Manfaat Ajaib Teronng Ungu, Cegah Diabetes - Usir Anemia

Buah terong
Sumber :
  • pixabay/domecopol

VIVA Lifestyle – Terong merupakan salah satu sayuran yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Terong sering dijadikan sebagai bahan utama dalam berbagai jenis olahan, seperti dioseng, digoreng, disayur, bahkan dijadikan sambal.

Mengapa Semangka dan Buah-Buah Lain Jadi Simbol Perlawanan Rakyat Palestina?

Bukan hanya lezat saja, ternyata mengonsumsi terong diketahui memiliki manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah untuk mengobati atau mencegah diabetes. Hal ini diungkap oleh spesialis gizi klinik, dr. Putri Sakti, MGizi, SpGK, AIFOK dalam program Hidup Sehat TvOne, Kamis 28 Juli 2022.

"Karena kaya serat baik untuk mengontrol gula darah kita. Mengurangi diabetes otomatis akan menekan obesitas. Selain itu antosianin untuk memperbaiki sensitivitas insulin," kata dia.

Gejala Diabetes Saat Malam Hingga Operasi Bariatric

Terong

Photo :
  • Eat This

Selain itu, terong juga diketahui dapat mencegah anemia. Hal ini lantaran terong kaya akan folat, zat besi, yang baik untuk mencegah anemia.

5 Efek Mengejutkan Makan Terong, Kata Ahli Gizi

Selain itu, terong juga diketahui memiliki kandungan antioksidan dan serat yang baik untuk kesehatan.

Terong ungu.

Photo :
  • U-Report

"Terong ungu tinggi gizi dimasak kulitnya kaya akan antioksidan dan serat yang bagus untuk kesehatan kita,"kata dia.

Putri juga menyarankan untuk mengolah terong perlu cermat. Sebab jika salah kandungan gizi yang ada di dalamnya akan hilang.

"Cukup 5 menit, agar menjaga vitamin, mineral dan serat. Makanya ketika dimasak jangan dipotong tebal-tebal," ujar Putri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya