10 Fakta Donor Sperma yang Menarik untuk Ditelusuri

Fakta donor sperma
Sumber :

VIVA – Donor sperma merupakan sebuah tindakan sukarela yang dilakukan oleh pria yang telah menyumbangkan cairan mani miliknya, yang berisikan sperma untuk pasangan atau wanita yang sedang ingin memiliki keturunan. Donor sperma begitu populer di beberapa negara, di antaranya Amerika Serikat, Belanda dan Inggris. 

Pria Ini Punya 180 Anak dari Donor Sperma tapi Kok Masih Single?

Donasi Sperma

Photo :
  • http://www.rinagu.com

Dilansir dari laman Men's Health, direktur laboratorium dan Bank of New England Cryogenic Center, Grace Centola mengungkapkan, jika donor sperma bukanlah proses yang mudah melainkan tindakan ini membutuhkan proses yang tidak sebentar. 

Mantan Suami Jadi Pendonor Sperma, Pasangan Lesbian Ini Melahirkan Seorang Anak

Seorang pria yang ingin melakukannya pun harus memenuhi sejumlah syarat dan prosedur yang ada. Prosesnya pun cukup rumit dan memakan waktu yang tidak sebentar. Pernahkah Anda bertanya-tanya, bagaimana bank sperma menyimpan sperma? Dan apa artinya sperma yang “dicuci” tersebut? Nah berikut ini terdapat 10 fakta donor sperma yang menarik untuk dibahas.

Berikut 10 fakta menarik tentang donor sperma

Negara Larang Pria Ini Donor Sperma

Ilustrasi sperma.

Photo :
  • Pixabay

1. Bagaimana sperma donor disimpan?

Cryos menyimpan sperma donor dalam tangki aman dengan nitrogen cair pada -196 derajat. Beberapa orang bertanya kepada kami apakah mereka dapat menyimpan sperma di freezer mereka sendiri. Sayangnya, freezer hanya -18 derajat dan karena itu jauh dari cukup dingin bagi sel sperma untuk bertahan hidup.    

2. Mengapa menggunakan donor sperma untuk bisa hamil ?

Ada tiga kelompok utama orang untuk menjawab pertanyaan satu ini; mengapa kita donor sperma? Kelompok-kelompok tersebut adalah pasangan heteroseksual yang mengalami masalah infertilitas, pasangan lesbi, dan semakin banyak wanita lajang yang telah memutuskan untuk menjadi ibu tunggal karena pilihan dan menciptakan keluarga tanpa pasangan.

3. Apa perbedaan antara sperma yang “dicuci” dan yang “tidak dicuci”?

Sperma yang telah dicuci disiapkan di laboratorium. Untuk mencuci sperma, teknisi laboratorium mengeluarkan cairan ejakulasi dan menambahkan pengawet krio sebelum membekukan sperma dalam botol plastik. Sperma yang dicuci juga disebut IUI-ready. Artinya, sperma siap digunakan untuk inseminasi intrauterin.

Sperma yang tidak dicuci mengandung semua cairan alami yang ada dalam ejakulasi pria dan satu-satunya persiapan yang telah dibuat adalah menambahkan pengawet krio yang membuat sperma siap bertahan untuk membeku.

4. Apa perbedaan antara Rilis Non-ID dan donor Rilis ID?

Donor sperma dapat memutuskan apakah mereka ingin menjadi  Non-ID Release atau ID Release Sperm Donor . Donor Non-ID Rilis berarti tidak ada yang akan pernah bisa mengetahui identitas donor sperma. Donor Pelepasan Identitas berarti bahwa seorang anak akan mendapatkan kesempatan untuk menerima alamat, nama, dan tanggal lahir terakhir dari donor sperma yang diketahui saat anak tersebut berusia 18 tahun.

5. Berapa banyak sperma yang cukup untuk kehamilan?

Ini adalah pertanyaan yang lebih rumit karena ini tergantung pada jenis perawatan yang dijalani pasien dan apa yang lebih disukai oleh klinik kesuburan. Untuk perawatan IUI , Cryos merekomendasikan penggunaan 1 jerami sperma MOT 10 (atau lebih tinggi).

Artinya ada 10 juta sel sperma pr. mililiter sperma. Pada akhirnya, hanya satu sel sperma yang dibutuhkan untuk membuahi sel telur. Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang motilitas dan kualitas sperma , kami dapat merekomendasikan mengikuti tautan. Sperma donor disimpan pada suhu -196 derajat di tangki nitrogen Cryos.

6. Siapa saja yang bisa menjadi pendonor?

Pria dari semua etnis dan ras bisa menjadi donor sperma. Namun, semua pendonor harus sehat jasmani dan rohani dan melalui program penyaringan yang ekstensif sebelum diterima dan mulai berdonasi di Cryos. Tentu saja, mereka juga harus memiliki kualitas sperma yang sangat baik. Pelamar dengan riwayat keluarga penyakit mental atau fisik herediter yang serius tidak dapat menjadi donor sperma.

7. Berapa batasan usia untuk pendonor sperma?

Pendonor di Cryos harus berusia antara 18 dan 45 tahun. Setelah usia 45 tahun, kualitas sperma pria mulai menurun, sehingga ada batasan usia untuk menjadi pendonor. Namun, bukan berarti pria memiliki kualitas sperma yang buruk setelah usia 45 tahun.

8. Berapa kompensasi donor sperma atas sumbangan mereka?

Donor sperma mendapatkan kompensasi atas waktu dan transportasi mereka setiap kali mereka menyumbang. Jumlahnya sekitar 50 EUR untuk setiap donasi.

9. Dapatkah Anda melihat gambar donor sperma?

Sebenarnya mungkin untuk melihat foto masa kecil dari banyak donor sperma di Cryos. Beberapa dari mereka juga memiliki foto diri mereka sebagai orang dewasa yang dilampirkan ke profil mereka. Tidak dipungut biaya untuk melihat foto masa kecil, dan jika Anda juga ingin melihat foto pendonor saat dewasa, Anda dapat membeli akses di  Pencarian Donor Sperma Cryos .

10. Apakah pendonor sperma memiliki hak sebagai orang tua?

Pendonor tidak memiliki hak asuh apapun atas anak pendonor yang lahir dengan bantuan sumbangannya. Oleh karena itu, seorang pendonor tidak akan pernah dianggap sebagai ayah yang sah dari anak-anak pendonor.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya