6 Bahaya Tersembunyi di Rumah Picu Penyakit Mematikan

Ilustrasi serangan asma.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Tak sedikit anak dan orang dewasa mendadak mengalami asma dan sesak napas ketika berada di rumah. Kondisi tersebut membuat tubuh sulit bernapas dan bisa berakhir dengan serangan asma yang berpotensi mematikan.

Lonjakan Kasus DBD di Lampung, 1.779 Kasus Terungkap dengan 10 Korban Meninggal

Perawatan sederhana dapat menjaga kondisi jangka panjang dan tak kambuh. Tetapi gejala asma sendiri, termasuk mengi dan sesak napas, dapat diperburuk oleh pemicu di mana-mana, beberapa di antaranya dekat barang di rumah.

Gejala asma yang memburuk secara tiba-tiba dapat menyebabkan serangan asma, yang menyebabkan tiga kematian setiap hari. Para peneliti di Australia telah menunjukkan tiga pemicu utama rumah tangga dengan meninjau 56 penelitian yang melibatkan hampir 138.000 orang.

Terpopuler: Sakit yang Diidap Parto sampai Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

"Ini adalah perokok pasif, tempat tidur, dan pemanas gas," tulis tim dalam sebuah artikel untuk The Conversation dikutip dari laman The Sun.

Ini menambah beberapa pemicu utama lainnya, yang diuraikan di bawah ini, yang harus diwaspadai oleh penderita asma.

5 Mitos Tentang Masturbasi, Benarkah Bisa Hilangkan Keperawanan?

Perokok pasif

Tak perlu dikatakan bahwa jika Anda menderita asma, Anda tidak boleh merokok. Tapi asap rokok - yang dihembuskan oleh perokok lain - berbahaya juga, tidak hanya untuk penderita asma tetapi semua orang. Para peneliti menulis, bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa merokok tembakau aktif merusak pengendalian asma telah dipahami dengan baik oleh masyarakat umum.

"Tetapi orang mungkin kurang menyadari efek perokok pasif terhadap asma. Menghirup asap mengganggu paru-paru normal dan perkembangan sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan iritasi saluran napas. Ini dapat menyebabkan gejala asma dan penyakit paru-paru lainnya," tulis peneliti.

Seprai

Ilustrasi tempat tidur.

Photo :
  • Pexels/Kristin Vogt

Tempat tidur Anda mungkin menjadi perangkap debu, memperparah asma Anda sepanjang malam. Menurut peneliti, pemicu masalah di rumah tangga yang kedua paling sering dilaporkan adalah tempat tidur dari serat yang tidak alami, seperti serat mikro, nilon atau bahan akrilik.

“Barang-barang tempat tidur sintetis memiliki tingkat alergen tungau debu rumah yang lebih tinggi daripada barang-barang tempat tidur bulu. Mereka juga meningkatkan paparan bahan kimia organik yang mudah menguap. Ini adalah gas yang dipancarkan dari padatan dan cairan tertentu yang ditemukan di banyak produk rumah tangga. Gas-gas ini dapat terakumulasi dalam konsentrasi yang lebih tinggi di dalam dan menyebabkan masalah kesehatan," tulis peneliti.

Pemanas gas

Pemanas gas, yang populer untuk memanaskan satu ruangan di rumah, dapat memperburuk gejala asma, kata para peneliti. Mereka menulis, baik cerobong asap dan tidak cerobong [tidak ada cerobong ekstraksi dari pemanas ke luar] pemanas gas dapat memancarkan gas nitrogen dioksida yang dapat mengiritasi saluran pernapasan dan memicu gejala asma.

"Lebih baik menyingkirkan pemanas gas atau sistem pemanas, jika memungkinkan, di rumah tangga di mana asma menjadi masalah," saran peneliti.

Gas juga dapat digunakan untuk memasak dan sama mengkhawatirkannya, menurut Asma Australia, dan “sebanding dengan efek merokok di dalam ruangan” untuk asma anak. Dikatakan bahwa penggunaan gas di rumah diperkirakan bertanggung jawab hingga 12 persen dari beban asma anak di Australia.

Bentuk lain dari pemanasan rumah yang tidak menguntungkan bagi penderita asma termasuk api terbuka dan tungku pembakaran kayu. Yang terbaik adalah tetap menggunakan pemanas sentral - tetapi pastikan ketel baru dan diservis secara teratur.

Debu

Sekitar 60 persen orang dengan asma mengatakan bahwa itu memicu gejala mereka, menurut Asthma UK. Badan amal itu menemukan, faktanya, masalahnya adalah tungau debu yang merupakan serangga kecil yang hidup di dalam debu. Mereka terlalu kecil untuk dilihat dan sangat sulit untuk dihilangkan sama sekali.

"Ini adalah zat dalam kotoran tungau debu yang beberapa orang sensitif, memberi mereka gejala seperti mata gatal, bersin, atau pilek," tutur peneliti.

Tidak mungkin untuk sepenuhnya menghindari debu, Anda akan membersihkan rumah sepanjang waktu. Namun beberapa cara mudah untuk mengurangi tungau debu adalah dengan mencuci seprai dan apa pun yang lembut, seperti mainan, secara teratur pada suhu 60 derajat. Gunakan kain lembab saat membersihkan debu untuk mencegahnya masuk ke udara, dan buka jendela saat mengeringkan pakaian di dalam ruangan, karena tungau debu menyukai lingkungan yang lembap dan lembap.

Jamur di kondisi lembab

Jamur, yang tumbuh di rumah yang lembab, memicu asma karena spora yang dihasilkannya dapat mengiritasi saluran udara dan paru-paru. Ini juga dapat menempatkan Anda pada risiko infeksi yang lebih tinggi yang kemudian memperburuk asma, seperti infeksi dada. Itu salah satu alasan mengapa ada hubungan antara perumahan yang buruk dan asma, kata Asthma UK, di samping pemanas yang buruk.

Ilustrasi penderita asma.

Photo :
  • U-Report

Jamur tumbuh di tempat yang lembab dan hangat di rumah. Kelembaban terjadi karena berbagai alasan, termasuk cuaca hujan, memasak, dan menjemur pakaian di dalam ruangan. Ini juga akibat kondensasi, terutama di kamar mandi, atau kelemahan infrastruktur rumah, seperti kebocoran atau kurangnya isolasi atau ventilasi.

Berurusan dengan jamur di rumah bisa menjadi tugas yang sulit. Tetapi ada hal-hal sederhana yang dapat Anda lakukan setiap hari untuk mencegahnya. Ini termasuk membuka jendela saat mengeringkan pakaian di dalam ruangan, menggunakan kipas ekstraktor, dan menutup pintu ruangan tempat Anda memasak.

Aerosol dan wewangian

Aerosol, seperti deodoran dan produk pembersih, adalah mimpi buruk bagi sebagian penderita asma. Aerosol menghasilkan sistem kekebalan esponse di dalam paru-paru yang bertanggung jawab untuk bahan kimia inflamasi. Asthma UK mengatakan penderita asma lebih cenderung sensitif terhadap bahan kimia dan produk wewangian, yang mungkin termasuk parfum, cat kuku, produk perawatan pribadi lainnya, atau bahkan lilin. Badan amal tersebut menyarankan untuk tetap menggunakan produk yang non-aerosol dan wewangian rendah, untuk tujuan kebersihan dan pembersihan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya