10 Manfaat Daun Sirih, Atasi Diabetes Hingga Untuk Kesehatan Mulut

Daun Sirih
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Manfaat daun sirih sangat beragam untuk kesehatan. Daun sirih adalah daun berbentuk hati berwarna hijau tua yang termasuk dalam famili Piperaceae. Nama ilmiah daun sirih adalah “Piper betle”. Daun sirih dibudidayakan di Sri Lanka, India, Malaysia, Afrika Timur, kepulauan Filipina dan Indonesia. Daun sirih memiliki rasa yang kuat, pedas dan aromatik yang banyak digunakan sebagai penyegar mulut.

Zaidul Akbar Ungkap Bahaya Sering Minum Air Dingin: Ginjal Bisa Bermasalah

Komposisi Nutrisi Daun Sirih

Ilustrasi Daun Sirih

Photo :
  • U-Report
Zaidul Akbar Sebut Ada Bahaya Tersembunyi di Balik Kebiasaan Minum Saat Makan

Melansir dari medindia, sekitar 85-90% daun sirih adalah air, yang berarti memiliki kadar air yang tinggi dan jumlah kalori yang rendah. Sekitar 100 gram daun sirih hanya mengandung 44 kalori. Ini mengandung 0,4-1% lemak dan 3-3,5% protein, yang menjadikannya sumber rendah lemak dan sumber protein sedang.

Selain itu, daun sirih mengandung nutrisi esensial dalam jumlah sedang seperti yodium (3,4 mcg/ 100 gram), kalium (1,1-4,6%), vitamin A (1,9-2,9 mg/ 100 gram), vitamin B1 (13-70 mcg/ 100 gram), vitamin B2 (1,9-30 mcg/ 100 gram) dan asam nikotinat (0,63-0,89 mg/ 100 gram).

Heru Budi Sebut Penonaktifan NIK KTP Warga Jakarta untuk Cegah Kriminalitas Perbankan

Selain nutrisi tersebut daun sirih mengandung minyak atsiri dan komponen kimia seperti minyak sirih dan chavicol, betelphenol, eugenol, terpene dan campene. Komponen kimia ini memiliki sifat obat dan membantu dalam pengobatan dan pengelolaan berbagai penyakit dan gangguan.

Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

Ilustrasi rebusan daun sirih.

Photo :
  • U-Report

1. Anti Diabetes

Manfaat daun sirih yang pertama yaitu anti diabetes. Berbagai obat anti diabetes memiliki efek samping pada hati dan ginjal dalam jangka panjang. Penelitian telah mengungkapkan bahwa bubuk daun sirih kering memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar glukosa darah pada individu dengan diabetes mellitus tipe 2 yang baru didiagnosis dan obat herbal ini dapat menyembuhkannya tanpa efek samping.

Individu dengan diabetes menunjukkan tingkat stres oksidatif yang tinggi karena kadar glukosa darah tinggi yang terus menerus (hiperglikemia). Kadar glukosa darah yang begitu tinggi menghabiskan sistem pertahanan antioksidan dan selanjutnya menonaktifkan enzim antioksidan. 

Daun sirih merupakan sumber antioksidan yang melawan stres oksidatif dengan menangkal radikal bebas. Dengan demikian, daun sirih membantu dalam menurunkan kadar glukosa darah tinggi dan membantu dalam pengelolaan diabetes mellitus.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Manfaat daun sirih lainnya yaitu dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi. Kadar kolesterol yang tinggi merupakan faktor risiko penyakit jantung dan stroke. Studi telah menemukan bahwa daun sirih membantu menurunkan kadar kolesterol total, trigliserida, kolesterol low-density lipoprotein (LDL) dan very low-density lipoprotein (VLDL) kolesterol. 

Selain itu, juga membantu meningkatkan kadar kolesterol high-density lipoprotein (HDL). Efek penurun lipid seperti daun sirih dikaitkan dengan adanya eugenol, antioksidan alami yang menetralkan radikal bebas. Eugenol selanjutnya menghambat biosintesis kolesterol di hati dan mengurangi penyerapan lipid di usus. 

Lebih lanjut dapat meningkatkan katabolisme kolesterol LDL "jahat". Kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi dimobilisasi dari plasma ke hati dan kemudian di eliminasi dalam bentuk asam empedu. Dengan demikian, melalui berbagai mekanisme daun sirih membantu menurunkan kadar lipid yang tinggi.

3. Anti Kanker

Kadar sirih bila dikonsumsi dengan tembakau dan buah pinang meningkatkan risiko kanker mulut. Namun, daun sirih sendiri merupakan reservoir senyawa fenolik yang memiliki sifat antioksidan, anti-mutagenik, anti-proliferasi dan anti-bakteri. 

Studi telah mengungkapkan potensi pencegahan kemo dari daun sirih terhadap berbagai jenis kanker. Selanjutnya, daun sirih mengandung berbagai fitokimia (bahan kimia tanaman yang mempromosikan kesehatan) yang memiliki manfaat melawan kanker. 

Stres oksidatif memainkan peran besar dalam patofisiologi kanker. Daun sirih merupakan sumber antioksidan yang sangat baik yang menetralisir radikal bebas dan melawan stres oksidatif. Ini lebih lanjut menghambat pertumbuhan sel kanker dan penyebarannya ke berbagai organ tubuh.

4. Anti Mikroba

Manfaat daun sirih selanjutnya yaitu dapat melindungi dari bakteri. Minyak atsiri yang terdapat dalam daun sirih memiliki aktivitas antibakteri terhadap bakteri patogen yaitu Escherichia coli, Staphylococcus aures, dan Pseudomonas aeruginosa. Selanjutnya, kehadiran fenolat dan fitokimia dalam daun sirih membantu melindungi dari bakteri gram positif dan gram negatif.

5. Membantu Penyembuhan Luka

Penelitian telah mengamati bahwa daun sirih membantu dalam proses penyembuhan luka. Lebih lanjut ditemukan bahwa ekstrak daun sirih memiliki efek yang sangat kuat pada penyembuhan luka pada kasus luka bakar. Peningkatan kadar stres oksidatif menyebabkan keterlambatan penyembuhan luka. 

Daun sirih merupakan sumber antioksidan yang hebat. Antioksidan ini mengurangi stres oksidatif dan lebih lanjut membantu penyembuhan luka dengan cepat. Dengan demikian, daun sirih berperan sebagai agen pelindung dalam penyembuhan luka dengan meningkatkan laju kontraksi luka dan kandungan protein total.

6. Anti asma

Asma diakui sebagai kondisi peradangan. Daun sirih memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi dan dengan demikian, membantu dalam pengobatan dan pengelolaan asma. Histamin merupakan mediator inflamasi yang berperan besar dalam menyebabkan asma. Histamin menyebabkan bronkokonstriksi, tanda asma di mana saluran udara di paru-paru menyempit karena pengetatan otot polos. 

Penelitian telah menemukan bahwa aktivitas anti-histamin daun sirih dapat menjadi agen penyebab dalam menurunkan kasus asma bronkial. Selanjutnya, minyak sirih dan polifenol yang ada dalam daun sirih memiliki sifat anti-inflamasi yang selanjutnya membantu dalam menurunkan kasus asma.

7. Membantu Mengatasi Depresi

Manfaat daun sirih juga dapat membantu mengatasi depresi. Depresi adalah gangguan kejiwaan yang mempengaruhi sekitar 5% populasi dunia. Penelitian telah mengungkapkan bahwa selain obat antidepresan, obat herbal seperti mengunyah daun sirih telah digunakan sejak zaman kuno untuk aktivitas stimulan SSP (sistem saraf pusat). Lebih lanjut ditemukan bahwa mengunyah daun sirih menghasilkan rasa sejahtera, perasaan bahagia dan kewaspadaan yang meningkat. 

Selanjutnya, daun sirih mengandung senyawa fenolik aromatik yang merangsang pelepasan katekolamin. Sebuah hubungan kuat hadir antara tingkat rendah katekolamin dalam tubuh dan peningkatan risiko depresi. Oleh karena itu, mengunyah daun sirih adalah cara mudah untuk mencegah depresi.

8. Meningkatkan Kesehatan Mulut

Patogen yang ada di mulut bertanggung jawab atas infeksi gigi dan karies gigi. Penelitian telah mengamati bahwa mengunyah daun sirih dapat menghambat pertumbuhan dan aktivitas bakteri. Daun sirih sangat populer sebagai penyegar mulut dan dapat digunakan sebagai pengganti obat yang digunakan untuk mengobati infeksi mulut atau gigi. 

Ketika makanan dan minuman tinggi gula dikonsumsi, asam bereaksi dengan bakteri yang ada dalam biofilm gigi. Daun sirih melindungi terhadap karies gigi dengan menghambat asam yang dihasilkan oleh bakteri saliva.

9. Aktivitas Perlindungan Gastro

Studi telah menemukan bahwa mengunyah daun sirih adalah obat tradisional kuno yang digunakan untuk mengobati tukak lambung. Agen yang menyebabkan maag merusak lapisan dalam usus, mengurangi produksi lendir lambung dan meningkatkan tingkat stres oksidatif. 

Daun sirih menghambat pembentukan lesi lambung, meningkatkan produksi lendir lambung (faktor penting yang melindungi terhadap agen penyebab maag) dan mengurangi volume sekresi asam lambung. 

Fitokimia dan polifenol hadir dalam daun sirih memiliki sifat antioksidan dan anti-ulserogenik. Mereka melindungi lapisan dalam usus terhadap racun dan iritasi lainnya dan dengan demikian mengurangi kerusakan secara keseluruhan.

10. Anti Malaria

Studi telah menemukan bahwa pada zaman kuno di daerah pedesaan Malaysia daun sirih digunakan sebagai obat anti-malaria. Terpen, senyawa yang mempromosikan kesehatan hadir dalam daun sirih memiliki sifat anti-malaria. Flavonoid hadir dalam daun sirih memiliki aktivitas anti-parasit yang signifikan terhadap berbagai jenis parasit malaria. Dengan demikian, daun sirih mengandung senyawa anti-malaria baru yang dapat digunakan dalam memerangi malaria.

Demikianlah informasi mengenai manfaat daun sirih yang bagus untuk Kesehatan tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat.

nasi merah

9 Karbohidrat yang Sehat dan Aman untuk Penderita Diabetes, Bebas Khawatir Gula Darah Naik!

Bagi para penyandang diabetes, mengonsumsi karbohidrat bisa menjadi dilema. Di satu sisi, karbohidrat merupakan sumber energi penting bagi tubuh.

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024