Hindari Makanan Ini Agar Kualitas dan Motilitas Sperma Meningkat

Ilustrasi daging olahan
Sumber :
  • pixabay/stevepb

VIVA – Untuk meningkatkan jumlah dan kualitas sperma, kamu harus memperhatikan makanan yang kamu konsumsi. Karena ada makanan yang bisa kamu makan untuk meningkatkan jumlah dan motilitas sperma, ada juga makanan yang harus kamu hindari. Melansir dari CNY Fertility, berikut beberapa makanan yang harus kamu hindari jika ingin meningkatkan kualitas dan motilitas sperma.

Makan Burger dari Restoran Terkenal di Arab Saudi, 75 Orang Keracunan

1. Daging Olahan

Daging olahan

Photo :
Cocok Buat Keluarga, Ini Bedanya Restoran Hotpot A La Carte dan All You Can Eat

Penelitian menunjukkan bahwa makan daging olahan dapat mengurangi kemampuan pria untuk membuahi sel telur. Para peneliti di Harvard T.H. Chan School of Public Health melacak diet 141 pria yang menjalani perawatan IVF dengan pasangan wanita mereka. Sebuah hubungan dibuat antara konsumsi daging olahan yang sering dan tingkat pemupukan yang lebih rendah. 

Pria dari penelitian yang makan daging olahan paling sedikit memiliki peluang 28% lebih baik untuk mencapai kehamilan dibandingkan dengan pria yang makan daging olahan paling banyak. Studi lain telah menegaskan temuan ini.

Hari Tanpa Diet Internasional: Tubuh Sehat dengan 3 Kebiasaan Ini Tanpa Harus Diet

2. Gorengan

Gorengan

Photo :
  • VIVA/Isra Berlian

Saat kamu mencoba meningkatkan jumlah sperma dengan makanan, kamu harus menghindari makanan yang digoreng. Makanan yang digoreng mengandung lemak trans tingkat tinggi, dan lemak trans bisa sangat berbahaya bagi kesuburan pria

Penelitian telah menunjukkan bahwa makan gorengan 1-2 kali per minggu dapat menurunkan jumlah sperma rata-rata 10,5% dan konsentrasi sperma 13,7%. 

Makan gorengan 3 kali atau lebih per minggu dapat menurunkan jumlah sperma rata-rata 24,5% dan konsentrasi sperma 17,2%. Lemak trans juga berbanding terbalik dengan jumlah sperma total, bahkan pada pria muda yang dianggap sehat.

3. Kedelai

Kacang kedelai.

Photo :
  • Freepik/xb100

Produk kedelai mengandung xenoestrogen yang disebut fitoestrogen yang diketahui dapat merusak sperma. Fitoestrogen dapat menurunkan konsentrasi sperma. Studi lain setuju dengan temuan ini dan menunjukkan bahwa asupan kedelai yang lebih tinggi dikaitkan dengan konsentrasi sperma yang lebih rendah. Hasil penelitian ini telah dipublikasikan dan dibahas di Harvard Health Publishing.

4. Alkohol

Minuman alkohol.

Photo :
  • U-Report

Semuanya dalam jumlah sedang. Ini adalah pepatah yang bagus, terutama dalam hal alkohol dan kesehatan kesuburan. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi alkohol moderat tidak memiliki dampak yang signifikan pada kesuburan. Di sisi lain, ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kesuburan pria alkoholik sangat menderita.

Satu studi, khususnya, berfokus pada perbedaan kualitas sperma antara pria alkoholik dan non-alkohol. Para peneliti menyimpulkan bahwa penurunan kualitas air mani terkait dengan peningkatan konsumsi alkohol. 

Sebuah meta-analisis dari 15 studi tentang alkohol dan efeknya pada kesuburan pria menemukan bahwa konsumsi alkohol setiap hari secara konsisten berdampak negatif pada morfologi dan volume sperma.

Kabar baiknya adalah bahwa penelitian telah menunjukkan bahwa pria dengan riwayat keracunan alkohol kronis dapat mencapai peningkatan drastis dalam karakteristik air mani setelah tiga bulan penghentian alkohol.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya