Jangan Bingung! Kenali Ciri-ciri Bisul

bisulan
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Ciri-ciri Bisul atau furunkel adalah benjolan merah pada kulit yang berisi nanah dan terasa nyeri. Kondisi ini paling sering disebabkan oleh infeksi bakteri yang memicu peradangan pada folikel rambut, yaitu tempat tumbuhnya rambut.

Ngeri! Dikira Sariawan Wanita Ini Justru Idap Kanker Mulut, Harus Kehilangan Separuh Lidahnya

Kondisi ini umumnya terjadi sebagai akibat bagian-bagian tersebut sering mengalami kesulitan dan pengalaman. Hal yang perlu digarisbawahi, bisul ini juga bisa terjadi pada kelopak mata. Banyak orang menyebut kondisi ini dengan bintitan.

Bisul ternyata memiliki jenis dan ciri-cirinya yang membedakan dengan jerawat atau bentol, Viva kali ini membagikan informasi tersebut yang dikutip dari berbagai sumber sebagai berikut:

Penyebab Bisul dan Komplikasinya yang Bisa Mengakibatkan Meningitis

Jenis Penyakit Bisul

Ilustrasi bisul di kelopak mata.

Photo :
  • U-Report
Viral Testimoni Seorang Pria Usai Operasi Hidung

Terdapat empat jenis penyakit bisul yang diketahui dari penelusuran Viva kali ini sebagai berikut.

1. Furunkel atau karbunkel

Furunkel karbunkel melibatkan sekelompok folikel rambut, sehingga lebih besar dari furunkel biasa. Karbunkel bisa memiliki satu atau lebih lubang pada kulit dan menimbulkan gejala demam atau kedinginan.

Karbunkel merupakan masalah kulit yang lebih serius. Bila kamu memiliki banyak karbunkel, kondisi itu dikenal sebagai karbunkulosis. Kondisi kulit ini perlu diobati oleh dokter.

2. Jerawat Kistik

Ini adalah jenis bisul yang terbentuk ketika minyak dan sel kulit mati menyumbat folikel rambut, menciptakan tempat di mana bakteri bisa tumbuh dan berkembang.

Jerawat kistik memengaruhi jaringan kulit yang lebih dalam dari jerawat biasa. Jerawat kistik paling sering terjadi pada wajah dan biasanya dialami oleh anak remaja.

3. Hidradenitis suppurativa

Ini adalah suatu kondisi ketika bisul berulang kali berkembang di bawah ketiak atau daerah selangkangan. Infeksi dimulai pada keringat dan folikel rambut yang tersumbat. Pada kasus ringan, hidradenitis suppurativa bisa sembuh dengan perawatan rumah.

Namun, bisul yang parah biasanya memerlukan prosedur operasi untuk mengangkat kelenjar keringat yang terlibat saat terjadi peradangan kulit.

4. Kista Pilonidal

Ini adalah jenis bisul yang unik yang muncul di lipatan bokong. Kista pilonidal sering dimulai sebagai infeksi kecil di area dasar kulit, yaitu tempat rambut tumbuh (folikel rambut).

Ketika mengalami iritasi dan tekanan, area yang meradang akan membesar menjadi benjolan keras, nyeri, dan lunak yang membuat pengidapnya tidak saat. Kista pilonidal sering terjadi setelah duduk terlalu lama.

Tanda Gejala Bisul

Ilustrasi bisul.

Photo :
  • U-Report

Kondisi ini biasanya muncul sebagai ruam kulit yang terasa ketika kamu menyentuhnya. Lambat laun, ruam kemerahan ini membentuk benjolan kecil yang keras, terisi penuh oleh nanah, dan terasa nyeri.

Beberapa benjolan terdapat di lapisan kulit yang lebih dalam, lalu muncul dan mengeluarkan cairan berisi darah dan cairan putih. Setelah benjolan berisi nanah, rasa nyeri akan berkurang namun bengkak dan nyeri menetap dalam beberapa hari atau minggu. Kondisi ini juga dapat menyebabkan bengkak.

Jika tidak diobati dengan tepat, kondisi ini dapat meluas memasuki aliran darah dan menginfeksi organ sekitar, menyebabkan infeksi.

Membedakan Bisul dan Jerawat

Bisul

Photo :

Banyak orang yang sering kebingungan untuk membedakan benjolan tanda bisul dan jerawat. Keduanya bisa terlihat sangat mirip jika tidak ditegaskan.

Baik bisulan dan jerawatan dapat membuat kulit kamu memerah dan benjolannya terasa sakit jika disentuh. Padahal, penyebab bisulan dan jerawat berbeda. Begitu pula dengan cara mengobatinya.

Jerawat merupakan kondisi di mana pori-pori kulit tersumbat oleh minyak atau di toko kulit mati. Memang, jerawat juga bisa memunculkan bintil yang bernanah, tapi ukurannya tidak akan membesar. Bisul juga sering terlihat seperti membengkak, sedangkan jerawat tidak.

Perbedaan lainnya ada pada kemunculannya. Jerawat lebih sering muncul di area dengan kelenjar minyak yang sangat aktif seperti wajah, dada, atau punggung. Sementara itu, benjolan bisul biasanya muncul di area yang sering atau bergesekan dengan pakaian, seperti jerawat di pantat, ketiak, dan paha.

Penyebab Bisul

Bisul adalah kondisi pada kulit yang terjadi saat folikel rambut terinfeksi bakteri penyebabnya. Bakteri penyebab bisul adalah Staphylococcus aureus. Bakteri ini biasa ditemukan di kulit, hidung, dan tenggorokan.

Infeksi dari rambut yang tumbuh ke dalam juga bisa menjadi penyebab kondisi ini. Kulit yang terinfeksi bakteri penyebab bisul mengganggu kerja sistem kekebalan tubuh, sehingga area yang terinfeksi biasanya jadi bernanah.

Bisul dapat menular melalui kontak langsung antara kulit sehat dengan nanah yang terkandung pada benjolan. Saling meminjam barang pribadi pada orang yang bisulan juga meningkatkan risiko Anda terkena bisul.

Pada beberapa kasus, bisul juga dapat menyebabkan luka pada kulit yang memudahkan masuknya bakteri bisul melalui garukan atau penyebab serangga.

Pengobatan Bisul

Bawang putih untuk obati bisul.

Photo :
  • U-Report

Ada berbagai jenis obat bisul. Untuk bisul berukuran kecil, kamu dapat melakukan perawatan sendiri di rumah. Namun, untuk bisul yang lebih besar, kamu mungkin akan membutuhkan perawatan khusus yang telah dikonsultasikan kepada dokter.

Perawatan di rumah hanyalah cukup dilakukan dengan mengompres bisul menggunakan kain yang direndam dalam air hangat selama 10 menit. Langkah ini bisa dilakukan beberapa kali dalam sehari. Tujuannya, kompres akan membantu bisul lebih cepat pecah dan mengeluarkan cairannya.

Langkah di atas juga dapat mengurangi rasa sakit dan memancing agar nanah di dalam benjolan naik ke permukaan. Jangan lupa, selalu cuci tangan sampai bersih sebelum dan setelah Anda menyentuh benjolan berisi nanah ini.

Kamu juga bisa mengobati bisul dengan obat yang dijual di apotek. Dokter Anda dapat memberikan resep antibiotik apabila Anda mengalami bisulan yang parah.

Nah, itu informasi mengenai jenis dan ciri-ciri bisul yang dapat Viva berikan ke kamu, semoga bermanfaat ya!

ilustrasi kanker mulut.

Perhatikan Area-area Ini, Bisa Jadi Pertanda Kanker Mulut

Sakit mulut dapat terjadi karena beberapa alasan. Kanker mulut tu terjadi ketika sel-sel di bibir atau di mulut bermutasi atau tumbuh tak terkendali.

img_title
VIVA.co.id
10 Januari 2023