5 Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Manfaat Buah Tin
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Manfaat buah tin mungkin masih belum banyak diketahui oleh sebagian orang dan mungkin juga tidak begitu populer seperti buah lainnya. Namun ternyata manfaat buah berasal dari banyaknya nutrisi yang terkandung di dalamnya yang berpotensi untuk kesehatan tubuh. Mulai dari meningkatkan pencernaan yang lebih sehat, mengurangi risiko penyakit jantung dan membantu mengelola kadar gula darah pada tubuh. 

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Buah tin sendiri merupakan buah yang bentuknya terbilang unik karena menyerupai tetesan air mata. Ukuran buah tin ini seukuran ibu jari dan berisi ratusan biji kecil dengan dibalut kulit yang berwarna ungu atau hijau yang bisa dimakan. Sementara daging buahnya berwarna merah muda dan memiliki rasa yang manis. Dengan berbagai nutrisi yang dimiliki, pada kali ini kita akan membahas tentang manfaat yang terdapat dalam buah tin. 

Sebelum membahas lebih lanjut tentang manfaat buah tin, sebelum itu akan dibahas terlebih dahulu mengenai nutrisi apa saja yang terkandung di dalamnya. Melansir dari Healthline, berikut ini kandungan yang ada di dalam buah tin:

5 Manfaat Menakjubkan Mengonsumsi Air Kelapa Setiap Hari, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

Kandungan nutrisi yang ada di dalam buah tin

Buah Tin

Photo :
  • Pixabay
10 Makanan yang Menjadi Favorit Nabi Muhammad SAW

Buah tin segar memang kaya akan nutrisi dan relatif rendah kalori sehingga menjadikannya sebagai buah yang bagus untuk ditambahkan bagi kamu yang sedang melakukan program diet sehat. 

Satu buah tin kecil (40 gram) segar mengandung:

  • Kalori: 30
  • Protein: 0 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Karbohidrat: 8 gram
  • Serat: 1 gram
  • Tembaga: 3% dari Nilai Harian (DV)
  • Magnesium: 2% dari DV
  • Kalium: 2% dari DV
  • Riboflavin: 2% dari DV
  • Tiamin: 2% dari DV
  • Vitamin B6: 3% dari DV
  • Vitamin K: 2% dari DV

Buah tin segar mengandung beberapa kalori dari gula alami, sehingga bisa juga menjadi tambahan bahan untuk camilan yang rendah kalori. Buah tin kering juga tinggi gula dan kaya kalori, karena gula menjadi pekat saat buah dikeringkan.

Buah yang satu ini sangat kaya akan tembaga dan vitamin B6 selain nutrisi lainnya yang sudah dituliskan sebelumnya. Tembaga sendiri merupakan mineral vital yang terlibat dalam beberapa proses tubuh, termasuk metabolisme dan produksi energi serta pembentukan sel darah, jaringan ikat dan neurotransmiter.

Sementara vitamin B6 merupakan salah satu vitamin kunci yang diperlukan untuk membantu tubuhmu memecah protein makanan dan membuat protein baru. Kandungan vitamin ini juga memainkan peran penting dalam kesehatan otak. 

Manfaat buah tin untuk kesehatan 

Manfaat buah tin cukup banyak, salah satunya seperti dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan jantung serta berpotensi membantu mengelola kadar gula darah pada tubuh. Berikut ini manfaat buah tin yang perlu diketahui:

1. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Ilustrasi sistem pencernaan

Photo :
  • Pixabay

Buah tin sudah sejak lama digunakan sebagai pengobatan rumahan atau pengobatan alternatif untuk masalah pencernaan misalnya seperti sembelit. Hal itu karena buah tin mengandung serat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dengan melembutkan dan menambah jumlah tinja, mengurangi sembelit dan berfungsi sebagai prebiotik, sumber makanan untuk bakteri sehat yang mengisi usus pada tubuh.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada 150 orang dengan sindrom iritasi usus besar dengan sembelit (IBS-C) menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi sekitar 4 buah tin kering (45 gram) dalam dua kali sehari mengalami pengurangan gejala yang signifikan. Termasuk rasa sakit, kembung dan sembelit. Penelitian serupa juga menemukan bahwa suplemen buah tin yang dikonsumsi setiap hari selama 8 minggu secara signifikan dapat mengurangi sembelit.

2. Meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan jantung

Ilustrasi Jantung

Photo :
  • U-Report

Manfaat buah tin selanjutnya diketahui dapat meningkatkan tekanan darah dan kadar lemak darah yang dimana dapat membantu meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. 

Dalam sebuah studi selama 5 minggu yang dilakukan pada 83 orang dengan kolesterol tinggi, para peneliti mencatat bahwa mereka yang menambahkan sekitar 14 buah tin kering (120 gram) ke dalam makanan mereka setiap hari tidak mengalami perubahan kadar lemak darah. Namun masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk lebih memahami hubungan antara buah tin dengan kesehatan jantung.

3. Membantu mengelola kadar gula darah

Alat tes kadar gula darah di rumah.

Photo :
  • U-Report

Dalam sebuah studi tahun 1998 yang dilakukan pada 10 orang dengan diabetes tipe 1 menemukan bahwa minum teh daun tin dengan sarapan mungkin telah menurunkan kebutuhan insulin mereka. Pada bulan saat mereka mengonsumsi teh daun buah tin, dosis insulin mereka menurun sekitar 12%. 

Sementara dalam penelitian yang terbaru ditemukan bahwa minuman yang mengandung ekstrak buah tin dengan dosis tinggi memiliki indeks glikemik (GI) yang lebih rendah daripada minuman tanpa ekstrak buah tin, yang berarti minuman ini akan memiliki efek yang lebih baik pada kadar gula darah. 

4. Memiliki sifat antikanker

Kanker darah.

Photo :
  • U-Report
 

Banyak penelitian yang telah dilakukan pada efek daun buah tin yang menjanjikan untuk sel kanker. Daun tin dan lateks alami dari buah tin telah terbukti menunjukkan aktivitas antitumor terhadap kanker usus besar manusia, kanker payudara, kanker serviks dan sel kanker hati. 

Namun, bukan berarti bahwa memakan buah tin atau minum teh daun tin akan memberikan efek yang sama. Studi tabung reaksi menawarkan titik awal yang menjanjikan, tetapi penelitian pada manusia yang lebih lanjut diperlukan untuk menilai bagaimana menelan buah tin atau daun tin mempengaruhi pertumbuhan kanker.

5. Membuat kulit menjadi lebih sehat

Ilustrasi kulit wajah mulus.

Photo :
  • U-Report

Manfaat buah tin yang terakhir cukup menarik dan pastinya paling dibutuhkan oleh para kaum wanita. Buah tin memiliki beberapa efek yang menguntungkan untuk kulit, terutama pada orang dengan dermatitis alergi atau kulit kering dan gatal akibat alergi.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada 45 anak dengan dermatitis ditemukan bahwa krim yang terbuat dari ekstrak buah tin kering yang dioleskan dua kali sehari selama 2 minggu lebih efektif dalam mengobati gejala dermatitis daripada krim hidrokortison, pengobatan standar. 

Kombinasi ekstrak buah tin juga terbukti menunjukkan efek antioksidan pada sel-sel kulit, mengurangi kerusakan kolagen dan memperbaiki tampilan keriput dalam penelitian tabung reaksi dan hewan. Namun, sulit untuk menentukan apakah efek positif ini berasal dari ekstrak tin atau salah satu ekstrak lain yang sedang dipelajari. Penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk menentukan efek buah tin pada kesehatan kulit.

Itulah sejumlah manfaat buah tin untuk kesehatan tubuh yang dapat kamu ketahui. Mulai sekarang kamu bisa memasukkan buah tin ke dalam daftar buah yang harus dikonsumsi. Apalagi buah ini juga sangat cocok untuk kamu yang sedang berdiet dan bagus untuk kesehatan kulit juga.

Semoga artikel mengenai manfaat buah tin ini dapat bermanfaat bagi kamu yang membacanya. Bagi kamu yang belum mengetahui apa itu buah tin berarti sekarang menjadi lebih tahu kan? Jangan lupa untuk mencoba untuk mengonsumsi buah tin yang kaya akan nutrisi ini ya!

Ilustrasi pola makan anak

5 Tips Pilih Camilan Sehat Buat Anak, Jangan Cuma Lezat Bun!

Memilih camilan yang sehat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Pastikan untuk memilih camilan yang kaya akan nutrisi dan rendah gula, lemak jenuh, dan natrium.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024