Anti Kanker Hingga Penderita Insomnia, Inilah 5 Manfaat Kedelai

Kacang kedelai
Sumber :
  • Pexels

VIVA Lifestyle – Kedelai adalah kacang-kacangan populer asal Asia. Orang yang mengikuti diet vegetarian sering menggunakan kedelai untuk menggantikan daging. Namun, ada beberapa kontroversi seputar manfaat dan risiko mengkonsumsi kedelai, karena beberapa produsen sekarang memodifikasi tanaman secara genetik.

Penampilan Sekarang Beda Banget, Kiky Saputri dan Zsa Zsa Bongkar Rahasia Makin Glowing

Berasal dari spesies kacang-kacangan, kacang kedelai memiliki banyak manfaat kesehatan untuk ditawarkan. Ini adalah salah satu makanan yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Ini adalah nutrisi terpenting yang dibutuhkan dalam tubuh. Selain menawarkan protein berkualitas tinggi, ia sangat kaya akan lemak jenuh, antioksidan, asam lemak Omega-3, serat, dan fitoestrogen.

Kedelai menyehatkan dan kaya protein, memberi mereka banyak kegunaan nutrisi. Orang bisa memakannya, meminumnya dalam susu alternatif, dan meminumnya dalam bentuk suplemen.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Manfaat Kedelai
Ada segudang manfaat kedelai yang tersimpan dari biji kedelai. Berikut di bawah ini beberapa manfaat kedelai yang dilansir dari Lybrate.

1. Mengobati Gangguan Tidur

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Ilustrasi susah tidur.

Photo :
  • U-Report

Banyak orang mungkin tidak menyadari manfaat kesehatan yang tidak biasa dari kacang kedelai ini. Kacang kedelai memiliki potensi untuk mengobati gejala gangguan tidur. Orang yang menderita insomnia harus memasukkan kacang kedelai ke dalam makanan sehari-hari mereka.

Kehadiran magnesium dalam jumlah tinggi dalam kacang kedelai secara langsung dikaitkan dengan peningkatan kualitas dan durasi tidur.

2. Bermanfaat Bagi Penderita Diabetes

Diabetes.

Photo :
  • Eat This

Tahukah kamu bahwa makan kacang kedelai secara teratur dapat membantu dalam mengelola diabetes? Itu semua berkat kemampuan kedelai dalam memproduksi reseptor insulin! Untuk penderita diabetes, kedelai mengelola penyakit tersebut secara efektif dan mencegah kerusakan lebih lanjut yang disebabkan oleh penyakit tersebut.

Jumlah karbohidrat dalam kacang kedelai sangat rendah. Inilah sebabnya mengapa para ahli perawatan kesehatan sering menyarankan orang memasukkan makanan ideal ini ke dalam makanan rutin mereka. Kacang kedelai memiliki sifat anti-diabetes.

3. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Ilustrasi sirkulasi darah.

Photo :
  • U-Report

Menurut penelitian terbaru, kacang kedelai mengandung zat besi dan tembaga yang merupakan komponen penting dalam menghasilkan sel darah merah (eritrosit). Ini meningkatkan sirkulasi darah secara efektif.

Wanita yang menderita tahap pasca-menopause dapat memilih kacang kedelai/makanan yang dimasak menggunakan kacang kedelai. Ini membantu dalam mengelola gejala dan membuat tubuh sangat efisien dalam melakukan hampir setiap tugas.

4. Penting untuk Ibu Hamil

Perempuan hamil

Photo :
  • times of india

Manfaat kedelai mempunyai sumber asam folat dan vitamin B kompleks. Komponen-komponen ini sangat penting bagi wanita yang sedang dalam tahap kehamilan. Para ahli menyarankan bahwa zat besi dan vitamin B sangat penting untuk perkembangan janin.

Banyak wanita yang tidak memperhatikan kebutuhan nutrisinya cenderung melahirkan bayi dengan cacat lahir. Oleh karena itu, pastikan ibu hamil mengonsumsi kacang kedelai dalam jumlah yang cukup selama kehamilan.

5. Memiliki Sifat Anti Kanker

lustrasi sel kanker.

Photo :
  • U-Report

Kehadiran antioksidan dalam kacang kedelai menjadikannya makanan ideal yang dapat mencegah beberapa jenis kanker. Ia bekerja dengan menghilangkan radikal bebas dari tubuh dan membunuh sel-sel yang bertanggung jawab untuk perkembangan kanker.

Manfaat kedelai dapat menghasilkan sel-sel sehat di dalam tubuh. Orang yang sudah menderita kanker dapat memasukkan kacang kedelai ke dalam makanan mereka karena dapat mengurangi efek setelah perawatan.

Ada banyak manfaat yang bisa ditawarkan kacang kedelai. Satu-satunya hal yang perlu kamu perhatikan adalah harus memasukkan kedelai sebagai bagian dari diet kamu secara terencana. Ini tidak hanya memastikan kesejahteraan kamu secara keseluruhan, tetapi juga mencegah dari penyakit berbahaya seperti diabetes, kanker, dan cacat lahir.

Raja Charles

Kesehatan Makin Memburuk, Istana Buckingham Perbarui Rencana Pemakaman Raja Charles III

Kondisi kesehatan Raja Charles III kini semakin memburuk. Sehingga, para pejabat di Istana Buckingham terus memperbarui rencana pemakamannya. Hal ini sudah dipersiapkan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024