7 Macam Camilan Sehat, Aman Buat yang Diet

Granola
Sumber :
  • Pexels

VIVA Lifestyle – Camilan sering kali dihindari terlebih jika sedang diet. Padahal camilan membuat tubuh merasa tetap kenyang dan lebih berenergi, untuk menekan nafsu makan agar tidak makan berlebihan. Namun, sebagian besar menolak makan camilan karena umumnya tidak sehat. Tetapi, kamu dapat mengonsumsi camilan sehat dengan kandungan nutrisi yang baik dan rendah kalori. Dengan mengonsumsi camilan yang sehat dapat mengontrol porsi dan nafsu makan. Simak di bawah ini pilihan camilan sehat.

Dear Penderita Maag, 5 Tips Ini Bermanfaat Untukmu

1. Kacang Edamame

Kacang edamame

Photo :
  • https://inginsekalisehat.wordpress.com
Menu Sahur Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Camilan sehat yang pertama adalah kacang edamame yang mengandung antioksidan, protein, dan serat yang bermanfaat  untuk menurunkan berat badan dan kadar gula dalam darah. Jika kamu mengonsumsi sebanyak 150 gram kacang edamame rebus, kamu sudah memenuhi 35 persen kebutuhan serat dan protein harian.

2. Apel dan Selai Kacang

Mau Diet Defisit Kalori saat Lagi Puasa? Begini Caranya

Camilan sehat yang kedua adalah kombinasi apel dan selai kacang. Apel mengandung serat dan antioksidan, seperti polifenol dan vitamin C. Sedangkan selai kacang, mengandung protein yang tinggi sehinga membuat tubuh lebih berenergi dan kenyang lebih lama. Kamu dapat mengonsumsi 1 buah apel berukuran sedang dan 15 gram atau sekitar 1 sendok makan selai kacang.

3. Beri dan Yoghurt

Yoghurt dan buah beri

Photo :
  • Unsplash

Buah beri dan yoghurt merupakan kombinasi camilan sehat yang bisa juga kamu coba. Macam-macam buah beri, seperti stoberi dan bluberry dan campur dengan yoghurt kaya akan nutrisi, seperti vitamin C, vitamin A, dan antioksidan. Buah beri sendiri banyak mengandung kalium, protein, serta kalsium.

Kamu dapat mengonsumsi 50 gram buah beri dan 100 gram yoghurt atau kurang lebih 7 sendok makan. Kombinasi ini banyak disukai karena sangat nikmat disantap.

4. Teh Hijau

Teh hijau

Photo :
  • Times of India

Camilan sehat bukan hanya dalam bentuk makanan. Untuk kamu pecinta minuman manis yang tinggi gula, kamu bisa menggantinya dengan teh hijau. Manfaat teh hijau dapat membantu menurunkan berat badan karena mengandung antioksidan untuk mendorong metabolisme tubuh.

Namun, pastikan kamu menyenduh teh hijau yang asli, hindari menggunakan teh hijau dalam kemasan. Teh hijau dalam kemasan sudah ditambah dengan pemanis buatan atau gula. Begitu pula dengan teh hijau yang ada di es krim atau kue.

5. Granola

Granola

Photo :
  • Pexels

Granola merupakan camilan sehat kesukaan bagi yang suka makan makanan sehat dan diet. Granola terbuat dari oat, kacang-kacangan, dan buah-bauhan yang dikeringkan. Camilan sehat ini tinggi akan kandungan kalori dan serat yang baik untuk tubuh. Kamu bisa mengonsumsinya sebagai sarapan pagi, biasanya ditambah dengan susu. 

Kacang almond

Photo :
  • medicalnewstoday

Sudah tidak asing lagi dengan kacang almond sebagai camilan sehat. Kacang almond mengandung segudang manfaat yang baik untuk tubuh. Dengan segenggam kacang almond mengandung banyak nutrisi baik, seperti vitamin, serat, protein, dan magnesium. Kacang almond mampu menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan berat badan.

7. Pisang

ilustrasi pisang

Photo :
  • U-Report

Satu buah pisang memiliki kandungan vitamin C, vitamin B Kompleks, serotin, kalium, magnesium, dan lain-lain. Kandungan gizi dalam pisang mampu menjaga tekanan darah, menurunkan berat badan, dan mencegah anemia. Kamu bisa mengonsumsi dua buah pisang di pagi hari atau di antara makan siang dan makan sore. Pisang merupakan camilan sehat yang mudah ditemukan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya