Ditemukan 1 Suspek Cacar Monyet di RI, Ini Kata Kemenkes

cacar monyet
Sumber :
  • pixabay

VIVA Lifestyle – Cacar monyet atau monkeypox tengah menjadi sorotan dengan penularan yang kian meluas di berbagai negara di dunia dengan laporan 22 ribu kasus per 29 Juli 2022 lalu. Di Indonesia saat ini ditemukan seorang suspek atau pasien yang diduga mengidap cacar monyet. 

11 Warga Jakarta Barat Terpapar Cacar Monyet

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) buka suara terkait adanya suspek cacar monyet di Indonesia. Ada pun suspek merupakan seorang pria dan bukan pelaku perjalanan luar negeri (PPLN).

"Seorang laki-laki, 55 th, bukan PPLN, suspek monkeypox," ujar Juru Bicara COVID-19 Kementerian Kesehatan, Moh. Syahril, kepada VIVA, Rabu 3 Agustus 2022.

KALEIDOSKOP 2023: Perjalanan Kasus Cacar Monyet di Indonesia

Menurut Syahril, kasus seorang suspek cacar monyet saat ini sedang dalam perawatan di ruang isolasi di kawasan Jawa Tengah. Selama perawatan, suspek akan diperiksa lebih lanjut sesuai alur yang sudah ditetapkan Kemenkes terkait cacar monyet.

Gambar virus cacar monyet lewat miskroskop

Photo :
  • Cynthia S. Goldsmith, Russell Regner/CDC via AP
411 People Have Vaccinated with Second Monkeypox Vaccine

"Saat ini di rawat isolasi di RS Swasta Jateng untuk perawatan dan untuk pemeriksaan lanjut untuk memastikan cacar monyet atau bukan. Akan dilakukan pemeriksaan lab PCR untuk memastikannya," tutur Syahril.

Kendati begitu, kasus cacar monyet di Indonesia belum ditemukan hingga saat ini walaupun di negara tetangga seperti Singapura dan Filipina sudah ada sejumlah pasien yang dilaporkan. Syahril menegaskan bahwa suspek cacar monyet masih menunggu hasil dan ada kemungkinan mengidap infeksi virus lain. 

"Bisa saja hanya cacar biasa atau penyakit lain, bukan monkeypox," tandasnya.

Diberitakan VIVA beberapa waktu lalu, virus cacar monyet (monkeypox) sampai saat ini tidak terdeteksi di Indonesia. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menegaskan bahwa terdapat beberapa suspek dan kontak erat namun belum terbukti virus cacar monyet melalui laboratorium.

Pada beberapa waktu lalu, juga ada 9 orang suspek dan dinyatakan bukan monkeypox setelah pemeriksaan Lab. Ada pula 2 orang kontak erat dari Singapura yang transit di Indonesia yang akan menuju Malaysia.

“Jadi sampai sekarang Indonesia belum ada kasus monkeypox," ucap Menkes Budi dalam acara virtual bersama Kementerian Kesehatan.

Diketahui, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendapatkan laporan kasus Monkeypox yang terjadi di negara non-endemis, terutama di Eropa dan Amerika Serikat sejak awal Mei 2022. Kasusnya yang meluas memacu WHO menetapkan status darurat global untuk infeksi Cacar Monyet pada Juli 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya