Viral Kisah Nenek hanya Makan Daun Singkong Ternyata Hoaks, Keluarga: Kami Sangat Tersinggung

Kisah Nenek hanya Makan Daun Singkong Ternyata Hoaks
Sumber :
  • Istimewa

Lampung – Belakangan media sosial dihebohkan dengan beredarnya video seorang lansia bernama Nenek Nursi disebut hanya makan rebusan daun singkong akibat tak punya beras. Ternyata, hal tersebut tidak benar alias hoaks.

Gara-gara Korupsi Beras Miskin, Kantor Desa di Lombok Disegel Warga

Berdasarkan penelusuran VIVA, Kamis, 29 Februari 2024 pagi, video tersebut diunggah oleh akun TikTok @asepfurqan dan akun Instagram @gerakansemangatsedekah.id sejak empat hari lalu.

Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Butuh 6,7 Juta Ton Beras per Tahun

Kedua akun tersebut sama-sama mengunggah video Nenek Nursi sedang memakan rebusan daun singkong dengan caption open donasi lengkap dengan mencantumkan nomor rekening.

“Nangis banget, sudah 2 hari hanya makan rebusan daun singkong, karena gak ada beras buat dimasak. Yang mau bantu nenek nursi,” demikian narasi kedua unggahan.

Daftar Harga Pangan 25 April 2024: Bawang Merah hingga Daging Sapi Naik

Setelah ditelusuri, rupanya Nenek Nursi (82) merupakan warga Dusun Sumandak, Pekon Banding Agung, Kecamatan Talangpadang, Kabupaten Tanggamus, Lampung.

Merespons viralnya konten sang nenek, Linda selaku cucu mengatakan bahwa video tersebut tidak benar. Dia menegaskan, meski hidup sederhana, Nenek Nursi tidak pernah kekurangan makanan.

Linda mengungkap, saat itu Nenek Nursi dihampiri oleh orang tak dikenal yang membawa beras kemudian mereka tabur. Lalu sang nenek diminta untuk memenuhinya sambil menyibakan tangan agar terlihat seolah-olah sedih.

"Jadi itu konten, nggak bener, kami selaku keluarga sangat tersinggung," ucap Linda kepada awak media, Rabu 28 Februari 2024.

Linda mengimbau kepada masyarakat agar tidak mudah percaya dengan konten ‘menjual kesedihan’ di media sosial. Dia menegaskan, meskipun hanya seorang cucu ia sangat memperhatikan kehidupan sang nenek.

"Nenek Nursi tinggal sendiri karena kemauan dia, anaknya bekerja di Krui mencari uang dan menitipkan kepada kami (cucu), ‘tolong perhatikan nenek, tolong perhatikan ibu saya,” pungkas Linda.

Terakhir, Linda mengungkap, meskipun sang nenek tinggal seorang diri, namun ia memiliki banyak cucu yang tinggal di sekitar rumahnya. Sehingga, sampai saat ini kebutuhan makan nenek sudah terpenuhi dengan baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya