Penyebab Vertigo yang Sering Diremehkan, Migrain Salah Satunya

Ilustrasi Vertigo
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Penyebab vertigo salah satunya adalah migrain. Biasanya, vertigo muncul setelah beberapa menit hingga beberapa jam merasakan sakit migrain. Perlu Anda ketahui, penyakit vertigo tidak boleh diremehkan begitu saja lantaran memiliki risiko yang tidak main-main.

Keberadaan Astronot Terancam, Hal Mengerikan Ini Muncul di Luar Angkasa

Seseorang yang menderita vertigo akan mengalami kepala pusing seperti dibuat berputar-putar. Hampir setiap orang pasti pernah merasakan keluhan seperti ini. Keluhan sensasi kepala pusing berputar-putar, menjadi salah satu gejala munculnya penyakit vertigo.

Menurut National Health Service, seorang saat mengalami vertigo akan merasakan segala sesuatu yang ada di sekitar mereka seolah berputar-putar, layaknya seperti berada di ruangan bergerak. 

Penyakit Menular Arbovirosis Jadi Ancaman Baru, Menkes Budi: Lakukan 5 Hal Ini untuk Menanganinya

Ilustrasi terserang vertigo.

Photo :
  • U-Report

Tentu saja, hal ini cukup membuat keseimbangan jadi terganggu. Vertigo juga lebih dari sekadar pusing biasa. Vertigo dapat terjadi ketika seseorang melihat ke bawah dari ketinggian, tetapi istilah sebenarnya vertigo biasanya mengacu pada pusing sementara atau berkelanjutan karena adanya masalah di telinga bagian dalam atau otak.

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

Vertigo bukanlah penyakit tetapi gejala dari kondisi yang mendasarinya. Banyak kondisi yang berbeda dapat menyebabkan vertigo. Seseorang yang menderita vertigo tidak bisa tinggal diam saja, karena sensasi rasa sakitnya yang benar-benar tak tertahankan. 

Berikut ini akan kami sajikan beragam informasi terkait penyakit tersebut, mulai dari penyebab vertigo, gejala serta cara mengatasinya.

Gejala Penyakit Vertigo

Ilustrasi penyakit vertigo

Photo :
  • U-Report

Seseorang dengan penyakit vertigo akan merasa seolah-olah kepala mereka atau ruang di sekitar mereka bergerak atau berputar. Vertigo adalah gejala, tetapi juga dapat menyebabkan atau terjadi bersamaan dengan gejala lainnya.

Dan berikut ini beberapa gejala penyakit virgo yang perlu Anda ketahui;

- Masalah keseimbangan
- Pusing
- Rasa mabuk perjalanan
- Mual dan muntah
- Dering di telinga
- Perasaan penuh di telinga
- Sakit kepala
- Nystagmus, dimana mata bergerak tak terkendali biasanya dari sisi ke sisi.

Penyebab Vertigo

vertigo

Photo :
  • U-Report

Selain gejala, adapun penyebab vertigo yang perlu Anda ketahui. Menurut Nayana Ambardekar, MD, dokter spesialis penyakit dalam dan asisten profesor di Universitas Emory, umumnya penyebab vertigo karena adanya masalah pada bagian dalam telinga kita.

"Infeksi pada telinga juga bisa menyebabkan vertigo. Infeksi dapat terjadi karena serangan bakteri maupun virus, tapi vertigo sendiri lebih banyak terjadi akibat virus," jelasnya seperti yang dilansir dari Webmd.

Selain yang dijelaskan di atas, ada kondisi lain yang menjadi penyebab vertigo antara lain sebagai berikut;

1. Labirinitis

Sebuah gangguan yang bisa terjadi ketika infeksi menyebabkan radang labirin telinga bagian dalam. Di dalam area ini adalah saraf vestibulocochlear.

Saraf ini mengirimkan informasi ke otak tentang gerakan kepala, posisi, dan suara.

Selain pusing dengan vertigo, seseorang dengan labirinitis mungkin mengalami gangguan pendengaran , tinitus, sakit kepala, sakit telinga, dan perubahan penglihatan.

2. Kolitis vestibular

Infeksi menyebabkan kolitis vestibular, yang merupakan peradangan saraf vestibular. Ini mirip dengan labirinitis tetapi tidak mempengaruhi pendengaran seseorang. 

Neuritis vestibular menyebabkan vertigo yang mungkin menyertai penglihatan kabur, mual parah, atau perasaan tidak seimbang.

3. Kolesteatoma

Pertumbuhan kulit non-kanker ini berkembang di telinga tengah, biasanya karena infeksi berulang. Saat tumbuh di belakang gendang telinga, itu dapat merusak struktur tulang telinga tengah, yang menyebabkan gangguan pendengaran dan pusing.

4. Penyakit Meniere

Penyakit ini menyebabkan penumpukan cairan di telinga bagian dalam, yang dapat menyebabkan serangan vertigo dengan telinga berdenging dan gangguan pendengaran. Ini cenderung lebih umum pada orang-orang antara40–60 tahunSumber Tepercaya.

Institut Nasional untuk Ketulian dan Gangguan Komunikasi Lainnya perkirakan bahwa 615.000 orang di Amerika Serikat saat ini memiliki diagnosis penyakit Ménière, dengan dokter mendiagnosis sekitar 45.500 kasus baru setiap tahun.

Penyebab pastinya tidak jelas, tetapi mungkin berasal dari penyempitan pembuluh darah, infeksi virus, atau reaksi autoimun. Mungkin juga ada komponen genetik, artinya itu berjalan di beberapa keluarga.

5. Vertigo posisi paroksismal jinak (BPPV)

Organ otolith adalah struktur di dalam telinga bagian dalam yang mengandung cairan dan partikel kristal kalsium karbonat.

Pada BPPV, kristal ini menjadi copot dan jatuh ke dalam kanalis semisirkularis. Di sana, setiap kristal yang jatuh menyentuh sel-sel rambut sensorik selama gerakan.

Akibatnya, otak menerima informasi yang tidak akurat tentang posisi seseorang, dan pusing berputar terjadi. Orang biasanya mengalami periode vertigo yang berlangsung kurang dari 60 detik, tetapi mual dan gejala lain juga dapat muncul.

Beberapa faktor lain yang menjadi penyebab vertigo di antaranya adalah;

- Migrain.
- Cedera kepala.
- Operasi telinga.
- Fistula perilimfatik, ketika cairan telinga bagian dalam bocor ke telinga tengah karena robekan di salah satu dari dua membran antara telinga tengah dan telinga bagian dalam.
- Herpes zoster di dalam atau di sekitar telinga — herpes zoster oticus.
- Otosklerosis, ketika masalah pertumbuhan tulang telinga tengah menyebabkan gangguan pendengaran.
- Sipilis.
- Ataksia , yang merupakan akibat dari kelemahan otot.
- Stroke atau serangan iskemik transien , yang kadang-kadang disebut sebagai stroke ringan.
- Penyakit serebelar atau batang otak
- Neuroma akustik, yang merupakan pertumbuhan jinak yang berkembang pada saraf vestibulocochlear dekat telinga bagian dalam
- Sklerosis ganda

Pengobatan Rumahan

Ilustrasi gaya hidup sehat.

Photo :
  • http://www.bacatips.com/

Selain di atas, para individu dapat mengambil tindakan di rumah untuk membantu mengatasi vertigo dan membatasi efeknya.

1. Perubahan gaya hidup

Langkah-langkah yang dapat membantu mengurangi efek vertigo antara lain :

-  Berbaring diam di ruangan yang sunyi dan gelap saat putarannya parah
- Duduk segera setelah perasaan pusing muncul
- Meluangkan waktu ekstra untuk melakukan gerakan yang memicu gejala, seperti bangun, melihat ke atas, atau memutar kepala
- Jongkok bukannya membungkuk untuk mengambil sesuatu
- Menggunakan tongkat saat berjalan
- Tidur dengan kepala terangkat di atas dua bantal atau lebih
- Membuat adaptasi di rumah
- Menyalakan lampu saat bangun di malam hari untuk membantu mencegah jatuh

Siapapun yang mengalami vertigo atau jenis pusing lainnya tidak boleh mengemudi atau menggunakan tangga.

Obat Herbal Penghilang Vertigo

Beberapa solusi herbal dapat membantu memperbaiki gejala. Ini termasuk :

- Cabe rawit
- Kunyit
- Ginkgo Biloba
- Jahe
- Gongjin-dan

Tidak ada cukup bukti untuk mengonfirmasi bahwa obat herbal dapat meredakan vertigo. Namun, uji klinis saat ini sedang dilakukan untuk menyelidiki efek Gongjin-dan. Sebuah studi, menemukan bahwa 30 menit akupunktur membantu mengurangi gejala pada 60 orang yang mengunjungi unit gawat darurat dengan pusing dan vertigo. 

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengonfirmasi efektivitas metode pengobatan ini. Penderita harus bertanya kepada dokter lebih dulu sebelum menggunakan perawatan alternatif apa pun. Mereka juga harus berkonsultasi dengan dokter jika vertigo mulai tiba-tiba atau memburuk, karena mereka mungkin memerlukan perawatan untuk kondisi yang mendasarinya.

Eko Patrio.

Eko Patrio Ungkap Sakit yang Diidap Parto Hingga Harus Dioperasi

Eko Patrio dan Akri Patrio datang menjenguk sang sahabat, Parto Patrio yang hingga kini masih menjalani perawatan di rumah sakit. Pada Rabu, 24 April 2024, Parto operasi.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024