Jadi Ancaman Dunia, Ini Fakta dan Pencegahan Cacar Monyet

Cacar monyet
Sumber :
  • The Sun

VIVA Lifestyle - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan resiko Cacar Monyet merupakan ancaman kesehatan dunia. Terutama di Eropa rezekinya lebih tinggi. Pasalnya infeksi Cacar Monyet terus meningkat di seluruh dunia. Hal ini pun telah berubah menjadi darurat kesehatan Masyarakat.

Fakta Baru Mayat Wanita dalam Koper, Arif Sudah 2 Kali Berhubungan Badan dengan Rini

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan klasifikasi tersebut selama konferensi pers, sebulan setelah Komite Darurat Peraturan Kesehatan Internasional (IHR) bersidang dan menetapkan bahwa wabah itu bukan krisis kesehatan masyarakat.

"Singkatnya, kami memiliki wabah yang telah menyebar ke seluruh dunia dengan cepat, melalui cara penularan baru, yang kami pahami terlalu sedikit, dan yang memenuhi kriteria dalam Peraturan Kesehatan Internasional." kata Dr Tedros Adhanom, Direktur Jenderal WHO, Senin 25 Juli 2022, dilansir dari berita viva sebelum nya.

11 Fakta Stadion Abdullah bin Khalifa, Tempat Semifinal Piala Asia U-23 2024 Indonesia vs Uzbekistan

Ketika Komite Darurat IHR pertama kali bersidang, 3.040 kasus cacar monyet dari 47 negara telah dilaporkan ke WHO. Jumlah itu telah berkembang menjadi lebih dari 16.000 kasus dari 75 negara dan wilayah, termasuk lima kematian.

Berikut beberapa fakta cacar monyet dan cara pencegahannya, seperti dikutip dari berbagai sumber, sebagai berikut:

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

1. Fakta Cacar Monyet

Ilustrasi cacar monyet.

Photo :
  • stat news

- Dalam konferensi persnya, Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, "Saya telah memutuskan bahwa wabah cacar monyet  merupakan ancaman darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional." Kata Dr Tedros dilansir dari Ndtv.com.

- WHO mengatakan bahwa wabah cacar monyet, yang menyebar dengan cepat ke seluruh dunia, dapat dihentikan dengan strategi yang tepat di kelompok yang tepat.

- Sejauh tahun ini, lebih dari 16.000 kasus cacar monyet dan lima kasus kematian, telah dilaporkan dari 60 negara anggota WHO.

- Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa mereka menyatakan keadaan darurat karena sangat penting bahwa semua negara bekerja sama untuk memberikan informasi dan layanan yang efektif untuk memerangi cacar monyet.

- Saat ini tidak ada pengobatan khusus untuk cacar monyet. Pasien biasanya perlu dirawat di rumah sakit spesialis agar infeksi tidak menyebar dan gejala umum dapat diobati.

2 Cara Pencegahan Cacar Monyet

Cacar monyet

Photo :
  • times of india

- Orang yang menderita cacar monyet harus mengasingkan diri dari orang lain samping sembuh. Selain itu juga gunakan pengaman saat berhubungan seks setidaknya selama 8 minggu setelah sembuh dari cacar monyet.

- Jika Anda merawat seseorang dengan cacar monyet, gunakan alat pelindung diri (APD), termasuk sarung tangan dan masker. Penangan ini sama halnya dengan virus Covid 19.

- Jaga kebersihan tangan yang baik, cuci tangan anda dengan sabun dan air atau gunakan pembersih tangan berbasis alkohol.

- Jauhkan atau hindari kontak dengan bahan apapun seperti seprai atau handuk yang pernah disetuh oleh orang yang pernah terkena penyakit cacar monyet.

- Jika anda menderita cacar moyet atau pernah bersetuhan dengan penderita cacar moyet. Maka sangat disarankan untuk segera ke dokter atau unik kesehatan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya