Tips Sehat Konsumsi Daging Saat Idul Adha

Makan daging
Sumber :
  • raillynews

VIVA Lifestyle –  Ada peningkatan konsumsi daging dan makanan manis selama Idul Adha. Menyantap olahan daging sapi atau kambing biasanya dilakukan dengan dibakar atau ditambahkan santan.

Daftar Harga Pangan 23 April 2024: Daging Sapi hingga Telur Ayam Turun

Dilansir dari raillynews ahli diet Rumah Sakit Swasta Cisil Gunes menunjukkan bahwa pasien kardiovaskular, pasien diabetes, pasien hipertensi dan pasien ginjal harus memberi perhatian khusus pada konsumsi daging merah selama periode ini.

Ia juga menekankan bahwa perlu berhati-hati dalam memilih makanan yang tepat, keamanan pangan, penyimpanan, persiapan dan metode memasak daging.

5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker

Ilustrasi daging sapi

Photo :
  • Pixabay/melomary22

Pilih rebusan 

Daftar Harga Pangan 22 April 2024: Cabai hingga Telur Ayam Naik

Memberikan informasi tentang apa yang harus dipertimbangkan tentang konsumsi daging selama hari raya, Ahli Gizi Gune? mengatakan, daging hewan yang disembelih pada hari perayaan biasanya dimasak dan dikonsumsi dalam beberapa jam tanpa menunggu. 

"Namun, daging adalah makanan yang sulit dicerna, terutama bagi orang yang menderita penyakit perut, sebaiknya tidak mengonsumsi daging tanpa beristirahat di lemari es selama 24-48 jam. Daging yang dikeluarkan dari freezer untuk dimasak harus dicairkan di rak bawah lemari es, daging yang dicairkan harus segera dimasak dan tidak dibekukan lagi." 

Sebagai metode memasak; Metode seperti merebus, memanggang harus lebih disukai, menggoreng harus dihindari. Jika daging akan dipanggang; Tidak boleh digoreng sehingga menjadi gosong, zat karsinogenik terbentuk pada daging gosong. 

Daging tidak boleh dipotong menjadi potongan besar, tetapi harus dipotong kecil-kecil, satu untuk setiap kali makan, dan ditempatkan dalam kantong freezer dan disimpan di dalam freezer atau deep freezer.

Mulai dengan sarapan sehat

Sarapan sehat.

Photo :
  • U-Report

Sangat penting untuk memulai hari dengan sarapan sehat selama hari raya, Ahli Gizi Çisil Güne? mengatakan: “Tidak benar mengonsumsi daging segera setelah dipotong. Oleh karena itu, pada hari pertama sebaiknya memilih sarapan yang sehat dengan makanan seperti telur, keju, sayuran dingin, minyak zaitun/zaitun, roti gandum utuh, dan meninggalkan konsumsi daging untuk nanti. 

Setelah sarapan sehat, Anda akan lebih mudah mengontrol porsi daging, permen, dan kue kering. Adanya makanan seperti sayuran/salad dengan kandungan daging buah yang tinggi, roti gandum selain daging akan menghindarkan Anda dari masalah tersebut. 

Konsumsi teh dan kopi dalam jumlah berlebihan, terutama selama kunjungan liburan, dapat menyebabkan kehilangan air yang berlebihan dari tubuh karena efek diuretiknya. Jadi cobalah untuk minum 2-3 liter air setiap hari. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya