Keju Jenis Ini Mampu Turunkan Gula Darah, Tak Bikin Kolesterol Naik

Ilustrasi keju.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA Lifestyle – Seperti produk susu lainnya, keju menjadi sumber nutrisi yang optimal untuk menjaga kesehatan tulang. Namun, meski menjadi sumber utama kalsium, kandungan lemak jenuh pada keju dapat berdampak buruk pada kadar kolesterol

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Untungnya, sebuah studi baru telah menunjukkan bahwa keju Norwegia dapat membantu mengurangi gula darah dan meningkatkan kesehatan tulang, tanpa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. 

Keju Norwegia, Jarlsberg merupakan keju dengan rasa kacang yang ringan dan semi lunak yang terbuat dari susu sapi, yang berasal dari Jarlsberg di Norwegia Timur. Tidak seperti keju lainnya, penelitian terbaru menemukan jenis keju ini dapat meningkatkan produksi protein osteocalcin.

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Osteocalcin adalah hormon yang diproduksi oleh osteoblas, yang merupakan sel yang bertanggung jawab untuk membangun tulang. Dalam penelitian ini, 66 sukarelawan wanita sehat dilibatkan dan dibagi menjadi dua kelompok terpisah. 

Ilustrasi cek gula darah

Photo :
  • Bio Insuleaf
5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker

Selama periode 6 minggu, 41 peserta secara acak ditugaskan untuk mengonsumsi 57 gram Jarlsberg setiap hari. Sementara 25 orang lainnya diberi 50 gram keju camber, kemudian beralih ke Jarlsberg selama 6 minggu tambahan. 

Sampel darah dikumpulkan dari semua peserta secara berkala untuk memeriksa osteocalcin. Hasilnya menunjukkan, setelah 6 minggu, peserta yang diberi keju Jarlsberg mengalami pengurangan yang signifikan dalam HbA1c. 

HbA1c merupakan hemoglobin yang mengukur jumlah gula darah yang menempel pada sel darah. Diterbitkan di BMJ Nutrition Prevention and Health, temuan ini juga mengungkapkan bahwa keju semi lunak itu dapat mencegah penipisan tulang tanpa memengaruhi kolesterol.

Ilustrasi kolesterol.

Photo :
  • Freepik/brgfx

"Efek ini mencerminkan peningkatan anabolisme tulang dan kemungkinan penurunan risiko hasil metabolisme yang merugikan," kata Hedge Einar Lundberg, dari Skjetten Medical Center di Skjetten, Norwegia, dikutip Express, Senin 15 Agustus 2022. 

Banyak manfaat kesehatan yang bisa didapat dari konsumsi keju, terkait dengan vitamin K2 dan vitamin terpenting MK-9. Namun jumlahnya sangat bervariasi, tergantung pada jenis keju yang dikonsumsi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya