermanfaat untuk mencegah penyakit radang prostat, penyakit radang yang menyerang alat vital pria.

Mengobati diabetes

Ilustrasi diabetes.

Photo :
  • vstory

Manfaat daun belalai gajah dalam mengobati penyakit salah satunya adalah untuk mengobati diabetes. Daun ini akan membersihkan saluran kemih Anda sehingga tidak menyebabkan diabetes.

Obat sakit pinggang

Manfaat daun belalai gajah untuk pinggang adalah mengatasi sakit pinggang. Pinggang merupakan bagian tubuh yang sering terasa nyeri pada otot akibat aktivitas padata. Coba gunakan daun belalai gajah dalam mengobati sakit pinggang.

Antihipertensi

Tekanan darah/hipertensi

Photo :
  • Times of India

Siapa sangka jika daun sederhana ini bisa menjadi daun anti hipertensi. Ya, manfaat daun belalai gajah yang tidak kalah hebatnya adalah mampu mengontrol tekanan darah Anda agar tidak menyebabkan hipertensi.

Mencegah lelah, letih dan lesu

Bagi Anda yang memiliki sejumlah aktivitas yang sangat padat bisa mencoba daun belalai gajah sebagai penambah stamina. Daun ini sangat berkhasiat dalam mengatasi berbagai jenis kelelahan, seperti lemas, dan juga lesu.

Mencegah tumor

Selain kanker, belalai gajah juga dapat mencegah penyakit tumor. Daun ini akan meningkatkan kekuatan tubuh Anda lebih baik sehingga tumor dapat dihindari dan tubuh Anda akan lebih sehat.

Antioksidan tinggi

Sifat daun belalai gajah sangat bermanfaat bagi tubuh yang memiliki sifat anti oksidan yang tinggi. Selain kanker, daun ini juga akan melindungi tubuh dari penyakit akibat efek radikal bebas lainnya.
Itulah manfaat dan khasiat daun belalai gajah untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya