Ketahui 5 Manfaat Mengunyah Permen Karet, Baik untuk Mulut?

Ilustrasi permen karet.
Sumber :
  • Pixabay/giesje

VIVA Lifestyle –   Permen karet tentu tidak asing lagi didengar, apalagi bagi anak-anak hingga remaja. Mengunyah permen karet dapat dilihat sebagai gaya hidup atau kebiasaan, tergantung  siapa yang mengunyahnya. Tapi apakah semua permen karet itu benar-benar baik untuk dirimu?

Bukan Hanya Menyenangkan, Ini 5 Manfaat untuk Anak Saat Main di Playground

Namun ternyata mengunyah permen karet memiliki manfaat kesehatan yang mungkin belum banyak diketahui orang. Mengutip dari Greatist, berikut ini manfaat mengunyah permen karet bagi kesehatan.

1. Mengurangi stres

Asuransi Kesehatan Jadi Primadona Usai Lebaran

Ilustrasi stres/sakit kepala/pusing.

Photo :
  • Freepik/freepik

Manfaat mengunyah permen karet yang pertama ternyata dapat mengurangi rasa stres pada seseorang. Karena mengunyah membantu menurunkan tingkat stres. Sebuah tinjauan penelitian kecil dari 20 studi tentang permen karet dan stres menemukan bukti bahwa permen karet mengurangi stres bagi orang-orang baik di tempat kerja dan saat stres belajar.

5 Manfaat Puasa untuk Penderita Diabetes, Pengelolaan Gula Darah yang Efektif

Dalam sebuah penelitian terhadap 100 siswa, para peneliti menemukan bukti yang mendukung bahwa mengunyah permen karet sebelum ujian dapat membantu stres pada siswa.

2. Meningkatkan memori

Ilustrasi mengingat sesuatu.

Photo :
  • U-Report

Selanjutnya, manfaat mengunyah permen karet juga dapat meningkatkan memori. Mengunyah permen karet telah dikaitkan dengan kognisi dan memori yang lebih baik. Sebuah penelitian dengan tes pencitraan resonansi magnetik menemukan bahwa mengunyah permen karet mengaktifkan bagian otak yang terkait dengan memori.

Namun penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk menentukan apakah mengunyah permen karet dapat mencegah kehilangan memori atau meningkatkan memori pada orang dengan cedera otak.

3. Meningkatkan kesehatan mulut

Ilustrasi mulut yang sehat.

Photo :
  • U-Report

Sebenarnya permen karet bisa baik untuk kesehatan gigi, namun permen karet yang dikunyah harus diperhatikan jangan yang mengandung gula. Mengunyah permen karet bebas gula setelah makan dapat membantu membersihkan sisa makanan dari gigi, meningkatkan air liur untuk melawan plak dan membangun kembali email gigi.

4. Mencegah infeksi telinga

Ilustrasi Telinga.

Photo :

Manfaat mengunyah permen karet yang lainnya yakni dapat mencegah infeksi pada telinga. Apa hubungannya permen karet dengan telinga? Mengunyah permen karet dapat membuat telinga pecah di pesawat, tetapi sebenarnya itu diakibatkan oleh bahan yang terkandung dalam permen karet, bukan mengunyahnya. 

Kamu bisa mengunyah permen karet yang mengandung xylitol. Xylitol sendiri sebenarnya telah dipelajari sebagai pencegahan infeksi telinga pada anak-anak. Tinjauan penelitian menemukan bahwa xylitol dapat membantu mencegah infeksi bakteri melalui Streptococcus pneumoniae dan Haemophilus influenzae yang dapat menyebabkan infeksi telinga bagian dalam. Namun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui dengan pasti. Selain itu, tampaknya hanya bermanfaat bagi anak-anak yang sudah sehat.

5. Membantu berhenti merokok

ilustrasi berhenti merokok

Photo :
  • U-Report

Terakhir, ternyata manfaat mengunyah permen karet dapat membantu seseorang berhenti merokok. Sebuah tinjauan penelitian tahun 2013 menunjukkan bahwa terapi penggantian nikotin, yang mencakup penggunaan permen karet nikotin, 80 persen lebih efektif dalam membantu orang berhenti merokok. Menggunakan dua bentuk terapi pengganti nikotin bahkan lebih efektif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya