Pusing Usai Makan Daging Bebek? Ini Penjelasan Dokter

Ilustrasi stres/sakit kepala/pusing.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Daging bebek memiliki cita rasa yang lebih gurih dibanding jenis daging unggas lainnya. Namun, tak sedikit yang merasa was-was mengonsumsi daging bebek karena mengandung tinggi kolesterol

5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker

Bahkan, tak sedikit yang mengeluhkan gejala pusing setelah mengonsumsi daging bebek. Lalu, benarkah daging bebek bisa menyebabkan sakit kepala setelah mengonsumsinya? 

Spesialis gizi klinik, dr. Feni Nugraha, MARS, M.Gizi, SpGK, menjelaskan, hal itu adalah fakta. Mengonsumsi daging bebek ternyata bisa menimbulkan gejala pusing. 

5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali

"Jadi daging bebek tinggi akan kandungan kolesterol. Per 100 gram daging bebek mengandung kurang lebih 84 mg," ujarnya dalam tayangan Hidup Sehat tvOne, Jumat 11 Februari 2022. 

Nasi Bebek Goreng

Photo :
  • U-Report
7 Manfaat Tempe untuk Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Protein untuk Kesehatan Tulang

Dokter Feni lebih lanjut mengungkapkan, ketika seseorang mengonsumsi daging bebek secara berlebihan, inilah yang akhirnya menyebabkan pusing. 

"Ketika Anda mengonsumsi daging bebek secara berlebihan, maka hal inilah yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah Anda. Inilah yang menyebabkan adanya keluhan pusing setelah mengonsumsi bebek," ungkapnya. 

Selain itu, dokter Feni juga menjelaskan, daging bebek juga tinggi akan kandungan lemak. Dalam 100 gram daging bebek, mengandung lemak kurang lebih 28 gram, di mana 35 persen di antaranya adalah lemak yang jenuh. 

Lalu, berapa batasan kolesterol yang bisa dikonsumsi agar tidak menimbulkan masalah kesehatan? 

"Batasan kolesterol individu normal adalah 300 mg per hari. Tapi bagi Anda yang memiliki kolesterol tinggi, batasan mengonsumsi kolesterol per harinya hanya sebesar 200 mg saja," papar dr. Feni Nugraha.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya