Bolehkah Donor Darah Dilakukan Saat Puasa?

Donor Darah
Sumber :
  • Kartika Oman

VIVA – Melakukan kebaikan di bulan Ramadhan sangat dianjurkan untuk menambah pahala. Bahkan ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meraih pahala di bulan Ramadhan. Tak melulu harus memberikan bantuan berupa materi, melakukan donor darah juga bisa lo dilakukan. Tapi ada syaratnya? Apakah itu?

Polisi Gagalkan Penyeludupan Puluhan PMI Ilegal di Perairan Sumut saat Menuju Malaysia

Menjalani donor darah di bulan puasa ternyata boleh boleh saja. Dr.Endang Pratiwi Unit PMI Pusat DKI Jakarta memberikan penjelasan tentang donor darah.

Dr. Endang mengatakan, ia sangat bersemangat saat diminta forum Kartika Indonesia untuk kerjasama dengan PMI Provinsi DKI Jakarta. Pihaknya menanggapi dengan senang, bersemangat karena di bulan puasa ini stok darah dan keinginan masyarakat untuk mendonorkan darahnya sangat kurang. Sehingga, dengan adanya kegiatan donor darah yang digelar oleh fprum Kartika Indonesia, sangat membantu untuk kelancaran pelayanan transfusi darah di rumah sakit.

Barang Kiriman TKI Bebas Pajak Bakal Naik Jadi Maksimal US$2.800 per Tahun

"Pasien banyak membutuhkan jadi saya sampaikan kepada masyarakat, pada teman-teman semua jangan takut untuk donor darah jadi sudah masuk waktunya, donor darah tidak membatalkan puasa, tidak membuat lemas karena itu sudah ada perhitungannya karena ada tipsnya yang mungkin harus disampaikan ya memang harus sahur," kata Dr Endang.

Selain wajib sahur, Dr Endang juga mengatakan, saat ingin mendonorkan darah, sang pendonor juga harus dalam keadaan sehat. "Dengan dalam keadaan sehat dan marilah kita berdonor yang jelas kita sehat dan mereka pasien akan selamat," katanya lagi. 

Pemerintah Resmi Cabut Aturan Pembatasan Barang Kiriman Pekerja Migran 

Dr Endang juga mengatakan, selang waktu untuk melakukan donor sarah adalah 2 bulan atau 60 hari. "Dan hari ke 61 sudah boleh donor lagi,” imbaunya.

Perlu diketahui, Forum Kartika Indonesia Bersama Opsinews menyelengarakan HUT 36 tahun Raden Ajeng Tumenggung Kartika Oman Putri Wijaya,SS,SH yang juga sebagai CEO dari media online Opsinews.id ke-2 bersinergi PMI Pusat DKI Jakarta melaksanakan kegiatan bakti sosial berupa Donor Darah yang diikuti dengan antusias oleh para ASN di lingkungan Pemkot Bekasi dan masyarakat.

Sandi Tumiwa ikut rayakan ulang tahun Kartika Oman

Photo :
  • Kartika Oman

Bertempat di Gedung Balai Patriot Komplek Pemkot Kota Bekasi,Jl.RW Tembaga IV No.1 Marga Jaya Bekasi Selatan,Kota Bekasi,Jumat, 22 April 2022. Tak hanya menggelar donor darah, Forum Kartika Indonesia selaku penyelenggara juga menyiapkan 350 botol minyak goreng untuk dibagikan pada warga yang datang untuk donor darah.

“Ulang tahun saya kali ini, kenapa berbeda dari sebelumnya. Biasanya dilakukan santunan, 100 atau 200 anak yatim, pesta pesta dengan teman-teman di hotel bintang lima kali ini aku di adakan donor darah berkerjasama dengan PMI Pusat DKI juga dengan Dinas Kesehatan Kota Bekasi juga PLT.Walikota Bekasi tentunya," ujar Tika sapaan Kartika Oman yang di perayaan ulang tahunnya juga turut dihadiri oleh artis, Sandi Tumiwa.

Tika berharap, baksos dan donor darah yang dilakukan kali ini bisa bermanfaat. "Harapan saya semoga di masa hidup saya selagi masih bisa bernafas, sehat, bisa berbagi terus sama orang dan berharap bisa menjadi manusia yang bermanfaat. Kepada teman-teman sudahlah stop hura-huranya, lebih baik kita adakan donor darah, kita santunan dan apa yang lebih bermanfaat," kata Tika yang juga berharap tahun ini bisa menikah dan menjalankan ibadah haji.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya