10 Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Merusak Pandangan Mata

karang gigi
Sumber :

VIVA – Cara menghilangkan karang gigi tentu bukan perkara yang sulit untuk dicaritahu. Pasalnya, sudah banyak cara rumahan yang terbilang sederhana dan praktis untuk dilakukan. 

Ini Akibat Jarang Scaling Gigi yang Perlu Anda Ketahui!

Memiliki gigi berwarna kuning atau cokelat yang disebabkan adanya penumpukan karang gigi, tentu bisa merusak pandangan mata bukan? Apalagi jika harus diketahui oleh orang-orang yang kita cintai.

Tentu saja, hal ini sangat memalukan lantaran kita dinilai tidak bisa menjaga kebersihan gigi dengan baik. Mencari cara menghilangkan karang gigi, tentu menjadi solusi paling tepat agar bisa memiliki gigi yang putih dan sehat.

6 Penyebab Karang Gigi, Awalnya Tak Berbahaya Lama-Lama Bisa Iritasi Berat

Ilustrasi gigi kuning dan putih.

Photo :
  • U-Report

Tidak dipungkiri, saat ini memang sudah banyak metode agar gigi bisa putih dan berkilau, namun kebanyakan itu menggunakan bahan-bahan kimia yang jelas bisa memerikan efek samping di kemudian hari.

Ini Tips Pilih Obat Kumur yang Tepat untuk Hilangkan Karang Gigi

Di mana dengan terdapatnya bahan kimia tersebut bisa memiliki efek buruk terhadap kesehatan gigi maupun mulut kita nantinya.Seperti salah satunya rusaknya laposan pelindung gigi atau enamel. Lantas, apa sebenarnya karang gigi dan bagaimana cara menghilangkannya?

Jangan khawatir, berikut ini ada cara menghilangkan karang gigi yang bisa Anda lakukan di rumah. Pastinya aman dari efek samping dan tidak memakan biaya mahal.

Apa itu Karang Gigi?

Ilustrasi karang gigi bersih

Photo :
  • U-Report

Tartar atau karang gigi adalah endapan kalsifikasi keras yang membentuk dan melapisi gigi dan gusi. Ini terbentuk ketika bakteri yang secara alami ada di mulut bercampur dengan sisa-sisa partikel makanan untuk membentuk lapisan lengket yang dikenal sebagai plak. 

Ketika plak tidak dirawat, plak akan mengeras dan berubah warna, membentuk karang gigi. Tartar atau yang disebut karang gigi ini sangat buruk untuk gigi dan gusi. Ini tidak hanya tidak sedap dipandang, tetapi juga menyebabkan pembusukan gigi dengan membangun dan menumbuhkan bakteri yang menggerogoti lapisan gigi yang dikenal sebagai email.

Karang gigi atau tartar jika tidak dirawat akan mengerah dan mengubah warna pada gigi itu sendiri. Menurut laman Dentistry Journal, karang gigi mengandung banyak bakteri penghasil asam. Di mana ini menjadi salah satu penyebab terjadinya karies pada gigi atau gigi berlubang.

Jika Anda sudah mendapati karang gigi yang sudah lama menumpuk dan berubah warna, ada baiknya langsung konsultasikan ke dokter. Karena hal tersebut, bisa dibilang menjadi cara menghilangkan karang gigi paling instan dan cepat.

Bagaimana Tartar atau Karang Gigi Bisa Pengaruhi Gigi dan Gusi?

Tips Ampuh Menghilangkan Karang Gigi

Photo :
  • U-Report

Karang gigi dapat mempersulit menyikat dan menggunakan benang gigi seperti seharusnya. Hal ini dapat menyebabkan gigi berlubang dan kerusakan gigi.

Setiap karang gigi yang terbentuk di atas garis gusi Anda bisa berakibat buruk. Itu karena bakteri di dalamnya dapat mengiritasi dan merusak gusi Anda. Seiring waktu, ini dapat menyebabkan penyakit gusi progresif .

Bentuk paling ringan dari penyakit gusi disebut gingivitis. Biasanya dapat dihentikan jika Anda menyikat gigi, menggunakan benang gigi, menggunakan obat kumur antiseptik, dan mendapatkan pembersihan rutin dari dokter gigi Anda.

Jika tidak, bisa bertambah parah, hingga terbentuk kantong di antara gusi dan gigi dan terinfeksi bakteri. Itu namanya periodontitis. Sistem kekebalan Anda mengirimkan bahan kimia untuk melawan dan mereka bercampur dengan bakteri dan hal-hal yang dikeluarkannya. 

Rebusan yang dihasilkan dapat merusak tulang dan jaringan yang menahan gigi Anda di tempatnya. Juga, beberapa penelitian menghubungkan bakteri pada penyakit gusi dengan penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya.

Cara Menghilangkan Karang Gigi

Karang gigi.

Photo :
  • U-Report

Berikut ini terdapat cara menghilangkan karang gigi yang merusak pandangan mata. Mulai dari beberapa langkah yang bisa kita lakukan sendiri dan selanjutnya memanfaatkan bahan alami untuk mengatasinya. 

Hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan mulut adalah membersihkan gigi dua kali sehari dan mengunjungi dokter gigi secara teratur.  Namun, jika Anda tidak dapat menemui dokter gigi, atau jika Anda ingin menjaga gigi Anda tetap dalam kondisi prima di sela-sela kunjungan, tips di bawah ini akan membuat gigi Anda terasa bersih berkilau.

1. Bersihkan gigi dengan sikat gigi elektrik

Pilih sikat gigi elektrik dengan sikat melingkar kecil sehingga Anda dapat dengan mudah membersihkan setiap gigi satu per satu dan menjangkau celah di antaranya. 

Menurut sebuah studi tahun 2015 , meskipun sikat gigi manual dan elektrik dapat menghilangkan plak , “penggunaan sikat gigi bertenaga, terutama sikat kontra-rotasi dan berosilasi-rotasi, dapat bermanfaat dalam mengurangi tingkat perdarahan atau peradangan gingiva.”

2. Gunakan pasta gigi berfluoride

Fluoride membantu mencegah kerusakan gigi dengan memperkuat email gigi melawan asam, yang dapat merusak gigi.  Fluoride adalah mineral alami yang telah terbukti dalam beberapa penelitian untuk secara efektif mengendalikan gigi berlubang. 

Pasta gigi dapat mengandung kadar fluoride yang berbeda; orang dewasa dan anak-anak di atas tiga tahun harus menggunakan pasta gigi yang mengandung 1.350-1.500ppm fluoride. 

Untuk anak-anak, gunakan pasta gigi yang dibuat khusus untuk usia mereka untuk memastikan mereka memiliki tingkat fluoride yang tepat. Jika Anda tidak yakin pasta gigi mana yang terbaik untuk Anda dan keluarga, bicarakan dengan dokter gigi .

4. Sikat gigi Anda setidaknya selama dua menit (idealnya tiga!)

Menyikat gigi selama dua menit adalah saran yang terkenal. Tapi tahukah Anda, banyak orang biasanya hanya menyikat gigi selama 45 detik ! Jumlah plak yang dihilangkan meningkat dengan waktu menyikat. Menurut sebuah penelitian , menyikat gigi selama tiga menit menghilangkan 55% lebih banyak plak daripada menyikat gigi selama 30 detik.

5. Gunakan benang gigi dan sikat interdental secara teratur

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa “menggosok gigi dengan benang gigi dan menyikat gigi mengurangi penyakit gusi ringan, atau radang gusi, secara signifikan lebih baik daripada menyikat gigi sendiri.”

6.  Gunakan obat kumur antibakteri secara teratur

Obat kumur antibakteri memiliki banyak manfaat: dapat menyegarkan napas, mengurangi penumpukan plak, melonggarkan partikel makanan yang membandel, dan mengurangi risiko gigi berlubang. 

Menggunakan obat kumur langsung setelah menyikat gigi dapat menghilangkan fluoride yang bermanfaat dari gigi Anda, jadi gunakan untuk menyegarkan mulut Anda di siang hari, seperti setelah makan camilan atau makan siang.

Mengikuti lima langkah di atas akan membuat gigi Anda tetap bersih dan sehat di sela-sela pemeriksaan di dokter gigi. Penting untuk dicatat bahwa sebaiknya hindari menggunakan beberapa produk penghilang karang gigi di rumah, seperti pengikis karang gigi. 

Dokter gigi berlatih selama bertahun-tahun untuk mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan untuk menggunakan peralatan gigi seperti pengikis karang gigi dengan aman, menggunakannya sendiri dapat menyebabkan beberapa masalah termasuk infeksi atau cedera mulut.

Cara Alami Menghilangkan Karang Gigi

ilustrasi baking soda atau soda kue

Photo :
  • Pixabay

 
Selain cara di atas, berikut ini juga disajikan beberapa cara alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan karang gigi.  Sekadar peringatan, pengobatan alami ini mungkin baik untuk gigi Anda, tetapi rasanya tidak terlalu enak!

1. Cuka putih dan air

Cuka memiliki rasa yang sangat kuat dan mungkin bukan bahan kumur yang paling baik, tetapi cuka putih bersifat anti-bakteri yang berarti dapat membantu mencegah plak dan karang gigi. Yang perlu Anda lakukan adalah menambahkan dua sendok teh cuka putih dan setengah sendok teh garam ke dalam segelas kecil air, aduk, lalu bilas mulut Anda dengannya hingga dua kali sehari.

2. Bubuk soda kue

Soda kue dapat membantu gigi Anda terlihat lebih putih, serta menetralkan rongga penyebab asam. Beberapa pasta gigi mengandung soda kue karena bertindak sebagai abrasif lembut untuk menghilangkan plak dari gigi . Buat pasta dengan mengaduk beberapa tetes air dengan setengah sendok teh soda kue. Oleskan pasta ke gigi Anda menggunakan sikat gigi dan sikat gigi Anda dengan lembut dengan pasta selama satu menit, lalu bilas dengan air.

 3. Lidah buaya

Lidah buaya adalah semak kecil dengan beberapa manfaat kesehatan yang luar biasa , termasuk baik untuk gigi Anda. 

Campur satu sendok teh gel lidah buaya dengan empat sendok teh gliserin (bahan yang ditemukan di banyak pasta gigi), lima sendok makan soda kue, setetes minyak esensial lemon, dan secangkir air. 

Setelah tercampur, gunakan campuran tersebut untuk membersihkan gigi untuk menghilangkan plak dan karang gigi secara bertahap.

Cara Mencegah Karang Gigi dan Plak Menumpuk

Cara terbaik untuk mencegah terbentuknya karang gigi dan plak adalah dengan rutin menjaga kebersihan gigi seperti di atas, serta kunjungan rutin ke dokter gigi. Tapi diet juga memainkan peran besar dalam menjaga karang gigi dan plak.

Mengurangi jumlah gula dan pati dalam diet Anda adalah cara terbaik untuk mencegah plak. Bakteri di mulut menyukai makanan manis dan bertepung dan ketika bakteri itu memakan makanan ini, itu menciptakan perasaan gigi kabur yang dikenal sebagai plak.

Sayangnya, banyak makanan yang disukai bakteri, kami juga menyukainya! Makanan manis yang lengket dan camilan gurih yang bisa tersangkut di antara gigi Anda adalah penyebab terburuknya . Tetapi bahkan hanya dengan mengurangi makanan berikut atau menyikat gigi setelah memakannya dapat membantu mengurangi risiko pembentukan plak.

     -  Permen
     -  Es krim
     -  Kue dan pai
     -  Buah kering
                                                                                                                                                                                     Beberapa minuman bisa sama buruknya karena menyebabkan plak pada gigi Anda, minuman bersoda, alkohol (karena ini dapat mengeringkan mulut Anda), jus buah dan minuman olahraga tinggi karbohidrat semuanya dapat berkontribusi pada pembentukan plak.

Ilustrasi Scaling Gigi

Sering Diabaikan, Ini 5 Manfaat Lakukan Scaling Gigi

Scaling gigi merupakan prosedur pembersihan gigi yang bertujuan untuk mengangkat plak dan karang gigi yang menumpuk pada permukaan gigi dan di bawah garis gusi.

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024