Resep Teh Habbatusauda, Jaga Gula Darah saat Puasa

Cek kadar gula darah..
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Habbatussauda (Nigella sativa) adalah jintan hitam yang digunakan pengobatan herbal dengan berbagai khasiat baik bagi kesehatan tubuh. Tak heran, konsumsi herbal ini dianggap penting di masa pandemi, terutama saat ramadhan ini dan hari raya Idul Fitri nanti.

9 Karbohidrat yang Sehat dan Aman untuk Penderita Diabetes, Bebas Khawatir Gula Darah Naik!

Biji jintan hitam dipakai sebagai obat herbal untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jintan hitam berasal dari Asia Barat dan Asia Selatan dan sudah dikonsumsi selama 2.000 tahun. Menurut pakar herbal dr. Muthoharrah, M.Si (Herbal), herbal ini berguna untuk mengendalikan gula darah tetap stabil.

"(Kendalikan gula darah) itu fakta. Kandungan herbal ini kompleks. Fungsinya, dengan cara tingkatkan aktivitas pankreas untuk tingkatkan insulin. Menurunkan resistensi insulin juga," terangnya dalam acara Hidup Sehat, TvOne, Senin 18 April 2022.

Resep Ramuan Herbal untuk Redakan Demam, Cuma Pakai 3 Bahan

Ada pun untuk mengendalikan gula darah sendiri baik digunakan bagi pengidap diabetes maupun mereka yang masih sehat sebagai langkah pencegahan. Dalam mengonsumsinya, dokter yang akrab disapa dengan panggilan Mute ini menyarankan agar dikombinasikan dengan teh hitam.

"Caranya kombinasikan dengan teh hitam. Nggak apa-apa sebenarnya bukan teh hitam juga. Paling bagus diminum pagi sebelum makan dan malam sesudah makan dua kali sehari. Bedanya herbal dengan obat kimia, kalau herbal (efeknya) nggak langsung besar. Jadi nggak bikin lemes saat puasa," imbuhnya.

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Selain itu, habbatussauda juga bermanfaat baik dalam pencegahan kanker. Dokter Mute menjelaskan bahwa salah satu pemicu kanker adalah radikal bebas, di mana herbal ini tinggi kadar antioksidan yang melawan radikal bebas tersebut.

"Kombinasikan dengan 1 gelas jus anggur (dari buah anggur segar). Setengah sendok teh habbatussauda. Konsumsi sehari 3 kali. Anggur kaya polifenol juga jadi bisa cegah kanker. Sebetulnya karena kandungan antioksidan dan antikanker anggur tinggi makanya kombinasikan dengan anggur," pungkasnya.

Daun salam

Daun Salam Ternyata Bisa Turunkan Hipertensi, Gimana Caranya?

Menurunkan tekanan darah selain dengan menggunakan obat-obatan dari dokter ternyata juga bisa menggunakan daun salam. Kok bisa?

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024