Wapres Sempat Tarik Pelonggaran Pakai Masker, Ini Kata Menkes Budi

Menkes Budi Gunadi Sadikin
Menkes Budi Gunadi Sadikin
Sumber :
  • YoUtube Kemenkes

VIVA Lifestyle – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin angkat bicara mengenai pernyataan Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, yang menyebutkan menarik kembali kebijakan lepas masker di tempat umum. Menurut Budi, sampai saat ini kebijakan mengenai masker belum ada yang berubah.

Masyarakat masih diminta memakai masker apabila berada dalam ruangan tertutup dan di tengah kerumunan. Sementara masyarakat diperbolehkan melepas masker saat berada di luar ruangan.

"Pertama memang belum ada perubahan kebijakan mengenai masker. Terakhir disampaikan pemerintah jadi di luar diizinkan tidak menggunakan masker sedangkan di dalam ruangan diharapkan diimbau untuk memakai masker," kata Budi di Kantor Presiden RI, Senin 4 Juli 2022

Budi menjelaskan, ada keadaan tertentu di mana masyarakat diminta untuk tetap memakai masker meskipun berada di luar ruangan. Yakni pada saat masyarakat dalam kondisi tubuh yang kurang baik atau berada di sekeliling orang yang sakit.

ilustrasi masker mencegah penularan influenza dan COVID-19

ilustrasi masker mencegah penularan influenza dan COVID-19

Photo :
  • Pixabay

"Untuk keadaan-keadaan khusus di luar, misalnya sangat padat sekali, kemudian banyak yang batuk-batuk di deket kita, diri kita sendiri merasa tidak sehat, sebaiknya menggunakan masker. Tidak ada perubahan mengenai masker," ujar Menkes

Sebelumnya diberitakan, Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin meminta kembali kepada masyarakat Indonesia agar tetap menggunakan masker di ruang terbuka. Hal ini ditekankan Maruf karena adanya kenaikan kasus COVID-19 yang terjadi di Tanah Air.