7 Fakta Mengenai Tumor Testis yang Dialami Sebastian Heller

Kanker testis
Sumber :
  • Times of India

VIVA Lifestyle – Sebastian Heller, striker baru Borussia Dortmund dikabarkan mengidap tumor testis. Kabar ini disampaikan langsung oleh Dortmund melalui situs resminya. Striker berusia 28 tahun itu langsung dipulangkan dan menjalani pengobatan agar bisa pulih.

Israel Hancurkan 603 Fasilitas Air di Gaza Selama Perang

Tumor testis adalah kondisi ketika testis atau buah zakar terdapat pertumbuhan sel-sel abnormal yang menyebabkan munculnya benjolan. Tumor ini bisa jinak maupun ganas (kanker).

Sementara kanker testis adalah bentuk kanker yang lebih jarang, tetapi kasusnya terus meningkat. Untungnya, jika diketahui lebih awal, kanker testis dapat berhasil diobati. Menyadur dari duly Health and Care, berikut beberapa fakta tentang kanker testis.

Tak Ada Tanda Penyakit Serius, Jhonny Iskandar Sempat Live TikTok Sehari Sebelum Meninggal

1. Kanker testis adalah kanker yang paling umum ditemukan pada pria muda

Ilustrasi pria dengan menutup penis

Photo :
  • The Sun
ISPA Menjadi Ancaman Utama Bagi Jamaah Haji Indonesia

Kanker testis adalah keganasan yang terbentuk di salah satu atau kedua testis dan paling sering didiagnosis pada pria berusia antara 15 – 35 tahun, meskipun masih dapat terjadi pada pria yang lebih tua. Meski ini adalah bentuk kanker yang paling umum pada pria yang lebih muda, kanker ini hanya menyumbang sekitar 1 persen dari semua kanker pria.

2. Salah satu faktor risiko utama untuk kanker testis adalah testis yang tidak turun

Testis yang tidak turun, suatu kondisi yang disebut cryptorchidism, adalah ketika salah satu atau kedua testis gagal bergerak ke dalam skrotum sebelum lahir. Mereka dengan kondisi ini beberapa kali lebih mungkin terkena kanker testis. Cryptorchidism terjadi pada sekitar 3 persen anak laki-laki; sebagian besar waktu testis yang tidak turun terus turun ke skrotum selama tahun pertama kehidupan seorang anak.

3. Ada dua jenis utama kanker testis

Kanker testis.

Photo :
  • U-Report

Dua jenis utama kanker testis adalah seminoma dan nonseminoma. Dokter dapat mengetahui jenis kanker testis apa yang dimiliki seseorang dengan melihat sel darah di bawah mikroskop. Seminoma biasanya terjadi pada pria di akhir usia belasan hingga awal 30-an.

Kanker seminoma testicular tumbuh dan menyebar dengan lambat dan responsif terhadap pengobatan radiasi. Non-seminoma biasanya terjadi pada pria berusia 25 hingga 45 tahun dan biasanya tumbuh dan menyebar lebih cepat. Kedua jenis kanker testis dapat diobati dan disembuhkan.

4. Kanker testis umumnya ditemukan melalui pemeriksaan diri

Pemeriksaan mandiri testis adalah cara yang efektif untuk melihat adanya benjolan, nodul, atau perubahan pada testis. Pemeriksaan testis klinis harus dilakukan oleh dokter perawatan utama selama pemeriksaan kesehatan tahunan. Adalah normal jika ada asimetri pada testis; ujian-diri secara teratur akan membantu seseorang menjadi akrab dengan anatomi diri sendiri dan lebih mampu mengenali perubahan-perubahan yang terjadi.

5. Beberapa pria tidak memiliki gejala sementara

Menurut Masyarakat Kanker Amerika, beberapa pria dengan kanker testis tidak memiliki gejala, sementara yang lain mungkin memiliki gejala seperti:

  • Benjolan atau pembengkakan di testis
  • Pertumbuhan dan/atau nyeri payudara
  • Pubertas dini
  • Gejala lanjut mungkin termasuk:
  • Nyeri punggung bawah
  • Nyeri dada dan/atau sesak napas
  • Sakit perut
  • Sakit kepala/bingung

6. Perawatan awal yang paling umum untuk kanker testis adalah pembedahan

kanker testis

Photo :
  • pixabay

Pembedahan yang menghilangkan testis (orchiectomy) menyembuhkan sebagian besar pasien. Dalam kasus di mana tumor telah menyebar ke area lain dari tubuh, kanker dapat diangkat sebagian atau seluruhnya melalui pembedahan.

Setelah menjalani operasi, beberapa pasien mungkin perlu menjalani pengobatan kemoterapi atau radiasi untuk membunuh sel kanker yang tersisa. Disarankan agar pasien melanjutkan pengawasan pribadi melalui pemeriksaan diri untuk mencari kelainan setelah menerima perlakuan.

7. Benjolan testis dapat bersifat non-kanker

Ada juga kondisi non-kanker yang dapat menyebabkan gejala serupa pada kanker testis. Dokter perawatan primer atau ahli urologi mungkin merekomendasikan satu atau lebih hal berikut untuk memastikan diagnosis:

  • Ultrasuara
  • Tes darah
  • Orchiectomy (penghapusan testis)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya