4 Efek Mengejutkan Makan Peterseli yang Tidak Pernah Diketahui

Peterseli
Sumber :
  • Eat This

VIVA – Saa keluar untuk makan malam dan memesan steak yang lezat dan berair ini atau hidangan pasta buatan sendiri yang segar ini. Saat di hadapan Anda ada steak menggugah selera ditambah daun  sebagai hiasan kecil ini. 

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Dan alih-alih memakannya, Anda hanya mendorongnya ke samping dan terus melahap makanan Anda. Kemungkinan besar Anda baru saja melewatkan ramuan berdaun, peterseli.

Tidak ada yang benar-benar berpikir untuk memakan peterseli di piring, kecuali jika ditaburkan ke dalam makanan yang sebenarnya, demikian dikutip dari laman Eat This. 

8 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan, Bisa Meredakan Gejala Menopause

Namun, ada beberapa manfaat untuk benar-benar mengonsumsinya. Dengan anggota Eat This, Not That! dewan ahli medis Lauren Manaker, MS, RDN, LDN, CLEC, CPT mengenai efek mengejutkan saat Anda makan daun peterseli. 

Membuat napas segar

Tak Bisa Penuhi Kebutuhan Harian, Sayuran dan Buah Ini Sangat Rendah Protein

"Obat kuno untuk bau mulut adalah mengunyah peterseli segar," kata Manaker.

Daun hijau herba ini mengandung minyak aromatik alami yang memberikan rasa dan aroma khas pada peterseli. Dan ini dapat membantu menyegarkan napas Anda.

Plus, peterseli (serta sebagian besar sayuran hijau) mengandung senyawa yang disebut klorofil. Senyawa ini telah dipelajari untuk mengurangi bau badan dan merupakan bahan aktif dalam beberapa deodoran dan obat kumur.

Meskipun lebih banyak bukti diperlukan untuk mengkonfirmasi manfaat ini, tetap tidak ada salahnya untuk menggigit atau dua dari daun hijau.

"Karena ini adalah solusi berisiko rendah untuk halitosis, bahkan jika tidak berhasil, itu tidak akan membahayakan," kata Manaker.

Mengurangi garam

Ilustrasi garam

Photo :
  • Pixabay

Tidak lagi hanya hiasan cerah untuk diletakkan di atas piring, dekorasi peterseli itu mungkin dimakan alih-alih didorong ke samping.

Peterseli secara alami mengandung rasa yang lezat, dan memasukkannya ke dalam masakan dapat membantu meningkatkan rasa makanan tanpa perlu menambahkan terlalu banyak garam, kata Manaker.

Untuk mendapatkan ide tentang cara memasukkan lebih banyak peterseli ke dalam hidangan Anda, cobalah Sprig of Parsley Smoothie kami.

Mendukung sistem kekebalan tubuh

Anda pernah mendengar tentang apel sehari, tapi bagaimana dengan sepotong peterseli sehari? Menurut Manaker, peterseli adalah sumber alami vitamin C, nutrisi yang terkenal untuk mendukung kesehatan kekebalan tubuh.

USDA menyarankan bahwa satu cangkir peterseli cincang mengandung 79,8 mikrogram (mcg) vitamin C, serta 984 mikrogram (mcg) vitamin K, yang merupakan 1.230% dari asupan vitamin K yang direkomendasikan. Vitamin K juga dapat membantu untuk sistem kekebalan tubuh.

Perbaikan pencernaan

Ilustrasi masalah pencernaan saat ramadan.

Photo :
  • U-Report

Peterseli adalah sumber serat yang dapat membantu menjaga buang air besar tetap teratur dan mendukung kesehatan usus, kata Manaker.

Tidak makan cukup serat dapat menyebabkan cadangan, penambahan berat badan, terus-menerus merasa mengantuk dan kembung, dan mengembangkan kolesterol tinggi. 

Jika Anda menggunakan peterseli sebagai hiasan, kemungkinan tidak akan membantu Anda memenuhi kebutuhan serat; namun, masukkan seikat ke dalam salad herbal, taruh beberapa daun di atas ikan bakar, atau campurkan ke dalam saus chimichurri dan Anda bisa menuai manfaat berseratnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya