4 Kebiasaan Minum Terbaik untuk Jaga Gula Darah Cegah Diabetes

Ilustrasi minuman.
Sumber :
  • maxpixel

VIVA – Kita sering mempertimbangkan apa yang simakan demi kesehatan fisik. Tetapi, kerap kali lupa untuk memikirkan asupan minuman yang justru juga bisa meningkatkan kalori dan menambahkan gula darah secara drastis!

Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi

Minum kalori, secara tidak sadar, dapat meningkatkan gula darah dengan cepat ketika pilihan ini tidak seimbang. Minuman sering kali kekurangan protein dan serat, yakni dua nutrisi penting yang memperlambat lonjakan gula darah.

Yuk fokus pada kebiasaan sederhana ini dalam hal kebiasaan minuman dan Anda akan mencegah tubuh meningkatkan gula darah dalam waktu singkat. Berikut kebiasaan minum terbaik untuk jaga gula darah tetap seimbang, dikutip dari laman Eat This.

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

1. Makan sarapan sebelum kopi

Membuat kopi

Photo :
  • The Sun
5 Manfaat Menakjubkan Mengonsumsi Air Kelapa Setiap Hari, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

Kopi saja dapat meningkatkan hormon stres dalam tubuh. Hormon stres dapat meningkatkan gula darah karena tubuh merasakan bahwa kita tiba-tiba membutuhkan energi karena meningkatnya stres. Tanpa makanan untuk membantu menurunkan regulasi reaksi ini, gula darah Anda dapat terus meningkat, bahkan jika Anda belum makan apa pun!

"Kafein dalam kopi pagi Anda adalah stimulan dan meningkatkan gula darah. Sarapan yang sehat dapat menunda seberapa cepat kafein diproses oleh tubuh Anda. Minum kopi setelah makan makanan yang seimbang dapat mengakibatkan gula darah pagi yang lebih baik," ujar Ahli diet Kathryn Piper RDN LD NBC-HWC.

Makan sarapan yang seimbang terlebih dahulu, diikuti dengan kopi jika Anda menikmatinya, memungkinkan tubuh Anda untuk mencerna dan menyerap bahan bakar dari makanan Anda. Dengan demikian, tidak semakin menekan tubuh untuk memproduksi bahan bakar sendiri berupa gula darah.

2. Periksa gula tambahan

Gula pasir

Photo :
  • Times of India

Carilah pilihan hidrasi yang lebih rendah gula tambahannya. Banyak perusahaan telah berusaha untuk mengurangi gula tambahan pada produk mereka setelah bertahun-tahun permintaan konsumen akan pilihan yang lebih sehat.

Beberapa produk menggunakan buah biksu, stevia, dan Splenda untuk menawarkan rasa manis dan menyegarkan tanpa gula. Anda mungkin mempertimbangkan untuk membuat pilihan hidrasi Anda sendiri di rumah dengan menambahkan buah-buahan, teh alami, dan rempah-rempah.

"Gula tambahan akan memberikan energi yang cepat tetapi ini dapat mengakibatkan kerusakan cepat. Usahakan kurang dari 25 gram gula tambahan dengan memilih air bersoda atau beraroma," kata ahli gizi, Patricia Kolesa MS, RDN.

3. Hidrasi secara konsisten

Minum air putih.

Photo :
  • Times of India

Gula darah tinggi membuat dehidrasi! Ahli Diet Terdaftar, Bri Bell, RD, merekomendasikan untuk membuat kebiasaan menghidrasi secara konsisten sepanjang hari untuk membantu menghindari pembelian impulsif minuman manis untuk memuaskan dahaga Anda.

"Anda akan cenderung tidak mengalami dehidrasi secara tiba-tiba karena Anda tidak akan minum terlalu lama," pungkasnya.

Selanjutnya, minum air yang cukup sebenarnya mengencerkan gula darah dalam aliran darah Anda dan secara alami dapat menurunkan glukosa yang meningkat. Bertujuan untuk setidaknya 64 ons, delapan gelas 8 ons, per hari agar tetap terhidrasi. Pertimbangkan untuk menambahkan lebih banyak jika Anda aktif, berkeringat sepanjang hari, atau menghabiskan lebih banyak waktu di luar

4. Seimbangkan kalori cair

Ilustrasi minum air/air putih.

Photo :
  • Pexels/Karolina Gabrowska

Jika Anda akan meminum kalori Anda, pertimbangkan untuk membuat pilihan seimbang untuk menstabilkan gula darah. Misalnya, smoothie dengan protein, lemak sehat, dan serat akan meregangkan Anda lebih lama daripada smoothie yang dibuat terutama dengan karbohidrat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya