16 Manfaat Luar Biasa Buah Anggur untuk Kesehatan

Ilustrasi buah anggur.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Memiliki bentuk dan warna yang cantik, buah anggur bukan sekadar buah penghias meja makan. Buah tropis dengan rasanya yang manis dan asam ini tenyata juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. 

Kembangkan Pemasaran, Buah Anggur Premium Australia Makin Mudah Dinikmati

Dikutip laman Healthline, karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, banyak petani membudidayakan unggur selama ribuan tahun. Bahkan beberapa peradaban kuno hingga kini masih membudidayakan pembuatan minuman anggur. 

Anggur memiliki banyak warna, hijau, merah, hitam, kuning, dan merah muda. Bukan hanya segar disantap anggur menawarkan banyak manfaat kesehatan, terutama karena kandungan nutrisi dan antioksidannya yang tinggi.

10 Manfaat Buah Anggur Ini Baik untuk Kesehatan Tubuhmu!

Berikut adalah 16 manfaat kesehatan dari buah anggur.

1. Kaya Nutrisi 
Anggur kaya akan beberapa nutrisi penting. Dalam 1 cangkir (151 gram) anggur merah atau hijau mengandung:

Nama Cucu Jokowi Dijadikan Nama Buah Anggur Varietas Baru

Buah anggur.

Photo :
  • U-Report

Kalori: 104
Karbohidrat: 27 gram
Protein: 1 gram
Lemak: 0,2 gram
Serat: 1,4 gram
Tembaga: 21 persen dari nilai harian (DV)
Vitamin K: 18 persen dari DV
Tiamin (vitamin B1): 9 persen dari DV
Riboflavin (vitamin B2): 8 persen dari DV
Vitamin B6: 8 persen dari DV
Kalium: 6 persen dari DV
Vitamin C: 5 persen dari DV
Mangan: 5 persen dari DV
Vitamin E: 2 persen dari DV

Anggur adalah sumber yang kaya akan tembaga dan vitamin K. Tembaga adalah mineral penting yang terlibat dalam produksi energi, sedangkan vitamin K sangat penting untuk pembekuan darah dan kesehatan tulang. 

Anggur juga menyediakan vitamin B dalam jumlah yang baik seperti tiamin, riboflavin, dan B6. Baik tiamin dan riboflavin dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan, sedangkan B6 terutama dibutuhkan untuk metabolisme protein. 

2. Menyehatkan Jantung

Anggur dapat meningkatkan kesehatan jantung dalam beberapa cara. Dapat membantu menurunkan tekanan darah juga. Satu cangkir (151 gram) anggur mengandung 6 persen DV untuk kalium. Mineral ini diperlukan untuk menjaga tingkat tekanan darah yang sehat. Bukti menunjukkan bahwa kalium membantu menurunkan tekanan darah terutama dengan membantu melebarkan arteri dan vena. Ini juga dapat membantu mengeluarkan natrium dan mencegah penyempitan arteri dan vena yang sebaliknya akan meningkatkan tekanan darah.

Namun, tinjauan dari 32 penelitian menentukan bahwa asupan kalium yang terlalu rendah dan terlalu tinggi dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Peneliti menyarankan untuk tetap berpegang pada rekomendasi asupan harian saat ini sebesar 4,7 gram. 

3. Menurunkan Kolesterol 

Senyawa yang ditemukan dalam anggur dapat membantu melindungi tubuh terhadap kadar kolesterol tinggi dengan mengurangi penyerapan kolesterol. Dalam studi 8 minggu pada 69 orang dengan kolesterol tinggi, makan 3 cangkir (500 gram) anggur merah per hari membantu menurunkan kadar kolesterol total dan LDL (jahat). Namun, anggur putih tidak memiliki efek yang sama. Selain itu, diet tinggi resveratrol – antioksidan dalam anggur – seperti diet Mediterania telah terbukti menurunkan kadar kolesterol.

4. Tinggi antioksidan
Antioksidan adalah senyawa yang membantu memperbaiki kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas — molekul berbahaya yang menyebabkan stres oksidatif. Stres oksidatif dikaitkan dengan beberapa kondisi kesehatan kronis, termasuk diabetes, kanker, dan penyakit jantung.

Anggur kaya akan beberapa antioksidan kuat. Konsentrasi antioksidan tertinggi ditemukan di kulit dan bijinya. Namun, beberapa faktor dapat memengaruhi konsentrasinya, termasuk varietas anggur, kematangan, penyimpanan pasca panen, dan faktor lingkungan. Yang cukup menarik, senyawa bermanfaat ini tetap ada bahkan setelah fermentasi, itulah sebabnya anggur juga merupakan sumber antioksidan.

Beberapa varietas anggur mengandung kandungan antosianin yang lebih tinggi, kelas flavonoid yang memberi buah ini warna oranye, merah, biru, merah muda, dan ungu. Penelitian pada manusia dan hewan menunjukkan bahwa anthocyanin dapat membantu mencegah atau mengobati penyakit otak dan jantung.

Antioksidan penting lainnya dalam buah ini adalah resveratrol dan quercetin, yang dapat melindungi dari penyakit jantung, kadar gula darah tinggi, dan kanker. Anggur juga mengandung vitamin C, beta karoten, lutein, dan asam ellagic, yang juga merupakan antioksidan kuat.

5. Memiliki efek antikanker
Antioksidan dalam anggur dapat melindungi dari jenis kanker tertentu. Resveratrol, antioksidan dalam buah ini, dapat membantu dengan mengurangi peradangan, bertindak sebagai antioksidan, dan menghalangi pertumbuhan dan penyebaran sel kanker di tubuh Anda. Anggur juga mengandung antioksidan quercetin, anthocyanin, dan catechin - yang semuanya mungkin memiliki efek melawan kanker.

Uji tabung dan penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak anggur dapat memblokir pertumbuhan dan penyebaran sel kanker usus besar dan payudara manusia. Selain itu, penelitian selama 2 minggu pada 30 orang menemukan bahwa mereka yang berusia di atas 50 tahun yang makan 0,3-1 pon (150-450 gram) anggur per hari mengalami penurunan penanda risiko kanker usus besar. Meski harus dilakukan lebih banyak penelitian pada manusia, namun diet tinggi makanan kaya antioksidan, seperti anggur, telah dikaitkan dengan risiko kanker yang lebih rendah.

6. Dapat melindungi terhadap diabetes dan menurunkan kadar gula darah
Anggur mengandung 23 gram gula per cangkir (151 gram), yang mungkin membuat Anda bertanya-tanya apakah itu pilihan yang baik untuk penderita diabetes.

Jika melihat peringkat indeks glikemik (GI) - ukuran seberapa cepat makanan meningkatkan gula darah Anda, Anda akan melihat bahwa itu berkisar 49-59, tergantung pada varietas anggur. Demikian pula, definisi GI rendah bervariasi tergantung pada sumbernya — beberapa orang menganggap di bawah 55 sebagai rendah, sementara yang lain menganggap di bawah 50 sebagai rendah.

Ini berarti bahwa skor GI anggur dapat berkisar dari rendah hingga sedang, dalam hal ini mereka dapat meningkatkan kadar gula darah Anda pada kecepatan yang lambat atau sedang tetapi tidak selalu meningkatkannya. Namun, perlu diingat bahwa makan terlalu banyak makanan GI rendah akan memiliki efek yang sama pada gula darah seperti makan makanan GI tinggi. Jadi, yang terbaik adalah makan anggur dalam jumlah sedang.

Selain itu, senyawa yang ditemukan dalam anggur dapat membantu meningkatkan penanda respons insulin.

Dengan kata lain, meskipun anggur mengandung gula tinggi, GI rendah hingga sedang membuatnya cukup aman untuk dikonsumsi jika Anda menderita diabetes. Selain itu, senyawa dalam anggur dapat melindungi terhadap gula darah tinggi.

7. Bermanfaat untuk kesehatan mata

Senyawa tanaman dalam anggur dapat melindungi terhadap penyakit mata umum. Misalnya, dalam sebuah penelitian pada tikus, mereka yang diberi makan anggur menunjukkan tanda-tanda kerusakan retina yang lebih sedikit dan memiliki fungsi retina yang lebih baik daripada tikus yang tidak diberi buah. 

Selain itu, dalam penelitian tabung reaksi, resveratrol ditemukan untuk melindungi sel retina di mata manusia dari sinar ultraviolet A (UVA). Ini dapat menurunkan risiko degenerasi makula terkait usia (AMD), penyakit mata yang umum.

Menurut satu ulasan, resveratrol juga dapat melindungi terhadap glaukoma, katarak, dan penyakit mata diabetes.

Anggur juga mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin, yang telah terbukti membantu menjaga kesehatan mata, meningkatkan kinerja visual, dan mencegah penyakit mata terkait usia.

8. Dapat meningkatkan daya ingat, perhatian, dan suasana hati
Makan anggur dapat meningkatkan daya ingat dan kesehatan otak.

Dalam studi 12 minggu pada 111 orang dewasa yang lebih tua yang sehat, mengonsumsi 250 mg suplemen anggur setiap hari secara signifikan meningkatkan skor pada tes yang mengukur perhatian, memori, dan bahasa, dibandingkan dengan nilai dasar.

Studi lain pada orang dewasa muda yang sehat menunjukkan bahwa minum 7,8 ons (230 mL) jus anggur meningkatkan suasana hati dan kecepatan keterampilan yang berhubungan dengan memori 20 menit setelah konsumsi.

9. Meningkatkan kesehatan  tulang
Anggur mengandung banyak mineral yang diperlukan untuk kesehatan tulang, termasuk potasium, mangan, dan vitamin B, C, dan K, yang membantu mencegah osteoporosis, suatu kondisi yang menyebabkan tulang rapuh.

Selain itu, penelitian pada hewan dan manusia menunjukkan bahwa resveratrol dapat meningkatkan kepadatan tulang. Namun, penelitian pada manusia saat ini masih kurang. Dan yang pasti, anggur mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan tulang, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan pada manusia.

10. Dapat melindungi dari bakteri dan jamur
Beberapa senyawa dalam anggur dapat melindungi dari mikroorganisme berbahaya.

Misalnya, resveratrol memiliki sifat antimikroba yang menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur seperti Campylobacter jejuni dan Candida albicans.

Ini juga dapat melindungi terhadap penyakit bawaan makanan. Ketika ditambahkan ke berbagai jenis makanan, resveratrol membantu mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya, seperti E. coli. Senyawa lain dalam anggur dengan aktivitas antimikroba termasuk anthocyanin, yang dapat menghancurkan dinding sel bakteri.

Terakhir, anggur adalah sumber vitamin C yang baik, yang terkenal dengan manfaat sistem kekebalannya.

11. Dapat memperlambat tanda-tanda penuaan dan meningkatkan umur panjang

Senyawa tanaman dalam anggur dapat mempengaruhi penuaan dan umur. Penelitian menunjukkan bahwa resveratrol dapat menunda tanda-tanda penuaan dengan meniru efek menguntungkan dari pembatasan kalori, seperti mengurangi stres oksidatif, meningkatkan ketahanan stres, dan meningkatkan respons inflamasi.

Perlu diingat bahwa manfaat ini hanya terlihat dalam penelitian pada hewan. Selain itu, resveratrol mengaktifkan gen SirT1, yang diaktifkan oleh diet rendah kalori dan telah dikaitkan dengan rentang hidup yang lebih lama.

Resveratrol juga mengaktifkan sirtuin, protein yang mengatur proses seluler seperti penuaan dan kematian sel.

12. Dapat menurunkan peradangan

Anggur mengandung senyawa dengan efek anti-inflamasi, yang pada gilirannya dapat melindungi terhadap penyakit kronis.

13. Bermanfaat bagi kesehatan kulit dan rambut

Resveratrol mungkin memiliki banyak efek perlindungan pada kulit dan rambut Anda. Faktanya, senyawa ini telah mendapatkan popularitas dalam produk kosmetik karena menembus penghalang kulit dan meningkatkan konsentrasi kolagen, serta melindungi terhadap kerusakan UV dari paparan sinar matahari. Resveratrol antioksidan dalam anggur dapat melindungi kulit Anda dari kerusakan dan meningkatkan pertumbuhan rambut tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan.

14. Memiliki efek anti-obesitas
Antioksidan dalam anggur dapat memerangi obesitas dengan menghambat nafsu makan dan mencegah penambahan berat badan. Namun, penelitian pada manusia masih kurang.

15. Dapat meredakan sembelit
Sebagai sumber air dan serat yang baik, anggur dapat membantu meringankan sembelit.

16. Meningkatkan kualitas tidur

Ilustrasi wanita tidur

Photo :
  • pixabay.com

Faktanya, penelitian telah menentukan bahwa anggur adalah sumber alami melatonin, hormon yang meningkatkan kualitas tidur yang mengatur siklus tidur-bangun Anda.

Yang cukup menarik, melatonin ditemukan terutama di kulit anggur, itulah sebabnya melatonin juga ada dalam produk seperti jus anggur dan buah anggur.

Karena melatonin bekerja bersama dengan jam internal Anda, waktu asupan merupakan faktor penting untuk dipertimbangkan. Jika Anda makan buah anggur untuk membantu Anda tidur, usahakan untuk mengonsumsinya di awal malam.

17. Makanan diet sehat

Buah Anggur

Photo :
  • U-Report

Anggur lezat, serbaguna, dan mudah dimasukkan ke dalam makanan sehat. Anggur bisa dijadikan camilan atau ditambahkan ke dalam aneka menu makanan. Jus anggur dan anggur merah dalam jumlah sedang dapat memberikan manfaat juga.

Perlu diketahui, saat ini sedang musimnya buah Anggur Australia segar, yang dipetik langsung dari perkebunan. Ini berarti kampanye Taste Australia hadir kembali di Indonesia untuk para pecinta buah-buahan agar mencoba dan membeli buah anggur Australia yang segar, manis, dan renyah. Berkat geologi yang beragam dan iklim mikro yang unik di seluruh Australia, buah anggur Australia tersedia untuk diekspor dari Januari hingga Mei.

Lewat rilis yang diterima VIVA diinformasikan bahwa Australia mengekspor berbagai varietas buah anggur-dengan dan tanpa biji- ke Indonesia, termasuk di antaranya varietas Red Globe, Crimson Seedless, Thompson Seedless, Autumn Royal, Moondrop dan Midnight Beauty.

Taste Anggur Australia

Photo :
  • Kartika Oman

Sebagai pemasok terbesar buah anggur dari belahan bumi selatan ke Indonesia, Australia mengekspor lebih dari 15.000 ton ke negara ini tahun lalu, dan tahun ini diharapkan ekspornya lebih meningkat lagi.

Masyarakat Indonesia akan menikmati peningkatan volume dari buah anggur yang dieskpor oleh Australia sebanyak 20 persen karena adanya  varietas baru, serta rasa anggur yang ekstra lezat dan manis berkat musim dingin yang kering dan suhu di bawah nol selama musim tanam.

CEO Asosiasi Buah Anggur Australia (ATGA), Jeff Scott mengatakan, “Musim ekspor buah anggur  Australia sekarang berjalan lancar.

“Industri buah  anggur Australia berkomitmen untuk memproduksi buah berkualitas tinggi, menggunakan standar kualitas paling ketat dan praktik pertanian inovatif untuk meningkatkan pengalaman konsumen akan buah terbaik,” kata Scott .

Taste Australia

Photo :
  • Kartika Oman

“Petani kami mengikuti praktik pertanian ramah lingkungan, standar kualitas dan keamanan yang tinggi untuk menghasilkan buah anggur alami yang lezat, yang dikirim langsung ke konsumen kami di Indonesia,” katanya.

Lebih dari 95 persen buah anggur  yang diekspor oleh Australia, ditanam di wilayah Sunraysia-yang terletak di sepanjang Sungai Murray di Victoria dan New South Wales. Tanah Sunraysia yang subur, iklim yang hangat, dan dekat dengan sumber air menjadikan area Sunraysia lingkungan tumbuh yang ideal untuk hasil alam terbaik bagi konsumsi. Tanah yang subur, hari-hari musim panas yang hangat, malam yang sejuk, dan siang hari yang panjang telah  menghasilkan buah anggur dengan rasa manis yang intens dan warna merah, hitam, atau hijau yang menarik .

Buah anggur Australia sangat baik untuk konsumsi seluruh keluarga karena termasuk jenis  makanan dengan GI rendah, yang membantu menstabilkan kadar glukosa darah setelah makan. Karena buah anggur mengandung 80 persen air dan mengandung banyak serat, buah anggur juga bermanfaat bagi pemenuhan kebutuhan cairan tubuh  dan meningkatkan kesehatan usus. Buah anggur adalah makanan super alami dan bagi mereka yang menambahkan sajian buah anggur  untuk diet harian,  maka mereka akan  menikmati peningkatan antioksidan.

Tahukah Anda bahwa buah anggur Australia dapat dimakan langsung dari tandannya? Tidak perlu mengupas atau menghilangkan bijinya, cukup bilas sebelum makan dan nikmati rasa musim panas Australia. Buah anggur adalah makanan tambahan yang sempurna untuk bekal makan siang anak-anak atau makanan ringan di tempat kerja untuk memberi energi kembali serta mengembalikan kembali cairan tubuh bagi mereka yang aktif. Mengkonsumsi buah anggur akan sangat membantu Anda yang  menjalani gaya hidup yang sibuk.

Untuk mencicipi beragam buah anggur Australia premium, kunjungi supermarket yang berpartisipasi termasuk FoodHall, AEON, Ranch Market, HERO dan Hypermart, dan nikmati sensasi musim anggur merah, hitam, atau hijau. Buah Anggur Australia yang sangat disukai ini akan sangat segar dan manis – siap untuk disantap!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya