Dianggap Tinggi Lemak, Ini Manfaat Daging Bebek Bagi Kesehatan

Ilustrasi sajian bebek.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bobby Andalan

VIVA – Daging bebek kerap menjadi salah satu pilihan pangan lezat untuk berbagai menu seperti digoreng atau dibakar dengan bumbu lezat dan kaya rempah. Tak heran, daging bebek merupakan sumber makanan yang penting dan memberikan nutrisi penting bagi kesehatan dan pertumbuhannya. Namun, benarkah tinggi lemak?

7 Manfaat Tempe untuk Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Protein untuk Kesehatan Tulang

Daging bebek lebih rendah lemak (23 persen) dibandingkan dengan ayam yang dibeli di toko (40 persen). Orang-orang menyukai daging bebek karena tekstur dan rasanya yang juicy. Hati, ampela, jantung, dan telur juga dimakan. Daging bebek menjadi sumber makanan yang sangat baik yang berarti memasok 25 persen nutrisi atau lebih per hari mulai dari protein, zat besi, dan lemak omega-3.

Bagian paha dan kulit memiliki jumlah lemak yang lebih tinggi. Sementara, daging dada memiliki lebih sedikit lemak. Jumlah Recommended Dietary Allowance (RDA) didasarkan pada kebutuhan gadis berusia 14 – 18 tahun. Nah, daging bebek memiliki segudang manfaat lho.

Tak Bisa Penuhi Kebutuhan Harian, Sayuran dan Buah Ini Sangat Rendah Protein

Dikutip dari berbagai sumber, daging bebek merupakan sumber protein yang sangat baik. Protein membuat kita tetap sehat dengan membangun dan memperbaiki otot, kulit, dan darah kita.

Selain itu, daging bebek merupakan sumber zat besi yang sangat baik, menyediakan 50 persen zat besi yang kita butuhkan dalam sehari. Zat besi membantu membuat darah sehat yang mengalir melalui tubuh kita, memberi kita energi dan membuat kita tumbuh. Darah yang sehat membuat kita tidak mudah lelah.

Kolesterol Naik Usai Lebaran? Jangan Panik, Ini 5 Tips Menurunkannya

Namun, pengolahan daging bebek harus dimulai dengan praktik penanganan makanan yang aman melalui cuci tangan dan peralatan masak. Makan daging hanya jika dimasak, dikeringkan dengan benar. Untuk menyimpan daging, gunakan hanya wadah atau tas bersih yang dibuat untuk penyimpanan makanan.

Bicara soal daging bebek, Karis, mitra Wahyoo Kitchen Partner Tambora, pada awalnya berfokus pada bisnis makanan ringan dan warteg. Setelah menjadi mitra Wahyoo, Karis memperluas bisnis kulinernya dengan brand Bebek Goreng Bikin Tajir (BGBT) yang berada di bawah naungan Wahyoo Kitchen Partner dan berhasil menghasilkan peningkatan omset bisnis hingga 50%. 

“Bisnis Bebek Goreng Bikin Tajir saya juga sangat berdampak kepada saya dimana sekarang bisa membantu membeli kebutuhan sehari-hari serta membantu kebutuhan usaha anak saya. Omset usaha saya juga meningkat sejak bekerjasama dengan Wahyoo dan membuka Bebek Goreng Bikin Tajir,” tuturnya.

Kenyamanan dan kemudahan dirasakam Karis di Wahyoo Kitchen Partner Tambora yang telah bergelut di dunia kuliner selama sepuluh tahun. Diakuinya, dengan belanja di Wahyoo, saya bisa mendapatkan banyak sekali harga-harga yang stabil dan bersaing dibandingkan pasar yang cenderung kurang stabil. 

"Wahyoo juga memiliki banyak program dan bonus yang membuat belanja menjadi lebih untung. Saya juga tidak perlu pergi ke pasar lagi karena Wahyoo bisa mengantar langsung ke lokasi usaha kuliner saya tanpa dipungut ongkos pengiriman,” ujar Karis.

Wahyoo punya misi untuk menyediakan solusi bagi para pemilik usaha kuliner dengan mengoptimalkan jaringan distribusi dan layanan menggunakan teknologi berbasis aplikasi. Saat ini, sudah terdapat lebih dari 21,000 usaha kuliner yang telah memercayakan layanan Wahyoo untuk keberlangsungan bisnisnya. 

Berbagai kemudahan dan keuntungan telah dirasakan oleh para mitra setelah menggunakan aplikasi Wahyoo, terutama dalam hal distribusi bahan baku. Para mitra dapat memperoleh bahan baku dengan kualitas terjamin dan harga bersaing hanya dengan berbelanja lewat aplikasi. Wahyoo juga menawarkan berbagai keuntungan berbelanja bagi mitra, seperti loyalty program, cashback saldo dompet Wahyoo, dan fitur pembayaran dengan tempo tujuh hari. 

Ilustrasi bebek goreng

Photo :
  • Dok. Istimewa

Selain itu, layanan pengantaran bahan baku yang ditawarkan juga dianggap menguntungkan oleh para mitra. Hal ini menunjang efisiensi waktu dan pengeluaran karena para mitra tidak perlu lagi mengeluarkan biaya transportasi maupun menghabiskan banyak waktu untuk berbelanja secara manual.

Selain BGBT, terdapat dua brand lain yaitu Ayam Paduka dan Bakso Bikin Tajir yang secara keseluruhan telah memiliki 200 outlet di Jabodetabek, Semarang, Bali, dan wilayah lainnya. Konsep bisnis yang ditawarkan oleh Wahyoo Kitchen Partner tersebut menyerupai tren cloud kitchen atau ghost kitchen yang tengah marak di era digitalisasi ini. 

Hal ini berarti mitra hanya perlu mengoptimalkan kapasitas dapur dari bisnis yang telah tersedia untuk dapat menjual menu tambahan dari brand Wahyoo Kitchen Partner. Sistem bisnis ini memiliki berbagai keuntungan bagi pengusaha kuliner, seperti menghemat modal, minim risiko, dan kesempatan untuk lebih berfokus pada operasional serta kualitas produk. 

“Fitur Wahyoo yang paling menguntungkan adalah Dompet Wahyoo karena terintegrasi dengan pembayaran QRIS Wahyoo. Pembayaran oleh pelanggan di QRIS Wahyoo langsung masuk ke dompet Wahyoo saat itu juga sehingga bisa langsung dipakai untuk belanja tanpa harus menunggu waktu penerimaan dana yang umumnya memakan waktu 1-2 hari. Selain itu, i fitur pengiriman terjadwalkan Wahyoo juga sangat membantu,” ujar Ng Ay Hiong, pemilik RM Anugrah yang merupakan mitra Wahyoo. Saat ini, sebanyak 80% kebutuhan bahan baku dari usahanya di-supply oleh Wahyoo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya