10 Manfaat Daun Singkong, Ampuh Obati Stroke?

Daun singkong.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Manfaat daun singkong memang sering kali diremehkan, karena terkesan sebagai sayuran biasa untuk hidangan sehari-hari di rumah. Namun siapa sangka, jika daun singkong diam-diam menyimpan banyak manfaat yang luar biasa untuk kesehatan kita.

Viral Kisah Nenek hanya Makan Daun Singkong Ternyata Hoaks, Keluarga: Kami Sangat Tersinggung

Dibalik rasanya yang menggugah selera ketika dijadikan hidangan untuk keluarga di rumah, singkong merupakan salah satu tanaman yang memiliki jumlah kalori yang cukup.  Bukan hanya bagian umbinya saja yang kaya akan nutrisi dan manfaat untuk kesehatan, ternyata daunnya juga.

Olahan daun singkong.

Photo :
  • U-Report
4 Resep Sayur Daun Singkong yang Lezat, Bantu Rangsang Nafsu Makan Keluarga

Dibandingkan dengan dagingnya, daun singkong lebih bermanfaat.Selain rasanya yang enak, singkong ini juga memiliki berbagai manfaat kesehatan. Daun singkong mengandung vitamin, protein, mineral dan asam amino esensial. 

Protein yang terdapat dalam daun singkong membantu pembentukan sel-sel tubuh dan penyusun sistem enzim. Ketersediaan asam amino membantu mengubah energi menjadi karbohidrat.

14 Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan dan Kecantikan

Asam amino membantu memulihkan luka kulit, membantu kita dengan memori yang baik, kesehatan tulang dan sistem metabolisme tubuh. Klorofil yang ditemukan di daun memberikan sifat antikanker dan antioksidan.

Lantas, sebenarnya apa saja sih manfaat daun singkong itu? Jika ingin tahu lebih lanjut, simak berikut ini penjelasannya dilansir dari healthbenefitstimes.

Manfaat Daun Singkong

Daun singkong.

Photo :
  • U-Report

Dilansir dari jurnal Trends in Food Science & Technology, daun singkong kaya akan vitamin, mineral, dan protein untuk tubuh. Namun secara umum, daun singkong bermanfaat untuk berbagai macam kesehatan. 

Daun singkong memiliki sumber serat serta karbohidrat yang baik untuk tubuh. Tidak hanya itu
daun singkong terkenal lebih rendah kalori. Pantas saja, ini memberikan efek kenyang. 

Daun singkong membantu pencernaan dan membantu mengatasi sembelit. Juga membantu meredakan sakit kepala, obat masuk angin, cacingan, rematik, maag, diare dan meningkatkan stamina.  Berbagai manfaat daun singkong untuk kesehatan adalah sebagai berikut:

1. Baik untuk wanita Hamil

Karena adanya kandungan zat besi yang tinggi dalam daun singkong membantu ibu hamil untuk menghindari anemia. Daun singkong memiliki kandungan folat dan vitamin C yang tinggi. Karena rasanya yang hambar, daun singkong harus dimasak dengan sayuran atau daging dengan cara dicincang.

2. Membantu melawan Kwashiorkor

Daun singkong kaya akan protein lisin yang membantu melawan kwashiorkor yang disebabkan karena kekurangan protein. Daun dan umbinya harus dimasak dan dicuci dengan benar sebelum dimakan karena adanya glukosida sianogenik menyebabkan keracunan sianida dan kehilangan penglihatan.

3. Mengobati Demam dan Sakit Kepala

Tiga lembar daun singkong harus ditumbuk halus. Ini membantu meredakan demam dan sakit kepala. Cara lain, rebus akar dan daun singkong dengan menambahkan 80 gram batang, 400 gram daun singkong, dan satu liter air. Itu harus dipanaskan sampai air berkurang menjadi setengah dan kemudian biarkan dingin.

4. Mengobati Diare

Rebus 7 lembar daun singkong dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Cairan ini harus diminum dua kali sehari untuk menyembuhkan diare. Dengan metode lain, satu liter air harus direbus dan matikan apinya. 10 lembar daun singkong yang baru dipetik harus dibuat pasta dalam lesung dan alu. Itu harus dijatuhkan ke dalam air panas dan menutupinya. Itu harus curam semalaman. Cairan ini sebaiknya diminum dengan cara menyaring daunnya di pagi hari. Sisa cairan harus disimpan di lemari es. Itu bisa disimpan selama tiga hari.

5. Pandangan Mata Kabur

Daun singkong harus direbus dengan bawang putih dan garam dan ini harus dikonsumsi sebagai salad dengan nasi. Konsumsi ramuan daun singkong setiap hari juga membantu mengobati penglihatan kabur.

6. Meningkatkan Nafsu Makan

Daun singkong rebus dengan bawang putih dan garam harus dikonsumsi dengan saus tomat dan nasi . Bagian dari singkong seperti batang dan umbinya juga dianggap sebagai obat tradisional. Daun singkong membantu mengembalikan nafsu makan. Ramuan daun singkong dengan jahe sebaiknya diminum setiap pagi setelah bangun tidur.

7. Mengobati Arthritis

Rebus 100 gram batang singkong, 15 gram jahe, dan satu batang serai dengan 1000 cc air hingga tersisa 400cc. Diminum sebanyak 200cc dengan cara disaring dua kali sehari pada pagi dan sore hari.

8. Mengobati Cacing

Rebus kulit singkong dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Itu harus disaring dan diminum sebelum tidur. Ini membantu untuk menghancurkan cacing di perut dan menjaga kesehatan tubuh. Percobaan yang dilakukan pada laporan kambing muda bahwa konsumsi daun singkong membantu mengurangi infestasi nematoda. Untuk menghilangkan masalah ini, suplemen singkong atau pasta daun singkong dapat dikonsumsi.

9. Mencegah Penuaan Dini

Tentu, banyak orang biasanya memiliki keraguan dalam hal operasi plastik atau suntikan Botox; dalam beberapa kasus, mereka mungkin menganggap proses ini berbahaya, tetapi itu jauh dari kebenaran, terutama bila Anda memiliki seorang profesional seperti Bedah Plastik Estetika Theunissen dari Baton Rouge yang melakukan prosedur tersebut.  
Bagaimanapun, singkong juga dapat mencegah penuaan dini, meskipun ini adalah proses jangka panjang dan tidak seefektif operasi.

10. Mengobati Stroke

Penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli menunjukkan bahwa daun singkong membantu mengobati stroke karena daun singkong memiliki isollavon yang merupakan zat yang efektif.

11. Meningkatkan Daya Tahan

Kehadiran vitamin C yang tinggi membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Konsumsi daun singkong membantu menjaga kebersihan diri dengan menghilangkan berbagai penyakit.

12. Meningkatkan Stamina

Campurkan 25 gram kencur, 100 gram singkong dan 5 butir biji angco dengan air secukupnya untuk membantu meningkatkan stamina.

13. Mengobati Penyakit Rematik

Daun singkong memiliki jumlah magnesium yang tinggi yang membantu menurunkan tingkat tekanan darah dan menghilangkan risiko penyakit rematik. Bisa dibuat dengan merebus 150 gram daun singkong, 15 gram jahe, sedikit serai dan garam . Itu harus direbus sampai kira-kira 400 cc. Mengkonsumsi cairan ini setiap hari mencegah penyakit rematik.

14. Menyembuhkan Luka

Kehadiran berbagai nutrisi membantu menyembuhkan luka dengan cepat. Dalam sedikit gel lidah buaya, tambahkan beberapa daun singkong yang dihancurkan dan buat pasta. Pasta ini harus dioleskan pada luka.

15. Memperkuat kekebalan

Daun singkong mengandung banyak vitamin C dan folat yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu menghancurkan bakteri dan virus. Daun singkong juga membantu menjaga kesehatan tulang. Antioksidan membantu membasmi radikal bebas dalam tubuh. Folat membantu meningkatkan produksi sel dengan membantu materi genetik untuk kehidupan dan menghindari mutasi DNA.

16. Bernanah

Batang singkong segar yang dihaluskan harus ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit. Parutan singkong yang sudah digaruk harus ditempel lalu dibalut.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya