Tanda dan Gejala Kanker Payudara, Ada Benjolan Salah Satunya

Kanker payudara
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Tanda dan gejala kanker payudara sudah bisa diketahui sedari dini mungkin. Meskipun kanker payudara umumnya tidak menunjukkan gejala pada tahap awal, deteksi tepat waktu dapat mengubah kisah kanker payudara menjadi kisah penyintas.

Asia Pacific Breast Cancer Summit 2024, Bahas Pentingnya Deteksi Dini Kanker Payudara

Adanya benjolan pada payudara merupakan salah satu gejala yang paling umum. Tapi sekitar 1 dari 6 wanita dengan kanker payudara, spektrum gejala yang luas tidak termasuk benjolan. Dalam artikel ini kami akan membagikan beberapa informasi penting seputar kanker payudara, penyakit yang sangat rawang dialami oleh setiap wanita.

Kanker payudara

Photo :
  • U-Report
Rahasia Kebahagiaan dan Jantung Sehat: Berikan Kenikmatan Ini Buat Suami!

Tanda-tanda Peringatan Dini Kanker Payudara

Ilustrasi benjolan di payudara.

Photo :
  • U-Report

Benarkah Obat Herbal Bisa Sembuhkan Kanker? Begini Penjelasan Dokter

Nah sesuai topik yang akan kami bagikan dalam artikel ini, berikut ini akan kami bagikan tanda-tanda peringatan dini kanker payudara yang dialami oleh wanita. Sejak awal, seseorang mungkin melihat perubahan pada payudara seseorang saat tengah melakukan pemeriksaan pada payudaranya. Atau, ketika seseorang mengalami rasa sakit sedikit pada payudaranya yang tidak kunjung hilang.

Tanda- tanda awal kanker payudara yang harus diwaspadai meliputi:

- perubahan bentuk puting
- nyeri payudara yang tidak hilang setelah menstruasi berikutnya
- benjolan baru yang tidak kunjung hilang setelah haid berikutnya
- keluarnya cairan dari puting dari satu           
 - payudara yang bening, merah, coklat, atau kuning
- kemerahan yang tidak dapat dijelaskan, bengkak, iritasi kulit , gatal, atau ruam pada payudara
- pembengkakan atau benjolan di sekitar tulang selangka atau di bawah lengan
- Benjolan yang keras dengan tepi yang tidak beraturan lebih cenderung menjadi kanker.

Tanda-tanda selanjutnya dari kanker payudara
Tanda-tanda kanker payudara selanjutnya meliputi:

- retraksi, atau puting berputar ke dalam
- pembesaran satu payudara
- lesung pipi di permukaan payudara
- benjolan yang ada yang semakin besar
- tekstur "kulit jeruk" pada kulit
- nafsu makan buruk
- penurunan berat badan yang tidak disengaja
- pembesaran kelenjar getah bening di ketiak
- urat terlihat di payudara

Memiliki satu atau lebih dari gejala-gejala ini tidak selalu berarti Anda menderita kanker payudara. Keluarnya cairan dari puting, misalnya, juga bisa disebabkan oleh infeksi.  Temui dokter untuk evaluasi lengkap jika Anda mengalami salah satu dari tanda dan gejala kanker payudara di atas.

Apa itu payudara "normal"?

Payudara.

Photo :
  • U-Report

Seperti yang Anda duga, sebenarnya tidak ada yang namanya payudara "normal". Payudara setiap orang berbeda-beda. Jadi, ketika kita berbicara tentang normal, yang kami maksud adalah normal untuk Anda.  Ini tentang bagaimana payudara Anda biasanya terlihat dan terasa dan apa artinya jika ini berubah. Perlu dicatat bahwa itu umum untuk mengalami perubahan payudara selama ovulasi. Ini mungkin ada hubungannya dengan retensi cairan ekstra, yang dapat menyebabkan:

- pembengkakan
- kelembutan, nyeri
- rasa sakit
- kekasaran
Gejala-gejala ini akan hilang setelah Anda memulai menstruasi.

Periksa payudara sendiri

Pemeriksaan diri secara teratur dapat membantu Anda mengetahui bagaimana tampilan dan rasa payudara Anda secara normal, sehingga Anda akan mengenali perubahan sejak dini. Inilah yang harus dicari:

- perbedaan ukuran, bentuk, atau warna             
- payudara secara keseluruhan 
- lesung pipit atau tonjolan kulit
- kemerahan, nyeri, ruam, atau bengkak
- inversi puting, keluarnya cairan yang tidak biasa

Cara Pemeriksaan Payudara Sendiri

Sebelum konsultasi ke dokter, Anda bisa memastikan kondisi Anda sendiri. Dan berikut ini beberapa cara melakukan pemeriksaan payudara sendiri.

- Berdirilah di depan cermin dengan bahu lurus dan lengan di pinggul. Periksa payudara Anda secara visual.
- Ulangi dengan tangan terangkat.
- Berbaring telentang untuk merasakan payudara Anda. Pertama, gunakan tangan kanan Anda untuk memeriksa payudara kiri Anda. Gunakan bantalan jari Anda dan gerakkan dalam gerakan melingkar untuk merasakan benjolan atau perubahan lainnya. Pastikan untuk menutupi seluruh payudara, dari bagian tengah dada hingga ketiak dan dari perut hingga tulang selangka.
- Ulangi menggunakan tangan kiri Anda untuk memeriksa payudara kanan Anda.
- Ulangi sambil berdiri atau duduk. Anda mungkin merasa lebih mudah melakukannya di kamar mandi.

Pencegahan kanker payudara: Cara mengurangi risiko Anda

Pencegahan kanker payudara dimulai dengan kebiasaan sehat, seperti membatasi alkohol dan tetap aktif secara fisik. Pahami apa yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko kanker payudara.

Jika Anda khawatir tentang mengembangkan kanker payudara, Anda mungkin bertanya-tanya apakah ada langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk membantu mencegah kanker payudara. Beberapa faktor risiko, seperti riwayat keluarga, tidak dapat diubah. Namun, ada perubahan gaya hidup yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan risiko.

Apa yang dapat saya lakukan untuk mengurangi risiko kanker payudara?

Penelitian menunjukkan, bahwa perubahan gaya hidup dapat menurunkan risiko kanker payudara, bahkan pada wanita yang berisiko tinggi. Untuk menurunkan risiko Anda, lakukan beberapa hal di bawah ini;

1. Batasi alkohol. Semakin banyak alkohol yang Anda minum, semakin besar risiko Anda terkena kanker payudara. Rekomendasi umum - berdasarkan penelitian tentang efek alkohol pada risiko kanker payudara - adalah membatasi diri Anda tidak lebih dari satu gelas sehari, karena bahkan jumlah kecil meningkatkan risiko.

2. Pertahankan berat badan yang sehat. Jika berat badan Anda sehat, berusahalah untuk mempertahankan berat itu. Jika Anda perlu menurunkan berat badan, tanyakan kepada dokter Anda tentang strategi sehat untuk mencapai hal ini. Kurangi jumlah kalori yang Anda makan setiap hari dan perlahan-lahan tingkatkan jumlah olahraga.

3. Aktif secara fisik. Aktivitas fisik dapat membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat, yang membantu mencegah kanker payudara. Kebanyakan orang dewasa yang sehat harus melakukan setidaknya 150 menit seminggu aktivitas aerobik sedang atau 75 menit aktivitas aerobik yang kuat setiap minggu, ditambah latihan kekuatan setidaknya dua kali seminggu.

4. Menyusui. Menyusui mungkin memainkan peran dalam pencegahan kanker payudara. Semakin lama Anda menyusui, semakin besar efek perlindungannya.

5. Batasi terapi hormon pascamenopause. Terapi kombinasi hormon dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Bicarakan dengan dokter Anda tentang risiko dan manfaat terapi hormon. Anda mungkin dapat mengelola gejala Anda dengan terapi dan obat-obatan nonhormonal. Jika Anda memutuskan bahwa manfaat terapi hormon jangka pendek lebih besar daripada risikonya, gunakan dosis terendah yang sesuai untuk Anda dan terus minta dokter memantau lamanya waktu Anda mengonsumsi hormon.

Bisakah diet sehat mencegah kanker payudara?

Makan makanan yang sehat dapat menurunkan risiko beberapa jenis kanker, serta diabetes, penyakit jantung, dan stroke. Misalnya, wanita yang mengonsumsi makanan Mediterania yang dilengkapi dengan minyak zaitun extra-virgin dan kacang-kacangan campuran mungkin memiliki penurunan risiko kanker payudara. 

Diet Mediterania sebagian besar berfokus pada makanan nabati, seperti buah-buahan dan sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan kacang-kacangan. Orang yang mengikuti diet Mediterania memilih lemak sehat, seperti minyak zaitun, daripada mentega dan makan ikan daripada daging merah.

Mempertahankan berat badan yang sehat juga merupakan faktor kunci dalam pencegahan kanker payudara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya