Meninggal Dunia, Hilbram Dunar Ternyata Berjuang Melawan Kanker Sejak Tahun Lalu

Hilbram Dunar
Sumber :
  • Instagram

JAKARTA  – Presenter Hilbram Dunar meninggal dunia pada hari ini, Minggu, 31 Maret 2024. Hilbram menghembuskan napas terakhirnya karena mengidap sakit kanker usus besar. Hilbram meninggal dunia di salah satu rumah sakit di kawasan Alam Sutera, Tangerang Selatan.

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

Jenazah Hilbram Dunar dimakamkan pada hari yang sama di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan. Pada saat ditemui, anak Hilbram Dunar, Ranu Ragusti Dunar mengungkap bahwa ayahnya itu didagnosa sakit kanker sejak Oktober 2023.

"Papa didiagnosa kanker tanggal 17 Oktober tapi keluarga udah tahu mungkin dari 5 hari sebelumnya, dikasih tahu sama dokter biar kita bisa siap-siap pas papa yang kasih tahu kita," kata Ranu di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan.

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

Ranu mengungkap kanker itu diketahui saat sudah masuk stadium empat. Saat awal-awal, Hilbram masih baik-baik saja dan semangat serta masih bisa bekerja.

"Pas kita baru tahu langsung stadium 4, terus tapi sebelum kemonya yang sesi pertama papa masih baik-baik aja, masih bersemangat, belum ada sakit-sakitnya. Masih kerja," kata Ranu.

Melahirkan Berulang Kali Dapat Menjadi Risiko Kanker Serviks, Benarkah?

Sebagai seorang ayah, Hilbram tampaknya tidak pernah mengeluh di depan anak-anaknya terkait sakit kanker yang diidapnya itu. 

"Sering (mengeluh saat sakit) tapi mungkin ngeluhnya lebih sering ke mama, ke anak-anaknya jarang karena mungkin papa maunya kita lihat papa kuat. Walaupun mama cerita ke aku, ke Via," kata Ranu. 

"Kalau di depan aku sama Via kelihatan (baik-baik saja)," tambahnya.

Sebagai seorang anak, Ranu menilai Hilbram semasa hidup sebagai sosok ayah yang luar biasa dan sangat ia kagumi. Hilbram adalah sosok ayah yang penyabar dan jarang marah.

"Di mataku papa itu orang yang aku kagumi banget, aku gede mau jadi papa. Aku gede mau jadi papa, keluarganya kayak papa. Sesayang papa. Papa jarang marah, papa orangnya sabar banget. Papa jarang ngeluh kalau di depan aku. Yang aku tahu, papa di mata aku paling the best," kata Ranu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya