10 Manfaat Kentang untuk Kesehatan Tulang hingga Kekebalan Tubuh

kentang
Sumber :
  • Pixabay/ couleur

VIVA Lifestyle – Mengonsumsi buah dan sayuran memang dapat bermanfaat bagi kesehatan dan mengurangi risiko banyak kondisi kesehatan terkait dengan gaya hidup. Salah satunya kentang yang memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan. 

Cuaca Panas di Thailand Kian Mengkhawatirkan, Tewaskan 61 Orang Sepanjang 2024

Manfaat kentang baik bagi tubuh karena mengandung nutrisi penting, bahkan saat dimasak yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Mengutip dari Medical News Today, berikut ini sejumlah manfaat kentang bagi kesehatan tubuh, termasuk mencegah osteoporosis, menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko infeksi.

1. Baik untuk Kesehatan tulang

Menguak Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh

Ilustrasi tulang .

Photo :
  • U-Report

Manfaat kentang yang pertama adalah baik untuk kesehatan tulang. Zat besi, fosfor, kalsium, magnesium dan seng yang terkandung di dalam kentang dapat membantu tubuh membangun dan mempertahankan struktur dan kekuatan tulang.

Puluhan Korban Banjir dan Longsor di Luwu yang Terisolasi Dievakuasi dengan Helikopter

Zat besi dan seng juga berperan penting dalam produksi dan pematangan kolagen. Semantara, fosfor dan kalsium keduanya penting dalam struktur tulang, tetapi penting untuk menyeimbangkan kedua mineral untuk mineralisasi tulang yang tepat. 

2. Menurunkan Tekanan Darah

Tips menurunkan tekanan darah tinggi

Photo :
  • Times of India

Selanjutnya untuk tekanan darah, dimana asupan natrium yang rendah sangat penting untuk menjaga tekanan darah yang sehat. Tetapi meningkatkan asupan kalium juga sama pentingnya karena berfungsi mendorong vasodilatasi atau pelebaran pembuluh darah. Kentang mengandung kalium, kalsium dan magnesium yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah secara alami.

3. Baik untuk Kesehatan Jantung

Ilustrasi kesehatan jantung.

Photo :
  • U-Report

Kandungan serat, potassium, vitamin C dan vitamin B6 yang ada di dalam kentang dapat mendukung kesehatan jantung. Kentang mengandung serat dalam jumlah yang signifikan. Serat membantu menurunkan jumlah total kolesterol dalam darah, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

4. Peradangan

Ilustrasi penderita asam urat dan radang sendi.

Photo :
  • U-Report

Nutrisi penting yang terdapat di dalam kentang seperti kolin dapat membantu gerakan otot, suasana hati, pembelajaran dan memori. Selain itu, juga dapat membantu untuk mempertahankan struktur membran sel, menghantarkan impuls saraf, penyerapan lemak dan perkembangan otak awal. 

5. Mencegah Kanker

Penyakit kanker.

Photo :
  • Freepik

Manfaat kentang yang lain juga dapat mencegah terbentuknya sel kanker dari mutasi pada DNA. Hal itu dikarenakan kentang mengandung folat yang berperan dalam sintesis dan perbaikan DNA. Asupan serat dari buah-buahan dan sayuran seperti kentang dikaitkan dengan penurunan risiko kanker kolorektal.

6. Baik untuk Pencernaan

tanda-proses-pencernaan-alami-kerusakan

Photo :
  • U-Report

Kandungan serat yang terdapat dalam kentang juga dapat membantu mencegah sembelit dan meningkatkan saluran pencernaan menjadi lebih sehat.

7. Manajemen berat badan dan rasa kenyang

Makan terlalu kenyang.

Photo :
  • U-Report

Kentang bermanfaat sebagai "agen bulking" dalam sistem pencernaan. Dimana meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan, sehingga seseorang akan merasa kenyang lebih lama dan cenderung mengonsumsi lebih banyak kalori.

8. Baik untuk Metabolisme Tubuh

Makanan untuk tingkatkan metabolisme.

Photo :
  • U-Report

Selanjutnya, kentang merupakan sumber vitamin B6 yang baik, berperan penting dalam metabolisme energi dengan memecah karbohidrat dan protein menjadi glukosa dan asam amino. Senyawa ini lebih mudah dimanfaatkan untuk energi di dalam tubuh.

9. Baik untuk Kesehatan Kulit

Ilustrasi Kulit Wajah Sehat

Photo :
  • SNP Lab

Seperti yang diketahui bahwa kolagen adalah sistem yang baik sebagai pendukung kesehatan kulit. Vitamin C dalam kentang berfungsi sebagai antioksidan untuk membantu mencegah kerusakan akibat sinar matahari, polusi dan asap. Vitamin C juga membantu kolagen menghaluskan kerutan dan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan.

10. Baik untuk Kekebalan Tubuh

Ilustrasi bahagia & menjaga kesehatan

Ilustrasi bahagia & menjaga kesehatan

Photo :
  • ist

Terakhir, manfaat kentang adalah baik untuk kekebalan tubuh. Penelitian telah menemukan bahwa vitamin C dalam kentang dapat membantu mengurangi keparahan dan durasi flu atau pilek.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya