Makanan dan Minuman Ini Harus Dihindari Selama Menstruasi

Ilustrasi menstruasi/nyeri haid.
Sumber :
  • Pixabay/Saranya7

VIVA Lifestyle – Banyak wanita menderita kram yang tak tertahankan, pendarahan hebat, ketidaknyamanan dan perut kembung selama siklus menstruasi atau haid. Sementara beberapa ahli menganggap efek ini adalah normal dari siklus bulanan tersebut.

Kenapa Vagina Wanita Bau Seperti Ikan Amis Busuk?

Tapi tahukah kamu, kram atau kegelisahan yang tak tertahankan tidak selalu terkait dengan kesehatan, melainkan akibat dari makanan tidak sehat yang kamu makan selama fase menstruasi.

Flek, menstruasi, perdarahan, haid, pembalut

Photo :
  • Pixabay/ pikulkeaww_333
Jaga Toko Kue Sendirian, Pegawai Wanita Ini Jadi Korban Tindakan Asusila

Berikut ini adalah beberapa makanan dan minuman yang dapat membuat menstruasi kamu terasa sangat menyiksa. Dan jika sudah mengetahui informasi ini, inilah saatnya untuk menghentikannya.

Makanan dan minuman yang harus dihindari selama masa menstruasi:

Detik-Detik Wanita ODGJ Ngamuk Rusak Minimarket di Bekasi, Pemotor Dipukuli

1. Makanan asin

Keripik Tempe

Photo :
  • Tangkapan Layar

Tidak bisa dipungkiri, sebagian orang khususnya wanita memang sangat menyukai makanan-makanan lezat yang sarat dengan rasa asin. 

Namun perlu diperhatikan, menurut informasi times of india. kelebihan asupan makanan kaya natrium (asin) dapat dapat menahan banyak air dan menyebabkan kembung, sakit perut dan ketidaknyamanan.

2. Gula

Makanan jajanan manis kue wafel waffle cokelat

Photo :
  • VIVA/Renne

Selain makanan asin, beberapa orang juga sangat menyukai makanan dan minuman manis seperti, selama menstruasi. Namun perlu dicatat, mengkonsumsi makanan serta minuman manis selama fase menstruasi dapat meningkatkan kadar gula darah dan dapat mempengaruhi suasana hati.

Hal ini dikarenakan, asupan gula berlebih dapat menyebabkan peningkatan energi secara tiba-tiba dalam tubuh. Padahal ketika menstruasi energi sedang terkuras dengan respon tubuh yang mudah lelah.

3. Kopi dan the

Kopi

Photo :
  • https://www.eatthis.com/

Minum teh atau kopi memang cara terbaik untuk melepas lelah selepas bekerja. Tetapi, selama fase menstruasi hindari minum terlalu banyak kafein. 

Menukil informasi dari healthline. Kafein dapat membuat perut kram selama menstruasi. Selain itu, kecenderungan kafein untuk menahan air di dalam tubuh dapat menghambat buang air besar dan juga memicu sakit kepala.

4. Daging merah

Daging merah.

Photo :
  • U-Report

Selama siklus menstruasi, tubuhmu akan menghasilkan senyawa yang disebut Prostaglandin, senyawa ini membantu rahim berkontraksi dan menyingkirkan lapisan rahim sehingga menyebabkan aliran menstruasi.

Mengkonsumsi daging merah selama fase menstruasi dapat menyebabkan pendarahan dan kram perut berlebih karena kandungan zat besi dan prostaglandinnya yang tinggi.

5. Minuman beralkohol

Barang bukti minuman mengandung etil alkohol ilegal

Photo :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Jika orang sehat saja tidak dianjurkan oleh medis untuk menenggak alkohol secara berlebih. Hal ini tentu menjadi peringatan untuk wanita yang sedang menstruasi.

Alkohol memiliki sejumlah efek negatif pada tubuh kamu yang berpotensi memperburuk gejala menstruasi. Misalnya, alkohol membuat tubuhmu dehidrasi hingga memicu kembung, sakit perut, mual dan diare.

6. Makanan pedas

Bahaya makanan pedas nutuk kesehatan

Photo :
  • U-Report

Umumnya wanita ketika menstruasi memiliki Hasrat untuk makan makanan pedas. Namun, ketika haid, pencernaan tentunya akan menjadi semakin sensitif sehingga berisiko menyebabkan diare, mual dan maag.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya