7 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan, dari Hipertensi Sampai Iritasi

Ilustrasi lidah buaya/aloe vera.
Sumber :
  • Pixabay/casellesingold

VIVA – Manfaat lidah buaya untuk kesehatan tampaknya membuat tanaman ini menjadi primadona berbagai produk, terlebih untuk produk kosmetik. Salah satu yang paling umum kita ketahui adalah lidah buaya bermanfaat untuk menyuburkan dan menyehatkan rambut. Selain itu, tanaman hijau yang memiliki duri ini sangat mudah dalam perawatannya, karena bisa langsung ditanam di dalam pot serta tidak memerlukan banyak air.

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Di Indonesia sendiri, biasanya lidah buaya dimanfaatkan sebagai bahan untuk menyuburkan rambut sampai perawatan untuk kulit. Tak heran karena memang lidah buaya mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B1, kalsium, magnesium, zinc, dan fosfor. Selain itu, tanaman ini juga memiliki senyawa lain seperti glukosa, manosa, hamosa, dan selulosa. 

Kandungan tersebut yang menjadikan lidah buaya dimanfaatkan sebagai bahan pokok untuk berbagai produk kesehatan dan kecantikan tubuh. Dalam dunia kesehatan, yang paling banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal adalah bagian daunnya. Sebab, di dalam daun lidah buaya ada daging dan getah gel yang bersifat antiseptik, antipuritik, anestetik, antijamur, antiinflamasi, dan afrodisiak. Nah, berikut adalah ulasan selengkapnya yang disadur dari Everydayhealth

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

1. Manfaat Lidah Buaya untuk Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah

Photo :
  • Times of India
Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Hipertensi, atau tekanan darah tinggi, adalah "pembunuh diam-diam," menurut American Heart Association (AHA). Meskipun beberapa orang tidak menunjukkan tanda-tanda atau gejala dari kondisi tersebut, tekanan darah tinggi secara perlahan dapat merusak pembuluh darah, menempatkan mereka pada risiko stroke, serangan jantung, dan komplikasi lainnya.

Lidah buaya bukanlah pengganti olahraga, makan sehat, dan obat-obatan, yang semuanya dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi, menurut AHA. Tapi mungkin menawarkan beberapa manfaat sebagai terapi komplementer.Dalam penelitian sebelumnya, 90 orang dengan diabetes yang tidak bergantung pada insulin menerima 100 mg bubuk gel lidah buaya.

Kemudian ada juga yang menerima 200 mg bubuk gel lidah buaya yang tidak melakukan pengobatan selama tiga bulan. Mereka  juga mendapatkan penyuluhan gizi. Ketika peneliti mengevaluasi subjek setelah tiga dan enam bulan, mereka menemukan bahwa bubuk lidah buaya membantu mengurangi tekanan darah sistolik dan diastolik dari kedua kelompok.

2. Manfaat Lidah Buaya untuk Menstabilkan Gula Darah

Cek gula darah

Photo :
  • U-Report

Lebih dari 30 juta orang di Amerika Serikat menderita diabetes (kebanyakan kasus adalah diabetes tipe 2) dan lebih dari 84 juta orang dewasa di Amerika menderita pradiabetes, menurut data yang diberikan oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Melakukan diet sehat dan aktivitas fisik membantu menurunkan risiko diabetes dan meningkatkan gula darah. 

Tetapi ada juga bukti yang menunjukkan manfaat potensial lidah buaya pada kontrol glikemik, seperti yang dilaporkan dalam tinjauan sistematis dari delapan uji coba terkontrol secara acak yang diterbitkan pada Maret 2016 di Journal of Clinical Pharmacy and Therapeutics.

Lidah buaya meningkatkan kontrol glikemik pada orang dengan pradiabetes dan diabetes tipe 2 bila digunakan sebagai suplemen atau diberikan secara oral dengan jus, bubuk, atau ekstrak. Ini menurunkan glukosa plasma pada mereka dengan pradiabetes, dan secara signifikan meningkatkan A1C pada individu yang menderita diabetes tipe 2.

Periset mendalilkan asosiasi itu karena kemampuan lidah buaya untuk mengurangi penyerapan glukosa di saluran pencernaan dan menurunkan produksi glukosa; dan mereka mendorong penelitian berkualitas tinggi lebih lanjut untuk mengukur efek lidah buaya pada kontrol glikemik.

3. Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Gigi

Menjaga Kesehatan Gigi

Photo :
  • U-Report

Lidah buaya bisa menjadi tambahan yang tak terduga berguna untuk kesehatan mulut kamu, berkat sifat anti-plak dan anti-gingivitis. Percobaan acak triple-blind sebelumnya mengalokasikan 345 subjek ke dalam tiga kelompok yang terdiri dari 115, sebelum meminta mereka untuk berkumur dua kali sehari dengan obat kumur tertentu selama 30 hari. 

Satu kelompok menerima obat kumur berbahan dasar lidah buaya, satu kelompok lainnya menerima obat kumur yang mengandung klorheksidin germisida populer glukonat, dan satu kelompok terakhir menerima obat kumur plasebo air suling. Setelah 30 hari, obat kumur berbasis lidah buaya sama efektifnya dalam mengurangi perdarahan gingiva dan plak seperti obat kumur klorheksidin bila dibandingkan dengan kelompok plasebo.

4. Manfaat Lidah Buaya untuk Merangsang Produksi Kolagen dan Melawan Penuaan Kulit

Bahaya gula mempercepat proses penuaan kulit.

Photo :
  • U-Report

Lidah buaya telah digunakan sebagai bahan dalam produk perawatan kulit mulai dari pelembab hingga masker wajah. Bahan ini juga bisa dapat dipakai untuk produk pelembab. Menerapkan pelembab merupakan langkah penting dalam hal kecantikan kamu karena menjebak air di kulit sampai membantunya tampak lebih muda.

Sementara itu, kulit kering, di sisi lain, menyebabkan sel-sel kulit yang montok mengerut sehingga menyebabkan kerutan dini. Lidah buaya memiliki jumlah mukopolisakarida yang tinggi, molekul hidrasi yang menjaga kelembapan kulit. Asam hialuronat adalah bahan perawatan kulit populer yang terkenal karena sifatnya yang menghidrasi dan anti-penuaan.

5. Manfaat Lidah Buaya untuk Menenangkan Peradangan Terbakar Sinar Matahari

Wajah bagian kiri terlihat lebih keriput karena terkena sinar matahari

Photo :
  • Independent

Ini adalah salah satu manfaat lidah buaya yang paling terkenal. Setelah sengatan matahari yang parah, kamu harus mengoleskan gel tanaman ini di atas kulit untuk meredakannya. Tinjauan sistematis terhadap 23 penelitian yang diterbitkan pada Januari 2019 di Jurnal Ilmu Kedokteran Iran menemukan hubungan antara lidah buaya dan penyembuhan kulit terbakar.

Hal ini diduga karena kemampuan tanaman untuk melawan peradangan dan fakta bahwa lidah buaya mengandung glukomanan, senyawa dengan sifat regeneratif. Para peneliti ini menyimpulkan bahwa tanaman tersebut berpotensi mengurangi waktu pemulihan luka, infeksi, dan kemerahan pada kulit. 

Mereka juga mencatat bahwa gel lidah buaya tampaknya paling efektif pada luka bakar tingkat pertama dan kedua. Menurut Yayasan Kanker Kulit, luka bakar tingkat pertama hanya mempengaruhi lapisan terluar kulit dan luka bakar tingkat dua menembus lapisan kulit yang lebih dalam, menyebabkan pembengkakan dan melepuh.

6. Manfaat Lidah Buaya untuk Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Beruntusan, jerawat

Photo :
  • Pixabay/ SharonMcCutcheon

Berkat sifat anti-inflamasi alaminya, lidah buaya juga berfungsi sebagai pengobatan jerawat yang sangat baik. Kamu dapat memakai pada area jerawat atau area umum kemerahan dan iritasi, lidah buaya telah ditemukan untuk menenangkan dan mengurangi munculnya serta menonjolnya jerawat dan bahkan bekas jerawat.

Menurut penelitian sebelumnya, lidah buaya memiliki kemampuan untuk mengurangi produksi prostaglandin E2. Menurut literatur ilmiah lain, ini adalah lipid yang memicu respons peradangan pada kelenjar sebaceous, yang melekat pada folikel rambut dan menghasilkan minyak. Semakin sedikit peradangan di kelenjar sebaceous, semakin sedikit jerawat yang meradang.

7. Manfaat Lidah Buaya untuk Penangkal Iritasi Kulit Alami

Kulit iritasi.

Photo :
  • U-Report

Lidah buaya tidak hanya memiliki manfaat untuk menghilangkan jerawat. Tapi juga berpotensi memperbaiki kondisi kulit lainnya. Menurut National Psoriasis Association (NPA), mengoleskan krim yang mengandung 0,5 persen lidah buaya hingga tiga kali sehari dapat mengurangi kemerahan dan kerak. 

Namun NPA mencatat bahwa ini adalah pengobatan komplementer dan integratif, dan paling efektif bila digunakan bersama dengan pilihan pengobatan psoriasis yang lebih tradisional. Lebih lanjut, penulis penelitian menunjukkan bahwa sifat antibakteri, antijamur, dan pelembab dapat membantu mencegah kekambuhan. 

Buah Alpukat - Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Alpukat, buah lezat yang seringkali dijuluki sebagai mentega alami, bukan hanya memberikan cita rasa yang lezat di dalam hidangan, tetapi juga menawarkan sejumlah manfaat

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024