Penyakit Fisura Ani, Mengenal Lebih Dalam Penyebab dan Solusinya

Ilustrasi fisura ani.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Fisura ani atau yang lebih dikenal dengan fisura anus merupakan suatu robekan yang terdapat pada lapisan kulit anus atau saluran anus. Salah satu tanda fisura ani atau fisur anus yaitu rasa sakit yang begitu mendalam ketika  atau setelah melakukan buang air besar. 

5 Pria Simpan Sabu-sabu 1,2 Kg di Dalam Anus Buat Dibawa dari Kualanamu ke Soekarno-Hatta

Bisa dibilang, penyakit ini dapat memengaruhi orang-orang dari segala usia, tetapi paling umum terjadi pada bayi dan dewasa paruh baya. Berbicara soal firus ani atau firus anus yang tengah ramai diperbincangkan di dunia jaga maya, ternyata penyakit ini bukan lah sesuatu yang serius atau bahkan mematikan. 

Ilustrasi sakit pinggang.

Photo :
  • U-Report
Meninggal Dunia, Hilbram Dunar Ternyata Berjuang Melawan Kanker Sejak Tahun Lalu

Hal tersebut lantaran, penanganan untuk penyakit satu ini bisa dilakukan di rumah. Hanya saja, bagi mereka yang menderita fisura anus secara terus-menerus dan tak kunjung sembuh patut untuk dikhawatirkan dan perhatikan. Salah satunya langsung melakukan perawatan medis berkala.

Mengenal Fisura Ani/Fisura Anus

Wasir atau Ambien Menghambat Ibadah di Bulan Puasa? Ini Jawabannya

Fisura ani

Photo :

Fisura ani atau anus adalah luka kecil atau robekan pada lapisan anus. Retakan di kulit yang pada akhirnya menyebabkan rasa sakit yang parah dan beberapa orang mengalami pendarahan merah cerah selama dan setelah buang air besar.

Kadang-kadang, celah bisa cukup dalam untuk mengekspos jaringan otot di bawahnya.
Di mana saluran anus sendiri merupakan tabung pendek yang dikelilingi oleh otot di ujung rektum Anda. Rektum adalah bagian bawah usus besar Anda (usus besar). 

Robekan pada lapisan anus atau saluran anus (lubang tempat tinja keluar dari tubuh)ini ternyata sangat menyakitkan dan bisa menimbulkan darah. Dalam kasus di mana fisura bertahan lebih dari 6 minggu , berarti fisura ani yang dialaminya itu dianggap kronis.

Jika fisura ani atau fisura anus tidak membaik dengan perawatan ini, Anda mungkin memerlukan pembedahan. Atau dokter Anda mungkin perlu mencari cara lain untuk bisa menyembuhkannya.

Penyebab Firus Ani / Firus Anus

Fisura ani

Photo :

Fisura ani atau fisura anus paling sering terjadi saat buang air besar atau keras. Sembelit kronis atau sering diare juga dapat merobek kulit di sekitar anus Anda. Namun, tidak semua fisura ani atau fisura anus itu merupakan tanda diet rendah serat dan sembelit.

Fisura yang penyembuhannya buruk atau yang terletak di posisi selain bagian posterior dan garis tengah anus Anda mungkin menunjukkan suatu kondisi yang mendasari. Tidak hanya itu, penyebab terjadinya fisura ani atau fisura anus pada tubuh lantaran adanya rasa rauma pada lapisan dalam anus akibat buang air besar atau peregangan saluran anus lainnya. 

Ini bisa disebabkan oleh buang air besar yang keras dan kering atau buang air besar yang sering dan longgar. Pasien dengan otot sfingter anus yang kencang lebih mungkin mengalami fisura anus. Penyebab celah yang kurang umum termasuk penyakit radang usus, infeksi dubur, trauma atau tumor. 

Adapun beberapa penyebab lainnya;
-Mengejan saat melahirkan atau buang air besar
-Memiliki penyakit radang usus (IBD), seperti penyakit Crohn
- Mengalami penurunan aliran darah ke daerah anorektal
-Memiliki otot sfingter anal yang terlalu kencang atau kejang
- Terlibat dalam seks anal
- memasukkan benda ke dalam anus

Dalam kasus yang jarang terjadi, fisura ani atau anus itu  dapat berkembang karena:

1.  kanker dubur
2.  HIV
3. tuberkulosis
4. sipilis
5. herpes

Gejala Fisura Ani / Fisura Anus

Fisura ani biasanya menyebabkan rasa sakit yang tajam yang dimulai dengan buang air besar. Rasa sakit ini dapat berlangsung beberapa menit hingga beberapa jam. Akibatnya, banyak pasien mungkin mencoba untuk tidak buang air besar untuk mencegah rasa sakit.

Gejala lain termasuk:

- Darah merah cerah pada tinja atau kertas toilet setelah buang air besar.
- Benjolan kecil atau tanda kulit pada kulit di dekat fisura anus (lebih sering terjadi jika kronis atau telah ada selama lebih dari 6 minggu).
- Robekan yang terlihat pada kulit di sekitar anus Anda.
- Tanda kulit atau benjolan kecil kulit, di sebelah robekan.
- Rasa sakit yang tajam di daerah anus saat buang air besar.
- Garis-garis darah di tinja atau di kertas toilet setelah menyeka.
- Terbakar atau gatal di daerah anus.

Siapa yang Berisiko Alami Fisura Ani/Fisura Anus?

Fisura anus dapat terjadi pada siapa saja pada usia berapa pun. Kemungkinan mengalami fisura anus berkurang seiring bertambahnya usia. Orang yang pernah mengalami fisura di masa lalu lebih mungkin mengalaminya di masa depan.

Bagaimana Fisura Ani Didiagnosis?

Biasanya, dokter Anda dapat mendiagnosis fisura anus dengan inspeksi visual pada anus atau dengan pemeriksaan lembut dengan ujung jari.

Cara Mengobati Fisura Ani/Fisura Anus

Tujuan pengobatan fisura anus adalah untuk menurunkan tekanan pada saluran anus dengan membuat tinja menjadi lunak, dan untuk mengurangi ketidaknyamanan dan pendarahan. Perawatan konservatif dicoba terlebih dahulu dan mencakup satu atau lebih hal berikut:

1. Mencegah sembelit melalui penggunaan pelunak tinja, minum lebih banyak cairan sambil menghindari produk yang mengandung kafein (yang menyebabkan dehidrasi), dan penyesuaian pola makan ( peningkatan asupan makanan berserat tinggi dan suplemen serat);
2. Berendam dalam air hangat (juga disebut mandi sitz), 10 hingga 20 menit beberapa kali sehari, untuk membantu mengendurkan otot-otot anus;
3. Membersihkan area anorektal dengan lebih lembut;
4. Menghindari mengejan atau duduk lama di toilet;
5. Menggunakan petroleum jelly untuk membantu melumasi area anorektal.
6. Praktik-praktik ini menyembuhkan sebagian besar celah (80 hingga 90 persen) dalam beberapa minggu hingga beberapa bulan. 

Namun, ketika perawatan gagal dan fisura anus bertahan atau muncul kembali, tindakan lain dapat dicoba, termasuk:

1. Menggunakan supositoria, busa, atau krim yang mengandung hidrokortison untuk mengurangi peradangan;
2. Menerapkan krim dan salep lainnya. Ini mungkin termasuk krim obat (untuk membantu menyembuhkan celah), relaksan otot topikal (untuk mengendurkan otot-otot anus), salep anestesi (untuk mengurangi rasa sakit, jika rasa sakit mengganggu buang air besar), atau nitrogliserin atau calcium channel blocker salep (untuk mengendurkan otot-otot anus dan meningkatkan aliran darah ke daerah tersebut, meningkatkan penyembuhan).
3. Penyuntikan toksin botulinum tipe A (Botox) ke dalam sfingter anal. Injeksi untuk sementara melumpuhkan otot sfingter anal, menghilangkan rasa sakit dan mempercepat penyembuhan.
4. Pembedahan

Perawatan Nonsurgical Fisura Ani / Fisura Anus

Dokter Anda akan mendiskusikan manfaat dan efek samping perawatan. Perawatan meliputi:

- Diet tinggi serat dan suplemen serat yang dijual bebas (25-35 gram serat/hari) untuk membuat tinja lunak, terbentuk, dan besar.
- Pelunak feses yang dijual bebas untuk membuat feses lebih mudah dikeluarkan.
- Minum lebih banyak air untuk membantu mencegah tinja yang keras dan membantu penyembuhan.
- Mandi air hangat (sitz baths) selama 10 hingga 20 menit, beberapa kali sehari (terutama setelah buang air besar untuk menenangkan area tersebut dan membantu mengendurkan otot sfingter anal). Hal ini diduga dapat membantu proses penyembuhan.
- Obat-obatan, seperti lidokain, yang dapat dioleskan pada kulit di sekitar anus untuk menghilangkan rasa sakit.
- Obat-obatan seperti salep diltiazam, nifedipine, atau nitrogliserin untuk mengendurkan otot sfingter anus yang membantu proses penyembuhan.
- Obat nyeri narkotik dihindari karena dapat menyebabkan konstipasi yang dapat memperburuk keadaan. 

Perawatan Bedah

Meskipun sebagian besar fisura ani atau anus tidak memerlukan pembedahan, fisura kronis lebih sulit diobati dan pembedahan mungkin merupakan pilihan terbaik. Tujuan dari pembedahan adalah untuk membantu otot sfingter anus rileks yang mengurangi rasa sakit dan kejang, memungkinkan celah untuk sembuh. 

Pilihan pembedahan termasuk injeksi Botulinum toxin (Botox®) ke dalam sphincter anal atau divisi bedah bagian dalam sphincter anal (sphincterotomy internal lateral). Ahli bedah usus besar dan dubur Anda akan menemukan pengobatan terbaik untuk Anda dan mendiskusikan risiko operasi. Kedua jenis operasi ini biasanya dilakukan sebagai prosedur rawat jalan pada hari yang sama. 

Prognosis Pasca Perawatan

Sebagian besar pasien dapat kembali bekerja dan kembali melakukan aktivitas sehari-hari beberapa hari setelah operasi. Penyembuhan total setelah perawatan medis dan bedah dapat memakan waktu 6 hingga 10 minggu. Bahkan ketika rasa sakit dan pendarahan berkurang, penting untuk menjaga kebiasaan buang air besar yang baik dan makan makanan berserat tinggi. Gerakan usus yang keras atau longgar, jaringan parut, atau kejang otot anus internal dapat menunda penyembuhan.

1. Suntikan Botox dikaitkan dengan penyembuhan fisura anal kronis pada 50% hingga 80% pasien.
2. Sfingterotomi berhasil pada lebih dari 90% pasien. Meskipun jarang, prosedur ini dapat mempengaruhi kemampuan pasien untuk sepenuhnya mengontrol buang air besar atau gas.

Fisura sering muncul kembali. Fisura yang sembuh total dapat kembali setelah buang air besar yang keras atau trauma. Masalah medis seperti penyakit radang usus (penyakit Crohn), infeksi, atau tumor dubur dapat menyebabkan gejala yang mirip dengan fisura anus. Jika celah tidak membaik dengan pengobatan, penting untuk dievaluasi untuk kemungkinan kondisi lain. 

Fisura Ani/Fisura Anus Sebabkan Kanker Usus Besar?

Fisura ani tidak meningkatkan risiko kanker usus besar atau menyebabkannya. Namun, kondisi yang lebih serius dapat menyebabkan gejala serupa. Bahkan ketika celah telah sembuh sepenuhnya, ahli bedah usus besar dan dubur dapat meminta tes lain. Kolonoskopi dapat dilakukan untuk menyingkirkan penyebab lain dari perdarahan dubur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya