6 Manfaat Jus Alpukat untuk Kesehatan Tubuh dan Program Kehamilan

Jus Alpukat.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Alpukat adalah buah yang kaya, lembut, dan berbiji tunggal dengan rasa yang ringan. Secara ilmiah dikenal sebagai Persea Americana yang termasuk dalam famili Lauraceae. Ada puluhan jenis alpukat, mulai dari ukuran, warna, dan teksturnya. Semuanya berasal dari iklim tropis, dan ketika dipanen, dagingnya melunak menjadi tekstur mentega yang telah menjadi sangat populer. 

Penetrasi Asuransi di RI Masih Rendah, MSIG Life Genjot Inovasi Kesehatan dan Digital

Jus alpukat adalah salah satu olahan yang banyak digemari oleh para penggemar buah yang satu ini. Selain itu, buah yang satu ini juga kerap dijadikan sebagai salad, dikonsumsi sendiri, dan masih banyak lainnya. Alpukat sangat populer di dunia kesehatan dan kebugaran karena sangat bergizi dan telah dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan. Nah, berikut manfaat jus alpukat seperti dirangkum VIVA dari Healthline. 

1. Bagus untuk Penglihatan

Ilmuwan China Ciptakan Pengisi Daya Nirkabel yang Aman untuk Tubuh Manusia

Buah alpukat.

Photo :
  • U-Report

Manfaat jus alpukat yang pertama bisa dirasakan untuk mata kamu menjadi lebih sehat. Mereka penuh dengan antioksidan dan beta-karoten yang bermanfaat bagi mata. Alpukat mengandung lutein dan zeaxanthin-dua fitokimia yang mereka lindungi untuk membantu meminimalkan kerusakan, termasuk dari sinar ultraviolet. 

5 Fakta Penting tentang Gym untuk Kesehatan Tubuh hingga Kehidupan Seksual

Tingginya jumlah vitamin A di dalamnya juga membantu mengurangi risiko degenerasi makula yang berkembang seiring bertambahnya usia. Asam lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat membantu menyerap nutrisi larut lemak lainnya seperti beta-karoten. Ini dapat membantu mengurangi risiko pengembangan degenerasi makula terkait usia.

2. Bermanfaat untuk Kesehatan Usus

Manfaat buah alpukat

Photo :
  • U-Report

Alpukat tinggi serat, menyediakan sekitar 14 gram di setiap alpukat. Mendapatkan cukup serat dalam makanan kamu sangat penting untuk kesehatan sistem pencernaan karena membantu mendorong pertumbuhan bakteri sehat. Sebuah penelitian dengan 163 orang dewasa yang dianggap kelebihan berat badan mengonsumsi 175 gram (pria) atau 140 gram (wanita) alpukat.

Mereka harus mengonsumsi setiap hari selama 12 minggu dan terbukti memiliki konsentrasi asam empedu tinja yang lebih rendah dan meningkatkan keragaman bakteri dibandingkan dengan kelompok kontrol. Konsentrasi asam empedu yang lebih besar menyebabkan peradangan usus dan terhindar kanker usus besar.

Juga, perlu diingat bahwa semua makanan yang mengandung serat, termasuk buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian, penting untuk kesehatan usus. Faktor terpenting dalam menunjang kesehatan pencernaan adalah mengonsumsi beragam makanan yang mengandung serat, tidak hanya alpukat.

3. Sumber Antioksidan dan Anti-inflamasi

Buah Alpukat - Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Photo :
  • vstory

Manfaat jus alpukat lainnya dikemas dengan senyawa bioaktif termasuk karotenoid, vitamin C, vitamin E, dan senyawa fenolik. Zat-zat ini telah terbukti memiliki aktivitas antioksidan, neuroprotektif, dan kardioprotektif yang signifikan. Telah terbukti memiliki efek antioksidan yang kuat, melindungi terhadap kerusakan oksidatif, yang dikaitkan dengan banyak penyakit kronis.

Karena alpukat kaya akan antioksidan, makan alpukat secara teratur dapat membantu meningkatkan pertahanan antioksidan tubuh. Sebuah penelitian kecil yang melibatkan 45 orang menemukan bahwa makan alpukat sehari meningkatkan kadar karotenoid lutein dalam darah dibandingkan dengan diet khas Barat tanpa alpukat.

Terlebih lagi, memiliki asupan makanan yang lebih besar dan kadar antioksidan darah yang lebih tinggi yang terkandung dalam alpukat, seperti vitamin C dan karotenoid, telah dikaitkan dengan fungsi kognitif yang lebih baik, peningkatan kesehatan jantung, dan banyak lagi.

4. Bisa Digunakan untuk Diet

Ilustrasi alpukat.

Photo :
  • U-Report

Meskipun ada banyak faktor yang mempengaruhi berat badan, mengikuti diet bergizi dan seimbang mungkin yang paling penting dalam mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat, yang sangat penting untuk pencegahan penyakit. Meskipun alpukat tinggi kalori, mereka dikemas dengan nutrisi dan membantu meningkatkan rasa kenyang.

Penelitian menunjukkan bahwa mengikuti pola diet yang kaya akan makanan berserat, seperti buah-buahan dan sayuran, dapat membantu mendukung penurunan berat badan. Plus, orang yang makan lebih banyak serat cenderung mempertahankan berat badan yang lebih sehat dibandingkan dengan mereka yang mengikuti diet rendah serat.

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 345 orang, ditemukan bahwa asupan serat adalah prediktor paling berpengaruh terhadap berat badan, terlepas dari asupan kalori dan makronutrien. Sejumlah penelitian telah mengaitkan asupan alpukat dengan penurunan berat badan, peningkatan rasa kenyang, dan penurunan lemak perut.

Terlepas dari itu, jelas bahwa meningkatkan makanan yang kaya serat makanan cenderung meningkatkan penurunan berat badan dengan meningkatkan rasa kenyang. Jadi, makan lebih banyak makanan berserat tinggi, seperti alpukat, mungkin merupakan pilihan yang baik bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan.

5. Pilihan Cerdas Selama Kehamilan dan Menyusui

Alpukat

Photo :
  • U-Report

Selama kehamilan dan menyusui, kebutuhan nutrisi meningkat secara signifikan. Satu buah alpukat memberikan 27% dari asupan folat yang direkomendasikan selama kehamilan. Makan alpukat juga dapat membantu kamu mencapai tingkat asupan yang direkomendasikan untuk nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah yang lebih besar, seperti vitamin C, kalium, dan B6.

Selain itu, kandungan serat alpukat yang tinggi dapat membantu mencegah sembelit, yang sangat umum terjadi selama kehamilan. Untuk ide makanan atau camilan ramah kehamilan dan menyusui yang memuaskan, cobalah mengisi setengah alpukat dengan salad salmon atau salad ayam.

6. Bahan Serbaguna dan Enak

Buah alpukat.

Photo :
  • U-Report

Selain bergizi tinggi, alpukat dapat digunakan dalam berbagai resep, baik yang manis maupun yang gurih. Ini membuat mereka menjadi bahan yang cerdas untuk dimiliki. Jika kamu mencari cara untuk menjaga agar alpukat Anda tetap segar, masukkan alpukat matang ke dalam lemari es sampai kamu siap untuk menikmatinya.

Jika alpukat kamu masih keras dan hijau, biarkan di meja selama beberapa hari untuk matang. Alpukat matang agak lunak saat disentuh dan biasanya berwarna hijau tua. Jika alpukat kamu sangat lembek dan penyok saat ditusuk, kemungkinan besar alpukat sudah melewati masa jayanya.

Namun, bahkan alpukat yang terlalu matang dapat dimasukkan ke dalam resep seperti makanan panggang dan saus, jadi jangan membuangnya kecuali jika memiliki rasa atau bau asam, berjamur, atau jika lampu kilat sangat berubah warna.

Ilustrasi Makanan Berserat

Sering Diabaikan, Ini Pentingnya Makanan Berserat

Perlu diadakan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya konsumsi makanan berserat dalam sehari-hari.

img_title
VIVA.co.id
4 Mei 2024