Cukup 30 Menit Sehari, Olahraga Ini Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi

Ilustrasi kolesterol.
Ilustrasi kolesterol.
Sumber :
  • Freepik/brgfx

VIVA Lifestyle – Memiliki kolesterol tinggi berarti Anda memiliki terlalu banyak zat lemak (kolesterol) dalam darah. Jika kolesterol menyumbat pembuluh darah, hal itu dapat menyebabkan beberapa komplikasi yang lebih berbahaya, seperti masalah jantung

Penyebab utama yang memengaruhi kadar kolesterol adalah gaya hidup. Jadi, kurangi makanan berlemak dan lebih banyak berolahraga, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. 

"Diagnosis dengan kolesterol tinggi bisa sangat mengkhawatirkan, tetapi ada langkah-langkah yang dapat diambil untuk menurunkan kolesterol Anda," kata Dean Zweck, manajer pengembangan produk di rantai gym Total Fitness, dikutip Express, Senin 4 Juli 2022. 

"Pertama, tidak semua kolesterol jahat. Ada dua jenis utama kolesterol, low-density lipoproteins (LDL), yang dianggap buruk, dan high-density lipoproteins (HDL) yang menghilangkan kolesterol dari arteri, mengurangi plak untuk membantu melindungi jantung Anda. Jenis olahraga yang paling banyak dipelajari untuk membantu meningkatkan kadar kolesterol Anda adalah latihan kardio dan aerobik," sambungnya. 

Ilustrasi olahraga/lari.

Ilustrasi olahraga/lari.

Photo :
  • Freepik/master1305

Menurut Zweck, aktivitas seperti berlari, bersepeda, atau berenang, telah terbukti dapat mengurangi kadar LDL dan meningkatkan kadar HDL. Dia lebih lanjut mengatakan, jumlah latihan lebih bermanfat dibanding intensitas jika bicara untuk mengatasi kolesterol. 

"Jadi berjalan bisa memberikan manfaat yang sama besarnya dengan berlari, selama Anda melakukannya dalam jumlah waktu yang sama. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), merekomendasikan 5 sesi, 30 menit seminggu," jelasnya.