Crazy Rich Bikin Anak Muda Pengin Kaya Instan, Psikolog Ingatkan Ini

Ilustrasi wanita kaya.
Sumber :
  • Freepik/drobotdean

VIVA – Perkembangan di era digital memacu perubahan sosialisasi di mana kini makin banyak fitur di media sosial. Sayangnya, media sosial kekinian justru dimanfaatkan untuk menunjukkan, atau bahkan terkesan pamer dengan gaya hidup atau harta berlebih.

Tak Fokus Berkendara, Daihatsu Sigra Seruduk Wuling Air ev dari Belakang

Kondisi itu pun melahirkan fenomena Crazy Rich sebagai sebutan sosok dengan kekayaan berlimpah. Hal tersebut disorot pula oleh Psikolog anak dan keluarga sekaligus Direktur Lembaga Psikologi Daya Insani, Sani Budiantini yang menganalogikan perubahan sosialisasi bak teknologi terkini.

"Era digital memang banyak sekali orang ingin instan. Seperti gadget yang kita pegang memanjakan kita. Dari touch screen, geser muncul fitur-fitur berbeda," ujarnya kepada VIVA, Selasa 15 Maret 2022.

Video Aksi Pesepeda Nekat Mau Masuk Jalan Tol, Apakah Boleh?

Ilustrasi kaya.

Photo :
  • U-Report

Bukan tanpa alasan, analogi teknologi terkini dengan perkembangan sosialisasi generasi anak muda, ternyata berkaitan erat. Sebab, gawai yang serba mempermudah hidup, membuat banyak orang di generasi kekinian ingin hidup serba instan 

Geramnya Bobby Nasution soal Pedagang Martabak Dipolisikan Anggota Dishub, Minta Laporan Dicabut

"Era sekarang membuat seseorang jadi tidak sabar ingin serba instan dan mudah. Bahkan muncul pola pikir yang tidak realistis. Bagaimana mendapatkan kesuksesan atau kekayaan tanpa berlama-lama atau kesulitan," bebernya.

Dengan keengganan berlama-lama dalam proses menuju sukses, tak heran banyak anak muda yang justru bergelimang harta dari hasil pinjaman atau hanya cerita belaka. Padahal, Sani mengingatkan, bahwa proses yang cukup berat dan lama, akan membuahkan hasil positif selama bisa komitmen.

"Jadi mereka berharap memiliki semua itu dengan cara yang cepat, mudah, dan tidak perlu kerja keras. Ini juga mungkin dampak dari anak muda sekarang yang menginginkan serba instan," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya