Cukup 30 Menit Sehari, Olahraga Ini Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi

Ilustrasi kolesterol.
Sumber :
  • Freepik/brgfx

VIVA Lifestyle – Memiliki kolesterol tinggi berarti Anda memiliki terlalu banyak zat lemak (kolesterol) dalam darah. Jika kolesterol menyumbat pembuluh darah, hal itu dapat menyebabkan beberapa komplikasi yang lebih berbahaya, seperti masalah jantung

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Penyebab utama yang memengaruhi kadar kolesterol adalah gaya hidup. Jadi, kurangi makanan berlemak dan lebih banyak berolahraga, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. 

"Diagnosis dengan kolesterol tinggi bisa sangat mengkhawatirkan, tetapi ada langkah-langkah yang dapat diambil untuk menurunkan kolesterol Anda," kata Dean Zweck, manajer pengembangan produk di rantai gym Total Fitness, dikutip Express, Senin 4 Juli 2022. 

5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker

"Pertama, tidak semua kolesterol jahat. Ada dua jenis utama kolesterol, low-density lipoproteins (LDL), yang dianggap buruk, dan high-density lipoproteins (HDL) yang menghilangkan kolesterol dari arteri, mengurangi plak untuk membantu melindungi jantung Anda. Jenis olahraga yang paling banyak dipelajari untuk membantu meningkatkan kadar kolesterol Anda adalah latihan kardio dan aerobik," sambungnya. 

Ilustrasi olahraga/lari.

Photo :
  • Freepik/master1305
5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali

Menurut Zweck, aktivitas seperti berlari, bersepeda, atau berenang, telah terbukti dapat mengurangi kadar LDL dan meningkatkan kadar HDL. Dia lebih lanjut mengatakan, jumlah latihan lebih bermanfat dibanding intensitas jika bicara untuk mengatasi kolesterol. 

"Jadi berjalan bisa memberikan manfaat yang sama besarnya dengan berlari, selama Anda melakukannya dalam jumlah waktu yang sama. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), merekomendasikan 5 sesi, 30 menit seminggu," jelasnya. 

Zweck mengungkapkan, menjadi cukup aktif sepanjang minggu, akan mengalahkan pergi ke gym satu atau dua kali seminggu untuk sesi yang lebih lama. Dia juga mengatakan, latihan beban adalah kuncinya. 

"Individu yang terlibat dalam pelatihan ketahanan dapat membersihkan LDL berbahaya dari aliran darah mereka lebih cepat daripada mereka yang tidak. Ini sama untuk segala usia. Jadi, Anda tidak akan pernah terlalu tua untuk mulai mengangkat beban," pungkasnya. 

Angkat beban

Photo :
  • Times of India

"Selain itu orang yang menggabungkan kardio dan latihan beban, akan kehilangan lebih banyak berat badan daripada orang yang hanya melakukan kardio," tambahnya. 

Dean Zweck menyimpulkan, tidak masalah jenis olahraga apa yang Anda lakukan, yang penting Anda harus lebih sering aktif dan menjalaninya secara teratur. 

"Menemukan latihan yang Anda sukai adalah kuncinya, idealnya menggabungkan kardio dan resistensi akan memberikan hasil terbaik," tutup Zweck. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya