5 Manfaat Tidur Tanpa Pakaian, Nomor 3 Jadi Idaman

Ilustrasi tidur.
Sumber :
  • Times of India

VIVA Lifestyle – Tidur menjadi salah satu momen penting untuk menjaga keseimbangan tubuh sehingga bisa tetap sehat dan bugar. Meski terbilang mudah, bagi sebagian orang lainnya, tidur berkualitas sulit didapatkan yang berdampak pada terhambatnya aktivitas.

Kenapa Serangan Jantung Terjadi Pada Saat Tidur di Malam Hari?

“Poin kuncinya adalah untuk menekankan bahwa tetap tenang memungkinkan pelepasan hormon mengantuk Anda, melatonin, yang akan membantu tidur malam yang nyenyak," ujar pakar tidur Sammy Margo, dikutip dari laman Express.

Menurutnya, suhu berperan erat dalam menjaga kualitas tidur seseorang tetap baik. Apabila suhu ekstrem, terlalu panas atau dingin, maka tubuh akan bermasalah sehingga kualitas tidur memburuk.

Tak Boleh Kurang atau Lebih, Waktu Tidur Ternyata Berpengaruh pada Kondisi Mental

"Panas mencegah pelepasan melatonin yang optimal dan akibatnya, tidur terganggu. Tidur telanjang bekerja dengan baik dalam menjaga suhu tubuh Anda tetap rendah," imbuhnya.

Sammy membagikan lima manfaat lain dari tidur tanpa busana alias bugil. Berikut deret manfaatnya:

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

1. Tubuh ideal

Tubuh Ideal

Photo :
  • U-Report

Tidur mampu membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat Institut Kesehatan Nasional AS menemukan bahwa tidur telanjang dan menjaga tubuh tetap sejuk saat tidur mendorong tubuh Anda untuk membuat lebih banyak lemak coklat.

2. Menghindari infeksi

Ilustrasi vagina.

Photo :
  • U-Report

Bagi wanita, tidur telanjang dan membiarkan alat kelamin mereka bernapas di malam hari dapat membantu meningkatkan kesehatan vagina. Tentu juga berkaitan agar bisa menghindari infeksi.

3. Meningkatkan kesuburan

Ilustrasi pria.

Photo :
  • Pixabay

Tidur telanjang juga baik untuk pria, karena merupakan cara yang baik untuk meningkatkan kesuburan pria. Dengan tidak mengenakan pakaian dalam yang ketat maka Mr P dapat bernapas lega dan potensi kesuburan meningkat.

4. Menjaga kadar hormon

Hormon

Photo :
  • dreamstime

Normalisasi kadar hormon serta meningkatkan pelepasan hormon pertumbuhan dan melatonin. Hal ini baik untuk membantu seluruh sistem di tubuh bekerja optimal.

5. Meningkatkan keintiman

Pelukan

Photo :
  • Times of India

Melakukan kontak kulit ke kulit dengan pasangan Anda melepaskan hormon kebahagiaan, oksitosin. Sama halnya ketika tidur di sisi pasangan tanpa pakaian, bisa bermanfaat meningkatkan keintiman. Oksitosin adalah hormon perasaan baik yang diproduksi oleh tubuh yang memiliki segala macam manfaat positif, termasuk memerangi stres, depresi, dan tekanan darah tinggi.

Sammy merekomendasikan metode lain untuk tidur dengan tenang. Meski memakai pakaian, dianjurkan tak asal memilih agar suhu tubuh tetap terjaga.

“Atau Anda bahkan bisa tidur dengan seprai atas atau mencoba piyama katun 100 persen juga. Juga mengapa tidak mencoba penutup kasur pendingin atau selimut wol. Ini mengatur panas sendiri, artinya bisa membuat Anda tetap dingin di tengah panasnya," katanya.

Ada baiknya juga mencoba menciptakan penghalang antara Anda dan pasangan untuk saling memberi lebih banyak ruang. Artinya, luas tempat tidur memengaruhi suhu tubuh Anda sehingga kualitas tidur lebih baik.

"Idealnya semakin besar tempat tidur atau kasur semakin baik, dan pisahkan selimut tunggal untuk menghentikan menjebak udara di dalamnya dapat membantu," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya