Kebiasaan Sehari-hari Ini Menyebabkan Wajah Terlihat Lebih Tua

Ilustrasi penuaan dini.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Tahukah Anda faktor lain yang mungkin menyebabkan kita menua sebelum waktunya? Anda mungkin terkejut melihat bagaimana kebiasaan yang tampaknya paling tidak bersalah sebenarnya dapat menyebabkan kerusakan signifikan pada DNA dan merusak gaya hidup sehat Anda.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Berikut ini kebiasaan sehari-hari yang bisa menyebabkan penuaan dini, dilansir dari laman Eat This, Jumat 29 Juli 2022.

Stres menyebabkan penuaan

Direkomendasikan oleh IDI, Apa Sih Physical Sunscreen Itu?

Stres adalah musuh telomer Anda, tutup kecil yang penting di ujung setiap untai DNA yang bertanggung jawab untuk melindungi kromosom kita. Sementara telomer secara alami memendek seiring bertambahnya usia, disintegrasi itu dipercepat oleh stres kronis. Jadi ya — sementara stres sepanjang waktu bisa membuat Anda menua, itu tidak harus diberikan.

"Salah satu rekomendasi utama saya untuk menghilangkan stres adalah teknik yang kuat yang menggabungkan prinsip-prinsip akupresur Tiongkok kuno dan psikologi modern yang dikenal sebagai Emotional Freedom Technique (EFT) atau 'Tapping' yang telah ditemukan untuk menurunkan hormon stres kortisol hingga 43 %, secara signifikan lebih dari terapi bicara tradisional atau istirahat," kata Melanie Keller ND, dokter naturopati.

Kapan Bumi Kiamat?

Diet yang buruk

Ilustrasi diet.

Photo :
  • U-Report

Jika Anda adalah apa yang Anda makan, maka mengonsumsi makanan yang terdiri dari lemak trans buatan industri, gula, dan makanan cepat saji yang diproses secara berlebihan adalah resep untuk penuaan cepat.

"Gula olahan, karbohidrat, dan alkohol berlebih diketahui mempercepat peradangan," kata Keller.

Peradangan kronis tidak hanya merupakan penyebab utama penuaan dini (atau "peradangan"), tetapi juga dapat menyebabkan sejumlah kondisi kesehatan yang merusak termasuk namun tidak terbatas pada diabetes, kanker, Alzheimer, dan penyakit jantung. 

Dengan mengubah diet Anda menjadi diet yang terutama berfokus pada sayuran berdaun hijau, ikan berminyak, buah, kacang-kacangan, dan minyak zaitun, Anda dapat mengimbangi kebiasaan nakal sesekali dan membantu mencegah masalah usia terkait diet.

Tidak cukup tidur

Kurang tidur secara terus-menerus adalah faktor lain yang menyebabkan peradangan yang merusak dan penuaan dini. Kurang tidur tidak hanya berdampak negatif pada kulit Anda, membuat Anda terlihat lebih tua dari usia sebenarnya, itu juga salah satu pelanggar terburuk untuk percepatan penuaan - terutama yang menyangkut otak Anda.

"Penuaan otak dijelaskan oleh interaksi pola tidur kita dan perubahan kemampuan membersihkan sampah otak," jelas Keller. 

Terlalu banyak kena paparan matahari

Sinar Matahari sebagai vitamin D

Photo :
  • Times of India

Terlalu banyak terpapar sinar UV adalah salah satu hal terburuk yang dapat Anda lakukan dalam hal penuaan, baik itu dengan sinar matahari langsung atau menggunakan kursi berjemur. 

Sementara beberapa sinar UVB diperlukan untuk produksi vitamin D, paparan berlebihan sangat merusak DNA Anda dan sayangnya kerusakan berlanjut lama setelah Anda tidak lagi berada di bawah sinar matahari. Lindungi diri Anda dengan mengikuti pedoman CDC tentang mengenakan pakaian pelindung, memakai tabir surya, dan menghindari sinar matahari langsung selama jam-jam ketika sinar UV paling kuat.

Kurang olahraga

Olahraga teratur berperan penting dalam menjaga Anda tetap muda, sehat, dan bahagia, sedangkan sedikit atau tanpa olahraga adalah penyebab utama penyakit kronis dan berkontribusi pada kematian cepat telomere kecil penting yang telah kita bahas sebelumnya. Hanya 30 menit olahraga ringan setiap hari dapat membuat dampak besar pada tingkat penuaan dan penampilan Anda.

Kurang rutin perawatan wajah 

Perawatan wajah

Photo :
  • Dokumentasi

Penampilan khususnya wajah juga berperan penting apakah Anda terlihat lebih glowing. Perawatan wajah juga menjadi salah satu hal yang bisa membuat Anda tidak terlihat tua. 

Didukung dari banyak persoalan kulit wajah para wanita di jaman sekarang dengan produktivitas tinggi, namun mendambakan kulit yang sehat, sempurna, dan menawan, dan bertujuan untuk lebih dekat dengan masyarakat, SKIN+ Clinic hadir di Green Pramuka Square, Jakarta Timur. 

Beragam pilihan perawatan terbaik dari SKIN+ Clinic juga hadir, untuk menjadi solusi masyarakat dalam mengatasi permasalahan kulit wajahnya. Seperti perbaikan kulit wajah yang dirasa kurang sempurna, mengatasi kerutan dan penuaan, serta beberapa masalah kulit lainnya. 

Paparan polusi, gaya hidup yang tidak sehat hingga cuaca ekstrim dianggap menjadi sebagian dari pemicu kerusakan maupun permasalahan kulit, apalagi dengan mobilitas yang tinggi. 

Dari hasil survei yang pernah dilakukan, hampir setiap perempuan menginginkan kulit yang menawan namun dengan hasil yang cenderung instant, dengan alasan bahwa kesibukan, ditambah kondisi jalanan ibukota yang padat, membuat mereka sedikit malas untuk merawat kulit secara advance, yang mana kebutuhan ini hanya didukung dengan menggunakan  perawatan kulit basic, berbasis hasil ulasan orang awam di platform e-commerce maupun media sosial. 

Cabang Skin+ Clinic by Euromedica  di Green Pramuka Square ini turut menghadirkan pula pilihan perawatan istimewa dengan pengembangan inovasi terunggul yang telah hadir di klinik sebelumnya, diantaranya adalah TRILOGY 2.0 yang merupakan perawatan Medical Facials yang bertujuan untuk mengatasi, menyembuhkan dan merawat kulit wajah dari berbagai macam permasalahan kulit seperti jerawat, pigmentasi dan bahkan penuaan. 

Sebagai informasi Medical Facials ini sangat cocok untuk para Perempuan produktif yang memiliki waktu terbatas, dimana untuk treatment ini terdiri dari tiga tahapan dengan total durasi pengerjaan hanya sekitar 45 menit, diantaranya:

1.    Medical Trilogy terdiri dari 3 rangkaian treatment: Aqua Clear, Laser, dan Infusion. Rangkaian treatment utama dengan teknologi modern serum infusion sampai lapisan dermis dan laser untuk mengangkat sel kulit mati dan peremajaan kulit.
2.    Recovery Trilogy terdiri dari 3 rangkaian treatment: Diamond Peel, Photo Dynamic Therapy, dan Oxy Clear. Rangkaian treatment lanjutan untuk mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit melalui teknologi terapi cahaya dengan tujuh warna yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda dalam proses peremajaan kulit.

3.    Maintenance Trilogy terdiri dari 3 rangkaian treatment: SKIN+ Facials, RF Facials, dan Oxy Clear. Rangkaian treatment yang berfungsi untuk menjaga kondisi kulit agar tetap lembap dan kencang melalui teknologi RF dan signature massage.

Benny Winata, CEO dari Euromedica Group menyatakan, kedepannya Skin+ Clinic by Euromedica akan terus menjadi solusi terdepan terhadap beragam permasalahan maupun minat dan kebutuhan perawatan kulit wajah yang kini menjadi kebutuhan masyarakat luas. 

“Hadirnya Skin+ Euromedica di Green Pramuka Square ini merupakan upaya kami untuk memperluas jangkauan pelayanan istimewa di industri kecantikan untuk lebih meluas, terutama atas meningkatnya kebutuhan dan minat Perempuan Indonesia untuk mendapatkan kulit menawan serta meraih penampilan yang optimal dengan kondisi kulit yang prima,” kata Dessy selaku Deputy GM SKIN+ by Euromedica.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya