YouTube Hadirkan Cara Baru Bantu Masyarakat Dapatkan Info Kesehatan

Ilustrasi punya penghasilan dari YouTuber.
Sumber :
  • Search Engine Journal

VIVA Lifestyle – Memiliki informasi terkait kesehatan yang baik untuk membantu orang Indonesia membuat keputusan yang tepat tentang perjalanan kesehatan sangatlah penting. Hari ini, Rabu 10 Agustus 2022, YouTube memperkenalkan panel sumber informasi kesehatan baru pada video untuk memberi konteks serta membantu penonton mengidentifikasi video dari sumber kredibel.

Raniah Terpaksa Melahirkan di Tepi Jalan Gara-gara Infrastruktur di Ketapang Rusak

Serta playlist konten kesehatan yang akan menyoroti video-video dari sumber tersebut dengan lebih efektif saat menelusuri topik tertentu seputar kesehatan. Tujuan dari sinyal-sinyal konteks semacam ini adalah untuk memudahkan orang mencari dan mengevaluasi informasi kesehatan yang kredibel.

“Penyediaan informasi kesehatan yang kredibel adalah upaya yang harus terus dikembangkan secara kolektif antara pemerintah, penyedia layanan kesehatan, masyarakat dan juga penyedia layanan teknologi digital. Oleh karena itu, kami mengapresiasi diluncurkannya fitur terbaru YouTube PERIKSA (Penyedia Ragam Informasi Kesehatan Anda) untuk menyediakan ruang khusus bagi informasi kesehatan yang kredibel di YouTube dan mengajak masyarakat untuk secara aktif meningkatkan kesadaran kesehatan dengan menggunakan teknologi digital,” kata Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kesehatan RI saat peluncuran fitur terbaru YouTube PERIKSA.

Cuaca Panas di Thailand Kian Mengkhawatirkan, Tewaskan 61 Orang Sepanjang 2024

Mulai minggu ini, masyarakat Indonesia dapat melihat beberapa fitur baru di samping hasil penelusuran dan video terkait kesehatan, juga tetap dapat menemukan video yang relevan dari berbagai sumber di hasil penelusuran mereka.

Kemenhub Siapkan Sanksi untuk Pejabatnya yang Goda-Ajak YouTuber Korsel ke Hotel

Di dunia yang makin digital ini, fase berikutnya dalam aspek komunikasi kesehatan adalah video, sebuah format di mana kita dapat menghubungkan pengguna sekaligus menjawab pertanyaan mereka secara visual dan personal.

YouTube juga bekerja sama dengan ahli kesehatan yang merupakan inti dari upaya ini untuk menghubungkan pengguna ke konten yang bermanfaat. Contohnya sepanjang tahun lalu, YouTube terus menambah kemitraan dengan organisasi-organisasi kesehatan terkemuka seperti RSCM, RS Mitra Keluarga, dan RS Premier Group, juga para dokter serta kreator, untuk memperluas aksesibilitas konten kesehatan berkualitas tinggi di platform ini.

14 Rumah Sakit

Di Indonesia, YouTube pun telah bekerja sama dimulai dengan 14 rumah sakit negeri dan swasta, serta dengan dokter, kreator konten yang diharapkan dapat menjembatani kesenjangan informasi antara kunjungan dokter dan setelahnya, memberikan akses ke informasi yang kredibel dan dapat dipahami saat masyarakat membutuhkannya.

Selain itu, melalui program Program Pelapor Tepercaya YouTube (Trusted Flagger), YouTube juga bermitra dengan jaringan global lebih dari 300 lembaga pemerintah dan lembaga swadaya masyarakat (LSM), salah satunya ARSPTN (Asosiasi Rumah Sakit Perguruan Tinggi Negeri) yang mencakupi 37 Rumah Sakit anggota yang akan membantu memberitahukan konten yang melanggar Pedoman Komunitas kepada YouTube.

“Saat ini penggunaan media sosial menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari masyarakat, karena beragam informasi tersedia serta dapat diakses dalam genggaman kapan pun dan dimana pun, termasuk di YouTube. Dari salah satu survei, Indonesia  menempatkan  konten  kesehatan  sebagai  konten  yang  paling  banyak mengandung  misinformasi. Oleh sebab itu kami sangat mengapresiasi peran YouTube dalam menyampaikan sumber-sumber informasi yang akurat dan terpercaya melalui kerja sama dengan mitra  Rumah Sakit khususnya menggandeng RS Pemerintah seperti RSCM dan  RS Swasta lainnya,” tutur  dr. Lies Dina Liastuti, SpJP(K),MARS,FIHA, Direktur Utama RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo.

Christian Santoso, Vice President Marketing of Ramsay Sime Darby Health Care Indonesia, menambahkan beragam pendekatan komunikasi kesehatan terus berubah seiring waktu. Mulai dari selebaran yang disebar di klinik, hingga portal kesehatan online untuk pasien dan layanan telemedis.

“Satu yang kita bisa pelajari selama beberapa tahun terakhir adalah bahwa orang membutuhkan akses ke informasi kesehatan yang sederhana, visual, dan relevan. Video adalah  salah satu bentuk komunikasi paling efektif yang mewujudkan ketiga komponen sekaligus. Itulah sebabnya, kami sangat senang melihat bahwa YouTube berkomitmen untuk meningkatkan komunikasi kesehatan masyarakat yang menarik melalui kemitraan dan produk yang berprinsip,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan  Dr. Garth Graham, MD, Director and Global Head of Healthcare and Public Health, YouTube, yang mengatakan selama bertahun-tahun bekerja di bidang kesehatan masyarakat dan praktik kedokteran, ia telah melihat sendiri manfaat memberikan informasi yang tepat kepada pasien saat mereka membutuhkannya.

“Saya percaya bahwa YouTube berpotensi menjadi sarana pembawa perubahan di bidang kesehatan masyarakat dan bisa memberi dampak positif dalam skala besar kepada masyarakat. Fitur-fitur baru ini merupakan langkah penting untuk meningkatkan peran platform kami dalam menghubungkan masyarakat ke informasi berkualitas tinggi. Kami tahu masih ada banyak hal yang perlu ditingkatkan dan untuk itu kami akan terus melakukan berbagai upaya dalam jangka panjang,” kata Grath Graham.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya