Mampu Melawan Kanker, 5 Manfaat Buah Beri yang Luar Biasa

Berbagai buah beri
Sumber :
  • Unsplash

VIVA Lifestyle – Segenggam buah beri memberikan rasa manis di mulut. Buah beri sama baiknya untuk sarapan seperti untuk pencuci mulut.

5 Manfaat Puasa untuk Penderita Diabetes, Pengelolaan Gula Darah yang Efektif

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa banyak manfaat buah beri, termasuk meningkatkan kesehatan kognitif, seperti membantu mencegah kanker hingga memerangi infeksi saluran kemih.

Berry adalah buah yang luar biasa. Kamu bisa memasukkannya ke dalam makanan penutup, minuman, salad, atau menggunakannya untuk menghiasi makanan lain seperti pancake Kamu bahkan bisa memakannya sendiri dan rasanya masih sangat enak.

Rahasia Cantik Alami: Ini Manfaat Luar Biasa Belimbing Wuluh untuk Kesehatan dan Kecantikan

Seperti yang mungkin sudah kamu pastikan sekarang, buah beri juga memiliki segudang manfaat kesehatan. Di bawah ini beberapa manfaat buah beri yang bermanfaat bagi tubuh, melansir dari berbagai sumber.

1. Mengandung Antioksidan

Bukan Cuma Mengatasi Jerawat, Ketahui Manfaat Buah Tomat pada Kesehatan Kulit dan Wajah

Ilustrasi antioksidan.

Photo :
  • U-Report

Manfaat buah beri yang pertama adalah hampir semua buah beri sarat dengan antioksidan. Bagi yang tidak tahu, antioksidan membantu mencegah penyakit, memperbaiki kulit dan rambut, serta mengarah pada kehidupan yang lebih sehat. Itulah sebabnya orang yang minum smoothie sepanjang waktu selalu tampak sangat bahagia.

2. Dapat Membantu Mempertahankan atau Menurunkan Berat Badan

Berat badan

Photo :
  • Times of India

Karena kandungan serat dan cairannya, buah beri memberi kita rasa kenyang, kata Copperman, dan rasa kenyang adalah bagian penting dalam mengatur pola makan. Buah beri juga rendah kalori, menjadikannya pilihan yang ramah diet.

Dilansir dari Everyday Health, dalam 1 cangkir, raspberry memiliki 64 kalori, blackberry memiliki 65 kalori, blueberry memiliki 86 kalori, dan stroberi memiliki 48 kalori, per USDA. Bahkan jika kamu sedang menjalani diet yang sangat rendah karbohidrat, seperti diet ketogenik, kamu mungkin bisa memasukkan buah-buahan seperti beri dalam jumlah kecil. Misalnya, 10 raspberry memiliki 2,3 g karbohidrat dan 1,2 g serat.

Menariknya, mungkin ada sesuatu yang lebih terjadi dalam hal penurunan berat badan. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada Agustus 2018 di Nutrients, dilakukan uji pria yang kelebihan berat badan dan obesitas dalam uji coba kecil.

Dari hasil kontrol secara acak, pria yang memakan makanan tinggi lemak bersama dengan hanya di bawah satu ons blackberry per hari, selama seminggu membakar lebih banyak lemak dan telah meningkatkan sensitivitas insulin dibandingkan dengan kelompok kontrol.

3. Bantu Melawan Kanker

Ilustrasi Kanker

Photo :
  • Times of India

Manfaat buah beri yang mengandung flavonoid, seperti blueberry dan raspberry, merupakan bagian penting dalam pencegahan kanker. Buah beri telah terbukti membantu terhindar dari kanker gastrointestinal, payudara, dan bahkan mungkin hati, prostat, pankreas, dan paru-paru, menunjukkan ulasan yang diterbitkan pada Oktober 2016 di Antioksidan.

Itu mungkin karena senyawa seperti antosianin dan flavonoid dapat membantu mengurangi peradangan, melindungi sel dari kerusakan DNA yang menyebabkan kanker, dan menghentikan penyebaran sel ganas.

Karena diet pencegahan kanker umumnya menekankan buah-buahan dan sayuran, termasuk buah beri tentu tidak ada salahnya. Sekali lagi, Copperman menekankan, setiap manfaat pencegahan kanker ditingkatkan dengan dimasukkannya berbagai warna buah dan sayuran.

4. Dapat Membantu Mencegah Penurunan Mental

Ilustrasi menjaga mental | Foto Unsplash

Photo :
  • U-Report

Manfaat buah beri ternyata mampu mencegah penurunan mental. Dilansir dari Life Hack, ada sebuah penelitian yang diterbitkan yang menunjukkan bahwa wanita yang sering makan buah beri dapat mencegah proses penurunan mental yang datang seiring bertambahnya usia.

Studi tersebut mengatakan bahwa wanita yang makan buah beri dalam jumlah yang sehat memiliki pemikiran, penalaran, dan memori yang lebih baik.

5. Bantu Memerangi Infeksi Saluran Kemih

Ilustrasi kandung kemih

Photo :
  • Pinkvilla

Cranberry adalah buah beri yang paling erat kaitannya dengan kesehatan saluran kemih. “Anthocyanin yang ditemukan dalam cranberry telah terbukti memiliki sifat pelindung terhadap strain bakteri E. coli yang berkontribusi terhadap infeksi saluran kemih (ISK),” kata Binder-McAsey.

Pada wanita yang lebih rentan terhadap infeksi, mengkonsumsi cranberry ditemukan mengurangi risiko ISK sebesar 26 persen, menyimpulkan tinjauan sistematis dan meta-analisis dari tujuh uji coba terkontrol secara acak yang diterbitkan pada Desember 2017 di The Journal of Nutrition.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya